mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
5 Tempat Belajar SEO WordPress Terbaik

5 Tempat Belajar SEO WordPress Terbaik

Tempat belajar SEO

Saat ini, ada banyak tempat belajar SEO Wordpress terbaik dan bersertifikat tanpa harus ikut kursus mahal. Bahkan, tidak sedikit channel Youtube maupun bootcamp yang membahas dasar-dasar SEO hingga kelas profesional gratis sebagai modal utama kalian jika ingin menjadi SEO Specialist.

Memahami dasar-dasar SEO sendiri akan jadi skill paling dibutuhkan jika kalian ingin bekerja di startup atau ingin membangun bisnis online sendiri dari awal.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan bagikan beberapa rekomendasi tempat kursus SEO online terbaik untuk kalian coba.

 

5 Tempat Belajar SEO WordPress Terbaik


Semua tempat kursus SEO online yang akan kami bagikan di sini menggunakan bahasa Inggris. Sebab rata-rata tempat kursus SEO Jakarta, Bandung, atau tempat kursus lokal lainnya harus datang ke lokasi langsung.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah tempat belajar SEO WordPress terbaik yang bisa kalian ikuti.

 

Udemy

Tempat belajar SEO pertama adalah Udemy. Website ini punya paket materi khusus bernama Complete SEO Training + SEO for WordPress Websites yang membahas dasar-dasar SEO secara umum dan SEO untuk WordPress.

Semua materi SEO dasar dalam materi ini pun dicontohkan dalam platform WordPress. Sehingga lebih mudah dipelajari oleh kalian para pengguna WP.

Dalam paket materinya, semua peserta akan mendapatkan 14 materi dalam bentuk artikel, 10 jam video, dan 14 downloadable resource yang bisa diaplikasikan langsung ke website masing-masing.

 

Semrush

Selanjutnya adalah Semrush atau Semrush Academy, tempat kursus SEO online gratis untuk kalian yang ingin belajar dasar-dasar cara buat SEO website di WordPress.

Semrush Academy membagi materi pembelajaran mereka jadi 5 topik utama. Sehingga kalian bisa mulai dari paling awal, atau mempelajari materi yang paling menarik atau paling dibutuhkan dulu.

 

Ahrefs

Satu lagi tempat belajar SEO Wordpress terbaik dan gratis adalah Ahrefs. Berbeda dengan kedua tempat sebelumnya, materi Ahrefs bisa kalian tonton langsung di Youtube.

Channel youtube Ahrefs membahas materi SEO dasar hingga yang lebih advance. Agar tidak bingung harus mulai dari mana, cek playlist di channel mereka dan mulai dari materi untuk pemula.

Karena materinya dibahas dalam bentuk video, kalian yang tidak terlalu fasih bahasa Inggris pun

 

Moz

Moz adalah tempat kursus SEO yang paling newbie friendly diantara semua website lainnya. Sebab, kalian yang tidak tahu apapun tentang SEO pun bisa belajar dan paham tiap materi dalam website ini.

Jadi, Moz merupakan langkah tepat untuk mulai belajar SEO jika kalian masih pemula.

Website ini juga punya free course yang bisa kalian coba agar tahu apakah dunia SEO memang bidang yang menarik untuk kalian atau tidak.

 

Simplilearn

Dan terakhir ada kursus SEO bersertifikat online dari Simplilearn.

Walaupun semua pembelajaran dilakukan secara online, kalian tetap akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus ini. Selain itu, sertifikat dari Simplilearn cukup dihargai dalam perusahaan-perusahaan ketika kalian ingin melamar kerja sebagai SEO Specialist.

Kebanyakan materi dalam kursus ini memang lebih advance dibandingkan Udemy, Moz, dan Semrush. Jadi kami sarankan memulai dari ketiga website dengan materi pemula dulu sebelum melanjutkan ke Simplilearn untuk mendapatkan sertifikatnya.

 

Jokowa.id

Kalau kamu tidak pandai berbahasa inggris, mengapa tidak coba belajar dari situs berbahasa Indonesia saja? Jokowa.id adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin belajar SEO WordPress lebih jauh.

Tentu saja materinya sangat mudah dipahami dan kamu tidak perlu membayar uang sepserpun. Belajar benar-benar gratis, sangat cocok untuk kamu yang SEO Enthusiast.

 

Itulah 5 tempat belajar SEO Wordpress terbaik untuk kalian coba. Jika masih ragu dan takut SEO ternyata terlalu sulit atau kurang menarik, cobalah mengambil paket free course dulu sebagai perkenalan sambil mencobanya langsung ke situs kalian sendiri.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar