mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Materi Paragraf : Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, dan Syarat Paragraf

Materi Paragraf : Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, dan Syarat Paragraf

Materi paragraf

Sekalipun sering kita lihat dan teksnya selalu dibaca, namun cukup banyak pelajar yang belum terlalu memahami tentang materi paragraf pada sebuah bacaan. Banyak yang belum paham sepenuhnya mengenai definisi, ciri-ciri, fungsi, dan syarat-syarat apa saja yang membuat sebuah tulisan disebut dengan paragraf. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini mimin akan memberi sedikit pengetahuan untuk kalian, yaitu mengenai paragraf. Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini ya

Pengertian Paragraf

Paragraf atau yang juga disebut sebagai alinea merupakan kumpulan kalimat yang memiliki satu ide pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bagian dalam atau menggunakan garis baru. Paragraf umumnya terdiri atas 3 hingga 7 paragraf yang mengandung ide pokok dan kalimat pendukung. Paragraf memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut :

Apa perbedaan fakta dan opini?


Ciri-ciri Paragraf

  • Letak baris pertama agak menjorok ke dalam. Sekitar 5 spasi untuk jenis karangan biasa.
  • Memiliki satu topik utama saja dalam 1 paragraf.
  • Terdiri atas kalimat utama dan juga kalimat penjelas.

Fungsi Paragraf

Sementara itu, paragraf memiliki beberapa fungsi penting diantaranya yaitu :

  • Guna menandai pergantian gagasan baru bagi karangan yang terdiri dari atas beberapa paragraf. Itu berarti, apabila paragraf berganti maka gagasan atau pikiran pun juga ikut berganti
  • Mengungkapkan suatu ide atau gagasan secara tertulis dengan memberikan bentuk suatu pikiran dan perasaan kedalam serangkaian kalimat yang tersusun secara logis dalam satu kesatuan.
  • Untuk mempermudah penulis dalam mengatur dan menyusun gagasannya sekaligus untuk memudahkan pemahaman bagi yang membacanya.
  • Untuk mempermudah dalam mengembangkan topik karangan.


Syarat-syarat Paragraf

Bagaimana syarat-syarat Paragraf yang baik dan benar itu? Jangan sepelekan tentang hal ini, karena sangat berpengaruh terhadap hasil tulisan. Dalam pembuatan paragraf, setidaknya harus memenuhi beberapa syarat yaitu sebagai berikut :

1. Kesatuan

Paragraf harus diawali dengan satu ide yang jelas. Nantinya ide tersebut akan diuraikan ke dalam bentuk gagasan utama dengan beberapa penjelas.  Antara satu ide dengan ide lainnya atau pikirkan satu dengan pikiran yang lainnya  bisa menjadi penghubung dan menandakan paragraf tersebut telah memiliki kesatuan.

2. Kepaduan

Kepanduan atau koherasi pada suatu paragraf. Bisa terwujud dari saling keterkaitan antar kalimat pembentuk paragraf. Selain itu, koherasi yang baik pada sebuah paragraf bisa terjadi jika hubungan antar kalimat mudah untuk dipahami. Nah, bagaimana caranya membuat paragraf yang padu? Kamu bisa memanfaatkan kata penghubung, kata ganti, perincian, dan urutan pikiran.

3. Kelengkapan

Dan yang tidak kalah pentingnya, paragraf juga harus lengkap. Tidak hanya terdiri atas ide-ide pokok saja, tetapi juga terdiri atas kalimat penjelas.

Nah sekarang udah paham kan? Nah bagi kamu yang masih ingin bertanya seputar materi paragraf, langsung saja sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Jangan malu-malu bertanya, agar kamu tak tersesat nantinya. Dengan bertanya maka kamu pun semakin tau dari apa yang hanya kamu sekadar tau. Oke?
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar