RajaBackLink.com

Profil Arsjad Rasjid, Sempat Menjabat sebagai Leader ASEAN-BAC

profil Arsjad Rasjid

Indonesia memiliki banyak orang hebat dengan pencapaian dan prestasinya yang mengagumkan salah satunya Arsjad Rasjid. 

Profil Arsjad Rasjid menarik untuk diketahui lebih banyak, apalagi ia seorang pengusaha, pebisnis, mentor, dan tokoh masyarakat terkemuka tanah air. Saat ini, ia dan timnya juga mengelola website arsjadrasjid.com.

Karirnya yang cerah ini melewati perjalanan luar biasa. Arsjad Rasjid berpengalaman dalam bidangnya tidak main-main, ia bahkan pernah menjabat sebagai ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC). 

Profil Arsjad Rasjid

Sumber gambar CNBC Indonesia

Arsjad Rasjid lahir di Jakarta pada 16 Maret 1970. Arsjad, anak dari pasangan H.M.N. Rasjid (Purnawirawan TNI AD) dari Palembang dan Hj. Suniawati yang berdarah Sunda-Tionghoa. Jadi, Arsjad Rasjid keturunan Cina selain Indonesia. 

Sekarang, ia sedang cuti sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) karena harus menjadi ketua Tim Kampanye Nasional Ganjar-Mahfud. Selain itu, Arsjad juga menjadi Presiden Direktur di PT Indika Energy Tbk., perusahaan energi terintegrasi terkemuka yang ada di Indonesia, 

Sebelumnya, ia sempat menjadi CEO dari tahun 2005 sampai 2013. Tidak hanya itu, Arsjad pernah menjadi  Wakil Presiden Direktur/Group CFO dari tahun 2013 hingga 2016. 

Sedangkan di tahun 2022 dipercaya oleh Presiden Indonesia sebagai anggota panitia pengarah Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Berbagai komunitas bisnis aktif diikutinya selama bertahun-tahun, membuat namanya semakin dikenal sebagai pemimpin termasuk di negara-negara ASEAN.

Jika bertanya soal kekayaan Arsjad Rasjid tentu saja dari berbagai sumber bisnis yang dipimpinnya saat ini. Ia adalah seorang leader dan terbukti kesuksesannya lewat perjalanan karir yang ditempuhnya. 

Perjalanan Karir Arsjad Rasjid

Sumber gambar: arsjadrasjid.com

Semua jabatannya yang sudah disebutkan tadi tentu saja banyak perjalanan karir luar biasa sudah ditempuhnya. Berikut ini profil Arsjad Rasjid secara lengkap terkait berbagai pengalaman mulai dari pendidikan sampai prestasinya: 

Sarjana Universitas California

Arsjad menyandang gelar sarjana dari University of Southern California di bidang Computer Engineering. Ia menuntut ilmu di California ini sejak tahun 1990. 

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikannya mengambil bidang Administrasi Bisnis di Pepperdine University, California, Amerika Serikat dan berhasil ditempuhnya pada tahun 1993. Ia memperoleh gelar Bachelor of Science.

Menjabat sebagai Direktur Utama Indika Energy

Sebagai perusahaan investasi terdiversifikasi terkemuka di Indonesia, ini pencapaian luar biasa. Dari tahun 2005 hingga sekarang, Arsjad  menjabat sebagai Direktur Utama perusahaan tersebut. 

PT Indika Energy menjadi berkembang pesat di bawah kepemimpinannya. Ia  berhasil menyelesaikan berbagai proyek strategis dan ekspansi bisnis sekaligus mengoptimalkan pengelolaan sumber daya perusahaan termasuk memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan saat pengelolaan. 

Berperan Penting dalam Kancah Bisnis Nasional

Profil Arsjad Rasjid memang sangat memotivasi dari setiap kesuksesan karirnya. Selain aktif di bidang industri energi, perannya di kancah bisnis nasional juga mengagumkan. 

Ia menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk periode 2021-2026. Organisasi ini merupakan satu-satunya payung bisnis lokal dan mitra strategis pemerintah. Iya mengemban tanggung jawab untuk mengembangkan pelaku usaha di berbagai sektor industri.

Bergerak di Kancah Internasional sebagai Ketua ASEAN-BAC

Arsjad Rasjid juga menorehkah tinta emas di kancah internasional, ia sempat menjabat sebagai ketua ASEAN BAC dengan visi misi menjadikan negara-negara dalam asosiasi tersebut sebagai pusat pertumbuhan dunia. 

Ia mengkoordinasikan berbagai inisiatif agar promosi kerjasama antar negara berhasil. Selain itu, menggali peluang bisnis supaya pertumbuhan ekonomi secara eksklusif dan berkelanjutan dapat tercapai. 

Pencapaian dan Penghargaan

Profil Arsjad Rasjid juga diisi dengan prestasi yang mengagungkan. Sebagai pengusaha sukses terkemuka ia menerima penghargaan dari World Economic Forum (WEF) kategori Young Global Leader 2011. 

Selain itu, di tahun 2010 ia juga menerima penghargaan sebagai Best Executive di Indonesia dari Asiamoney. Tidak berhenti di situ saja, ia juga berhasil menerima penghargaan sebagai CEO of The Year untuk Energy & Sustainability oleh MetroTV People of The Year 2022.

Perjalanannya sebagai leader tidak hanya berhenti di bidang bisnis saja tapi juga olahraga. Pada periode 2023-2027, Arsjad  menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani). 

Demikian profil Arsjad Rasjid secara ringkas dari kami. Semoga menjadi motivasi kita bersama untuk memajukan Indonesia dari berbagai bidang.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards