RajaBackLink.com

10+ Contoh Kalimat Berpola S-P-Pel-K dan Penjelasan [Lengkap]

contoh kalimat berpola S-P-Pel-K

Masih seputar pola kalimat, pada kesempatan ini Ayo Berbahasa bakal menjelaskan tentang pola kalimat S-P-Pel-K beserta contohnya.

Kalimat S-P-Pel-K adalah kalimat yang mengandung unsur subjek, predikat, pelengkap, dan juga keterangan. Subjeknya berupa nomina atau frasa nomina, predikatnya berupa kata sifat atau verba intransitif, pelengkapnya berupa kata benda atau kata sifat, sedangkan keterangannya berupa frasa berpreposisi.

 

Baca juga : pola kalimat S-P.

 

Contoh Kalimat Berpola S-P-Pel-K

Supaya makin paham, berikut ini saya berikan beberapa contoh kalimat yang mengandung pola S-P-Pel-K

  1. Adik bermain bola di lapangan. (Subjek : Adik, predikat : bermain, pelengkap : bola, keterangan : di lapangan).
  2. Aku bertemu pria itu di taman kota. (Subjek : aku, predikat : bertemu, pelengkap : pria itu, keterangan : di taman kota).
  3. Para gadis belajar Tari Jaipong di sanggar tari Bu Kinasih. (Subjek : para gadis, predikat : belajar, pelengkap : Tari Jaipong, keterangan : di sanggar tari Bu Kinansih).
  4. Dua pemuda bermain gitar di pos ronda. (Subjek : dua pemuda, predikat : bermain, pelengkap : gitar, keterangan : di pos ronda).
  5. Badannya bercucuran keringat karena berlari. (Subjek : badannya, predikat : bercucuran, pelengkap : keringat, keterangan : karena berlari).
  6. Mereka berlatih sepak bola di lapangan. (Subjek : mereka, predikat : berlatih, pelengkap : sepak bola, keterangan : di lapangan).
  7. Paman berjualan daging ayam di pasar. (Subjek : paman, predikat : berjualan, pelengkap : daging ayam, keterangan : di pasar).
  8. Kami berkeliling kota menggunakan sepeda motor. (Subjek : kami, predikat : berkeliling, pelengkap : kota, keterangan : menggunakan sepeda motor).
  9. Langit bertabur bintang pada malam hari. (Subjek : langit, predikat : bertabur, pelengkap : bintang, keterangan : pada malam hari).
  10. Anak-anak bermain gobak sodor di lapangan desa. (Subjek : anak-anak, predikat : bermain, pelengkap : gobak sodor, keterangan : di lapangan desa).
  11. Ibu berbelanja sendirian di pasar. (Subjek : ibu, predikat : berbelanja, pelengkap : sendirian, keterangan : di pasar).

 

Baca juga : contoh kalimat berpola S-P-O

 

Nah itulah dia beberapa contoh pola kalimat S-P-Pel-K dan juga penjelasannya. Kalau materi di atas ada yang belum kamu pahami, jangan ragu untuk bertanya via kolom komentar ya. Sekian dan semoga bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards