RajaBackLink.com

10 Contoh Kalimat Gabungan Huruf Konsonan dan Penjelasannya [Lengkap]

contoh kalimat gabungan huruf konsonan

Sebelumnya, kita sudah pernah mempelajari huruf konsonan. Semua huruf selain a,i,u,e,o ini disebut sebagai huruf konsonan.

Masih berhubungan dengan huruf konsonan, ada satu lagi jenis huruf dalam kaidah penulisan bahas Indonesia yaitu gabungan huruf konsonan atau huruf konsonan rangkap. Sesuai dengan namanya, huruf ini merupakan penggabungan dua huruf konsonan tertentu yang membentuk suatu huruf konsonan yang baru.

Adapun yang termasuk ke dalam huruf konsonan yaitu  kh (gabungan huruf dan h), ng (gabungan huruf dan g), ny (gabungan huruf dan juga y), serta sy (gabungan dari dan juga y).

 

Contoh Kalimat Gabungan Huruf Konsonan

Berikut ini beberapa contoh kalimat dalam bahasa Indonesia yang di dalamnya terdapat gabungan huruf konsonan.

  1. Tempat bermain itu dibuat khusus balita : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu kh pada kata khusus.
  2. Bono sudah mengidap asma sejak remaja : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu ng pada kata mengidap.
  3. Dia sangat senang tatkala mendapatkan hadiah sepeda motor : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu ng pada kata senang.
  4. Semua warga berkumpul di masjid untuk mengadakan musyawarah : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu sy pada kata musyawarah.
  5. Adik selalu bangun pada jam empat pagi : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu ng pada kata bangun.
  6. Acara seminar itu dihadiri oleh banyak peserta : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu ny pada kata banyak.
  7. Ridwan resmi berkuliah di jurusan Manajemen Keuangan Syariah : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu sy pada kata syariah.
  8. Pada liburan semester kemarin, kami sekeluarga bertamasya ke Kebun Raya Bogor : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu sy pada kata bertamasya.
  9. Dia sangat khawatir dengan masa depannya : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu kh pada kata khawatir.
  10. Khatib salat Jumat pada hari Jumat kali ini adalah ustaz Rahmat Baequni : Pada kalimat tersebut, gabungan huruf konsonannya yaitu kh pada kata khatib.

 

Itulah dia berbagai contoh kalimat gabungan huruf konsonan dalam bahasa Indonesia. Jika ada materi yang kurang dipahami, jangan ragu bertanya melalui kolom komentar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards