RajaBackLink.com

7 Cara Membuat CV ATS Friendly dan Tipsnya agar Lolos Seleksi!

CV ATS Friendly

Dokumen penting saat ingin melamar pekerjaan yang tidak boleh disepelekan salah satunya Curriculum Vitae (CV). Sebab, pada dokumen ini kamu memperkenalkan diri sekaligus menunjukkan potensi yang dibutuhkan perusahaan, seperti prestasi dan pengalaman kerja sebelumnya.

Hanya saja, menerapkan konsep CV ATS friendly bisa dikatakan kamu susah untuk mendapatkan panggilan dari perekrut.

CV dengan standar ATS merupakan jenis riwayat hidup yang membantu HRD dalam proses penerimaan pegawai baru dengan mudah. Mereka dapat langsung menyaring informasi penting dari pelamar seperti nilai IPK sampai pengalaman kerja.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Bagaimana cara mudah membuat CV yang lolos screening mesin ATS? Pastikan kamu mengikuti langkah di bawah ini!

1. Pakai CV Generator ATS Friendly

Sangat sederhana untuk membuat CV ATS yang lolos screening mesin. Pastikan anda memilih CV generator ATS dengan memilih template maker yang ramah.

Template sudah disesuaikan formatnya dengan mesin ATS. Dengan begitu, dokumen CV potensial terbaca oleh HRD.

SuratPlus.com merupakan salah satu CV builder yang menawarkan template CV ATS friendly dengan berbagai keunggulan. Salah satunya, didesain memenuhi standar mesin ATS.

2. Hindari Memasukkan Elemen yang Membuat Sulit Terdeteksi ATS

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat format layout CV. Pastikan menggunakan format yang rapi dan sistematis dengan desain tidak berlebihan.

Anda perlu menghindari penggunaan tabel, kolom, footer maupun header. Selain itu, jangan membuat judul bagian CV yang bertele-tele. Cukup tulis Pendidikan, Soft Skill, Hard Skill, dll.

3. Tulis Lamaran Satu Posisi untuk Satu Perusahaan

Paling berbahaya kalau Anda melamar semua posisi dalam satu perusahaan. Sebab meskipun CV sudah berstandar ATS, sistem dapat memungkinkan perekrutan melihat semua ruang kerja yang Anda lamar dalam perusahaan tersebut.

Tentu saja, ini akan merusak reputasi diri, perekrut bingung dengan minat dan kemampuan Anda. Makanya, penting memperhatikan hal ini agar Anda memiliki spesifikasi skill untuk satu pekerjaan yang jelas paling diharapkan.

4. Terapkan Kata Kunci untuk Membuat CV ATS Friendly

Sistem pada mesin ATS memfilter kumpulan CV dengan mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan lowongan. Rekruter dapat menentukan kata kunci khusus untuk kemudahan pencarian tersebut.

Paling banyak HRD menginginkan CV dengan kata kunci yang menampilkan kesesuaian kualifikasi, skill hingga pengalaman untuk posisi tersebut. Maka dari itu, usahakan Curriculum Vitae memuat kata kunci yang relevan sehingga kemungkinan lulus screening mempunyai skor lebih tinggi.

5. Gunakan Simbol Poin atau Angka pada CV ATS

Penting bagi Anda membuat CV yang benar-benar ramah ATS. Sedangkan sistem ATS menyukai tampilan yang rapi, sederhana dan sistematis. Penggunaan bullet point dan numbering membuat Curriculum Vitae lebih mudah terbaca oleh sistem dibandingkan membuat paragraf panjang.

6. Pilih Format CV ATS yang Mudah Terbaca Sistem

Ada beberapa pilihan format untuk CV ATS. Nah, format CV reverse-chronological merupakan yang paling mudah dibaca sistem.

Format ini menekankan pengalaman kerja Anda dari yang terbaru. Selain itu, mempunyai keunggulan sebagai format paling populer di kalangan HRD.

7. Simpan CV dengan Tipe File yang Lumrah

Sedari dulu, CV disimpan dengan tipe file PDF atau docx. Namun sekarang ada yang merekomendasikan dengan tipe penyimpanan berbentuk gambar seperti JPG dan PNG. Padahal lebih formal menggunakan file berbentuk dokumen atau PDF sehingga sistem bisa membaca dengan jelas isi CV lamaran kerja Anda.

Tips Menulis CV ATS Friendly agar Mudah Diterima Kerja

Bagi fresh graduate penting untuk memperhatikan beberapa tips agar bisa mendapatkan posisi yang dicita-citakan di perusahaan target. Di bawah ini tips penting membuat CV dengan sistem ATS:

  • Buat CV dengan jumlah halaman wajar: CV memuat semua tentang riwayat hidup mulai dari data diri sampai pengalaman kerja dan prestasi. Anda perlu nulisnya secara singkat maksimal 2 halaman.
  • Perhatikan komponen penting: Pastikan Curriculum Vitae memuat komponen penting seperti action verb, task or project, dan metric or results sehingga pengalaman dan hasil yang pernah dicapai dapat dijelaskan dengan tepat.
  • Cantumkan media sosial: Lewat medsos HRD dapat melihat karakteristik pelamar yang pastinya tidak termuat di CV. Makanya, pastikan Anda memposting hal-hal yang bermanfaat dan berkelas di medsos agar mereka simpati sehingga dipanggil HRD.

Namun, selama mempercayakan pembuatan CV ATS melalui generator SuratPlus.com Anda tidak perlu khawatir. Selain tinggal pilih tamplate profesional, sarana membuat CV ini mempunyai keunggulan banyak pilihan template dan tinggal klik langsung jadi.

Anda tidak perlu bingung cara membuat CV yang friendly ATS. Format yang diterapkan sudah mendukung standar sistem. Harganya juga terjangkau, cuma Rp.15.000 saja, Anda sudah mendapatkan CV profesional dengan power yang memikat simpati perekrut. Daripada penasaran bagaimana kemudahan membuat CV ATS, langsung saja kunjungi website resminya SuratPlus.com ya!

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards