RajaBackLink.com

7+ Contoh Kalimat Berpola S-P-O-Pel-K dan Penjelasan [Lengkap]

Contoh kalimat berpola S-P-O-Pel-K

Kalimat berpola S-P-O-Pel-K merupakan pola kalimat yang terdiri atas unsur subjek, predikat, objek, pelengkap, serta keterangan. Pola kalimat ini mengandung unsur yang paling lengkap jika dibandingkan dengan pola kalimat yang lainnya.

Subjek pada pola kalimat satu ini adalah nomina atau frasa nominal, predikatnya berupa verba intransitif. Sedangkan pelengkapnya yaitu nomina atau frasa nomina, dan keterangannya berupa frasa preposisi.

 

Baca juga : contoh kalimat s p pel k

 

Contoh Kalimat Berpola S-P-O-Pel-K

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang mengandung pola S-P-O-Pel-K dalam bahasa Indonesia :

  • Ibu membawakan Adi bekal setiap hari. (Subjek : ibu, predikat : membawakan, objek : Adi, pelengkap : uang, keterangan : setiap hari).
  • Ayu memberikan Laras oleh-oleh dari Bali. (Subjek : Ayu, predikat : memberikan, objek : Laras, pelengkap : oleh-oleh, keterangan : dari Bali).
  • Paman menawarkan aku pekerjaan di perusahaan swasta. (Subjek : paman, predikat : menawarkan, objek : aku, pelengkap : pekerjaan, keterangan : di perusahaan swasta).
  • Pembina mempercayakan Nathan sebagai ketua organisasi yang baru pada hari Senin kemarin. (Subjek : pembina, predikat : mempercayakan, objek : Nathan, pelengkap : sebagai ketua organisasi yang baru, keterangan : pada hari Senin kemarin).
  • Bayu mentraktir kami semangkuk tekwan pada hari Sabtu kemarin. (Subjek : Bayu, predikat : mentraktir, objek : kami, pelengkap : semangkuk tekwan, keterangan : pada hari Sabtu kemarin).
  • Pak Budi mengalungkan leher istrinya sebuah kalung emas pada hari ulang tahun istrinya yang ke-27. (Subjek : Pak Budi, predikat : mengalungkan, objek : leher istrinya, pelengkap : sebuah kalung emas, keterangan : pada hari ulang tahun istrinya yang ke-27).
  • Laras memilihkan Eva sebuah pakaian yang elok saat keduanya sedang berbelanja pakaian. (Subjek : Laras, predikat : memilihkan, objek : Eva, pelengkap : sebuah pakaian yang elok, keterangan : saat keduanya sedang berbelanja pakaian).
  • Pak guru memberitahu kami bahwa kami harus mengikuti studi banding pada hari Rabu yang akan datang. (Subjek : Pak Guru, predikat : memberitahu, objek : kami, pelengkap : bahwa kami harus mengikuti studi banding, keterangan : pada hari Rabu yang akan datng).

 

Baca juga : contoh kalimat S-P-O-K

 

Itulah dia beberapa contoh kalimat berpola S-P-O-Pel-K dan penjelasannya. Semoga materi ini bermanfaat dan sampai jumpa pada materi-materi berikutnya dari Ayo Berbahasa!

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards