RajaBackLink.com

5 Ide Bermain untuk Anak Usia 1 Tahun, Bikin Si Kecil Happy!

Ide bermain untuk anak

Bagi new moms mungkin sedikit kesulitan untuk menemukan ide bermain anak 1 tahun yang cocok. Sebab terkadang anak tidak menyukai permainan yang diarahkan oleh orang tuanya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus tahu kebutuhan psikologis anak di usia tersebut. Anda tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan ide permainan tersebut, kami punya rekomendasi terbaiknya mulai dari menggambar sampai pengenalan bentuk yang sangat seru.

Ide Bermain untuk Anak Usia 1 Tahun


Cara bermain dengan anak 1 tahun harus punya ide permainan yang seru tapi memberikan dukungan juga untuk tumbuh kembangnya. Jadi tidak hanya permainan belakang tetapi bentuk pembelajaran secara tidak langsung dari kita sebagai orang tua, apa saja?

1.Menggambar dengan Berbagai Bahan yang Berbeda

Ide permainan yang cocok untuk anak usia 1 tahun adalah menggambar. Anda bisa menggunakan alat gambar dengan berbagai jenis bahan berbeda, tentunya ini sangat seru dan merangsang sensorik anak.

Bunda juga bisa menggunakan template gambar yang memang khusus untuk anak-anak. Jika sebutan untuk membelinya di toko buku langsung saja download printable worksheet melalui website Parenting Parents Pedia.

Memakai sketsa gambar printable membuat bunda tidak perlu banyak membuang waktu untuk mengembangkan kreasi anak. Jadi, tunggu apa lagi langsung saja download secara gratis website tersebut.

2. Bermain Terowongan

Bunda juga bisa mengajak Si Kecil bermain terowongan. Coba buat memakai kardus, lalu ajak anak untuk bertualang melewati sambil membungkuk, merangkak atau berguling.

Cara bermain dengan anak kecil ini membantu merangsang perkembangan motoriknya. Namun pastikan bunda membuat rintangan yang sesuai dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan anak.

Bunda bisa ikut bermain untuk memberi contoh. Pastinya tidak hanya membuat permainan ini menjadi lebih seru tetapi juga berkesan saat nanti dikenang.

3. Menirukan Binatang

Ide bermain anak 1 tahun yang tidak kalah seru dan menyenangkan yaitu menirukan binatang. Permainan ini bermanfaat memperkenalkan anak berbagai macam hewan.

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan memperlihatkan terlebih dahulu pada si kecil mengenai berbagai macam hewan. Bisa menunjukkan dan menjelaskan lewat buku, video atau kunjungan ke kebun binatang.

Setelah itu, ajak anak untuk berpura-pura menjadi aneka hewan tersebut. Misalnya kucing, ajarkan anak merangkak sambil mengeong.

4. Permainan Pengenalan Bentuk

Permainan pengenalan bentuk merupakan ide bermain anak 1 tahun yang mudah dilakukan tapi bikin anak happy. Bunda dapat menggunakan semua mainan hewan favorit Si Kecil.

Kumpulkan semua mainan hewan yang berbeda dan letakkan di depan anak. Kemudian, ketika Bunda mengucapkan namanya maka anak harus menunjuk atau menyebut nama hewan tersebut.

Bunda juga bisa melakukan sebaliknya supaya lebih variatif, hanya saja tempatkan tiga mainan hewan saja agar lebih mudah menebak.

5. Melakukan Permainan Kata

Permainan sederhana ini juga dapat dicoba bunda untuk bermain dengan Si Kecil yang masih berusia 1 tahun. Caranya cukup ucapkan saja kata-kata yang sering dipakai sehari-hari dan biarkan anak mengulanginya.

Hanya saja, Bunda harus memilih karakter sederhana yang bisa diikuti dengan mudah. Sangat disarankan untuk mengucap setiap suku kata sebelum menuturkan secara keseluruhan.

Ida bermain anak 1 tahun di atas sangat seru dan menarik bukan? Namun untuk lebih praktisnya, Bunda cukup mengajaknya menggambar dengan memakai sketsa instan gambar anak dari Parents Pedia.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards