mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
10+ Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Dalam dan Luar Negeri)

10+ Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Dalam dan Luar Negeri)

Pengertian bahasa menurut para ahli

Halo sahabat Ayo Berbahasa, kali ini mimin akan membahas pengertian bahasa menurut para ahli. Sebenarnya sih, mengenai hal yang satu ini sudah sedikit di singgung pada konten sebelumnya. Namun itu hanya pembahasan sekilas saja. Untuk kali ini mimin bahas lebih lengkap lagi. Yuk disimak!

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Untuk menambah pemahamanmu mengenai definisi bahasa, beberapa pakar pernah menyampaikan pendapat mereka mengenai arti bahasa. Baik dari Indonesia, maupun luar negeri. Berikut ini adalah gagasan dari mereka :

1.Ludwig Josef Johann Wittgenstein

Withgenstein adalah seorang filsuf terkenal pada masanya yang berasal dari Britania Raya. Ia mengutarakan bahwa bahasa merupakan bentuk pemikiran yang bisa dipahami, berkaitan dengan realitas, dan memiliki struktur dan bentuk yang masuk akal.

2.Ferdinand De Saussure

Seorang ahli bahasa yang berasal dari Swiss ini dikenal sebagai salah satu Bapak Linguistik Modern pada masanya. Menurut beliau, definisi bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena  bahasa membuat setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok lainnya.

Apa saja fungsi bahasa itu?

3. Makcey

Menurut Mackey (1986:12), bahasa merupakan suatu bentuk dan bukan suatu keadaan atau sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer/manasuka. Bisa juga diartikan suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari tatanan atau suatu tatanan dalam sistem-sistem.

4. Wibowo

Menurut Wibowo (2001:3), bahasa merupakan sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi yang dihasilkan oleh alat ucap atau mulut serta bersifat konvensional dan arbitrer. Bahasa digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia guna melahirkan perasaan dan pikiran.

5. D.P. Tambulan

Menurut D.P. Tambulan (1994:3), arti dari bahasa merupakan sesuatu yang berguna untuk memahami serta menyatakan pikiran dan perasaan.

6. Walija

Menurut Walija (1996:4), makna bahasa adalah komunikasi yang paling lengkap dan efektif guna menyampaikan pesan, maksud, ide, perasaan dan opini kepada orang lain.

Pengetahuan untuk kamu : bagaimanakah sejarah perkembangan ejaan di Indonesia?

7. H.G. Brown

Menurut H.G. Brown (1987:4), bahasa diartikan sebagai suatu sistem komunikasi menggunakan suara yang diucapkan melalui organ-organ ujaran dan didengar di antara anggota-anggota masyarakat. Bahasa menggunakan pemrosesan simbol-simbol vokal dengan makna konvensional secara arbitrer.

8. Harimurti Kridalaksana

Harimurti Kridalaksana adalah seorang pakar sastra yang lahir di Semarang, Jawa Tengah. Menurut beliau, bahasa merupakan sistem bunyi mempunyai arti dan dipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia.

9. Eugene Fodor

Beliau merupakan seorang penulis asal Hungaria yang pernah menulis perjalanan Hungaria-Amerika. Bahasa dalam pandangannya merupakan sistem tanda dan juga simbol yang saling berhubungan serta memiliki sifat yang konvensional dimana memiliki sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dimiliki pada situasi atau benda yang dimaksud tersebut.

10. Adipati Sujono

Adipati Sujono adalah seorang politikus pada masa penjajahan Belanda. Berdasarkan pandangan Sujono, pengertian bahasa adalah suatu sarana hubungan rohani yang sangat penting dalam hidup bersama.

11. William A. Haviland

Beliau dikenal sebagai tokoh Antropologi dunia yang berkewarganegaraan Amerika Serikat. Arti bahasa menurut beliau adalahsuatu sistem bunyi apabila digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara menggunakan bahasa tersebut.

12. Thomas Joseph McCarthy

Thomas Joseph McCarthy merupakan seorang penulis naskah, sutradara film serta aktor berkebangsaan Amerika Serikat. McCarthy juga menyampaikan pendapatnya mengenai bahasa yaitu praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir seseorang.

Penutup

Nah, itu dia beberapa pengertian bahasa menurut para ahli yang telah admin kutip dari berbagai sumber. Kalau menurut kamu, bahasa itu seperti apa sih? Yuk sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Gemar menulis dan bermimpi menjadi penulis profesional.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Post a Comment