mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Ide Pokok Paragraf : Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Contoh

Ide Pokok Paragraf : Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Contoh

Ide pokok paragraf (pengertian, fungsi, ciri-ciri dan contoh)

Ide pokok paragraf merupakan materi Bahasa Indonesia SMA dan sederajat. Bagi kamu yang kini masih menginjak bangku sekolah, sangat tepat sekali jika membaca konten Ayo Berbahasa yang satu ini. Dalam pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai apa itu ide pokok paragraf, fungsi, ciri-ciri, dan juga contohnya. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini

Materi Ide Pokok Paragraf

Tahukah kamu apa itu ide pokok? Di saat masih SMA mungkin kamu pernah diminta oleh guru bahasa Indonesia untuk menentukan sebuah ide pokok dalam 1 atau beberapa paragraf. Karena kurang memahami tentang ide pokok, jadi kamu tidak bisa menyelesaikan tersebut. Supaya kamu menjadi tau, Mimin akan menjelaskan arti singkat mengenai ide pokok atau yang juga sering dikenal dengan sebutan gagasan utama.

Apa Itu Ide Pokok?

Ide pokok adalah sesuatu hal yang menjadi inti pembahasan yang diangkat pada sebuah paragraf atau bacaan. Ide pokok bisa ada di awal paragraf, tengah, ataupun akhir paragraf. Ide pokok juga memiliki banyak sebutan lain diantaranya gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, dan pikiran utama.

Fungsi Ide Pokok

Adapun fungsi dari ide pokok adalah untuk memberikan gambaran atau penjelasan dari suatu bacaan atau paragraf yang bisa membuat pembaca lebih memahami apa yang telah mereka baca pada paragraf tersebut. Selain itu fungsi lainnya adalah sebagai patokan, pokok, ataupun dasar acuan suatu paragraf. (Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 3 SMA/MA, Penerbit : Erlangga, Penulis : Engkos Kosasih, Hal : 31)

Ciri-ciri Ide Pokok

Agar lebih memudahkan dalam menentukan sebuah ide pokok dalam suatu paragraf, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang menjadi ciri dari gagasan pokok tersebut. Berikut ini beberapa ciri-ciri pokok pikiran yang perlu untuk kamu ketahui :
  • Ide pokok pasti diikuti dengan penjelasan yang berupa kalimat pendukung atau kalimat pengembang.
  • Selain adanya kalimat pendukung atau pengembang, jika terdapat gagasan utama, pasti juga ada alasan yang menguatkannya
  • Gagasan pokok menjadi pusat pembahasan pada bacaan.
  • Dinyatakan secara gamblang dalam kalimat utama
  • Letaknya bisa di awal paragraf, tengah, ataupun akhir paragraf.

Contoh Ide Pokok Paragraf

Setelah kamu mengetahui tentang definisi, fungsi, dan ciri-ciri dari pokok pikiran. Sekarang saatnya berikan 1 contoh bacaan singkat dan apa ide pokok yang ada di dalam bacaan tersebut. Dibaca dengan baik ya..

Buah Naga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat pertama, buah ini dapat menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin B3 yang ada di dalamnya. Selaim itu, buah yang satu ini kaya akan serat sehingga bisa membuat pencernaan menjadi jauh lebih lancar. Bukan sekadar itu saja, buah naga juga dapat membantu detoksifikasi sehingga dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Dan masih banyak lagi faedah yang bisa kamu dapatkan apabila mengkonsumsi buah berwarna merah yang satu ini. Setelah mengetahui tentang hal ini, masih kamu ragu dan enggan memakan buah naga?

Apa yang menjadi ide pokok dari bacaan tersebut? Jika anda membaca dan mencermati baik dari awal hingga akhir paragraf maka dapat disimpulkan bahwa "manfaat buah naga bagi kesehatan" adalah inti dari pembahasan tersebut.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai pengertian, fungsi, ciri-ciri dan contoh ide pokok paragraf, semoga bisa menambah wawasan bagi kamu yang belum mengetahuinya. Silakan bagikan kepada yang lainnya apabila konten ini dirasa bermanfaat, terima kasih.
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!