RajaBackLink.com

Pentingnya Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Bagi Perusahaan

Perjanjian Kerja Bersama

Perjanjian Kerja Bersama (PKB) merupakan hal penting yang harus pemilik bisnis atau perusahaan perhatikan. Mengingat ada banyak manfaat Perjanjian Kerja Bersama (PKB) bagi perusahaan dan karyawan. 

Sebenarnya, Perjanjian Kerja Bersama ini dibentuk karena banyaknya perbedaan dan kondisi-kondisi tertentu dalam sebuah perusahaan. Mungkin bagi perusahaan kecil perjanjian ini tidak berlaku, berbeda dengan perusahaan besar. 

Secara umum, Perjanjian Kerja Bersama (PKB) adalah aturan yang disepakati oleh serikat pekerja dan perusahaan dalam memenuhi hak dan kewajiban masing-masing. Lantas seberapa penting PKB bagi perusahaan dan karyawan? Ini penjelasannya. 

Pentingnya Perjanjian Kerja Bersama (PKB)

Pexels/Edmond Dant├Ęs

Kamu sebagai pemilik perusahaan yang sudah cukup berkembang tentu tidak boleh mengabaikan Perjanjian Kerja Bersama. Hal ini karena PKB memiliki peran penting dan bermanfaat bagi perusahaan maupun karyawan, ini penjelasannya. 

1. Mempertegas dan Memperjelas Hak serta Kewajiban 

Setiap perusahaan tentu memiliki aturan tersendiri, namun tidak boleh melupakan hak dan kewajiban karyawannya. Di mana karyawan berhak mendapatkan perlindungan kepada karyawan terkait kesehatan dan keselamatan kerja. 

Sedangkan kewajiban karyawan adalah patuh terhadap segala aturan perusahaan. Jika perusahaan dan karyawan sudah melakukan kewajiban serta mendapatkan haknya, maka hubungan baik akan tetap terjaga. 

2. Menetapkan Syarat-syarat Bersama 

Kamu perlu tahu bahwa syarat Perjanjian Kerja Bersama harus memenuhi beberapa aturan berikut. 

  • Kualitas dan kuantitasnya dapat lebih baik dari peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
  • Perjanjian tersebut belum diatur dalam peraturan perundang-undangan. 
  • Adanya Perjanjian Kerja Bersama (PKB) harus diluar normatif atau apa yang sudah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. 

3. Menciptakan Hubungan Harmonis 

Saat hak dan kewajiban karyawan serta perusahaan terpenuhi dengan baik, maka akan tercipta hubungan yang harmonis. Hubungan yang harmonis juga bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif. 

Bukan hanya karyawan, namun semua pihak yang terlibat dalam perusahaan tersebut akan bekerja bersama-sama membangun kemitraan produktif. Bahkan ini juga menjauhkan pihak-pihak yang terlibat PKB dari konflik di masa depan. 

4. Membantu Pengusaha dalam Membuat Rencana Anggaran

Adanya Perjanjian Kerja Bersama (PKB) secara tidak langsung dapat membantu pengusaha dalam membuat rencana anggaran. Rencana ini berlaku untuk buruh atau pekerja sesuai dengan hari kerja yang telah disepakati dalam perjanjian. 

Ketika anggaran dapat tersusun dengan baik, maka akan membantu perusahaan dalam mengalokasikannya secara lebih efisien. Selain itu, keuangan suatu perusahaan akan lebih terkelola dan terkontrol. 

5. Mendapatkan Penilaian Positif dari Pemerintah 

PKB memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan penilaian positif dari pemerintah. Hal ini karena pemerintah menganggap perusahaan tersebut telah melakukan tindakan yang membuat hubungan semua pihak berjalan lancar. 

Apalagi adanya Perjanjian Kerja Bersama juga dapat menciptakan hubungan yang kondusif antara pekerja dan perusahaan. Hubungan ini akan terus terjalin dengan baik, bahkan saat isi Perjanjian Kerja Bersama sudah tidak berlaku. 

6. Menjaga Kelancaran Proses Produksi 

Karyawan yang terlibat Perjanjian Kerja Bersama dengan perusahaan tentu harus melakukan kewajiban dan mendapatkan haknya. Begitu juga dengan perusahaan, sehingga kedua belah pihak akan merasa saling membutuhkan satu sama lain. 

Secara tidak langsung ini akan menjaga kelancaran proses produksi dan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Apalagi jika bahan baku yang tersedia dapat memenuhi proses produksi dengan baik. 

Perjanjian Kerja Bersama (PKB) merupakan bentuk komitmen antara perusahaan dan karyawan dalam melaksanakan pekerjaan. Tujuan perjanjian ini adalah untuk menekankan kewajiban semua pihak serta menghindari masalah yang ada. 

Jadi, PKB memiliki peran yang penting bagi perusahaan maupun karyawan agar merasa saling diuntungkan. Semua kegiatan dalam perusahaan tersebut tentunya harus sesuai dengan PKB yang tertulis.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards