mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Bagaimana Sejarah Huruf Alfabet yang Kita Kenal Saat Ini?

Bagaimana Sejarah Huruf Alfabet yang Kita Kenal Saat Ini?

Sejarah huruf alfabet

Tahukah kamu bagaimana sejarah alfabet atau abjad yang selama ini kita gunakan untuk menuliskan bahasa? Ternyata munculnya huruf A hingga Z mengalami proses yang sangat panjang dan berliku. Bagaimana sejarah lengkap hadirnya alfabet di seluruh dunia? Yuk, simak selengkapnya pada konten berikut ini :

Sejarah Huruf Alfabet

Tentu kamu tau, dan kita semua tau jika huruf alfabet atau abjad latin berjumlah 26 huruf dengan karakter yang berbeda. Setiap huruf atau beberapa huruf tersebut jika digabungkan membentuk sebuah makna, dan jika huruf tersebut ditukar sedikit posisinya maka bisa merubah atau bahkan merusak arti dari kumpulan huruf tersebut.

Sejarah evolusi huruf mengalami proses yang sangat panjang. Dari bentuk yang tidak beraturan dan sulit dibaca hingga bentuknya jelas seperti saat ini. Bagaimana sih awal mula terciptanya abjad atau alfabet yang dipergunakan oleh orang-orang seluruh dunia? Ternyata seperti ini sejarahnya :

1. Berawal dari Simbol Piktograf dan Hieroglif

piktograf

Jauh sebelum manusia berkomunikasi menggunakan simbol alfabet seperti saat ini, sekitar 3100 SM Bangsa Mesir menggunakan piktograf sebagai simbol-simbol yang menggambarkan objek. Memang, pada zaman dahulu manusia masih belum mengenal huruf, tanda baca, atau kata-kata untuk berkomunikasi kepada sesama.

Maka dari itu, mereka menulis dengan membuat simbol gambar yang dikenal dengan sebutan piktograf. Piktograf sendiri berasal dari kata "pictograph" yang merupakan gabungan dari kata "pict" dan "graph". Kata "pict" memiliki makna picture atau gambar dalam bahasa latin, sedangkan "graph" merupakan kata dalam bahasa Yunani yang artinya tulisan.

Baca juga : teori asal usul bahasa.

Bukan sekadar piktograf saja, bangsa Mesir Kuno juga menciptakan hieroglif. Tulisan ini berbentuk lambang dengan berbagai macam karakter seperti burung, mata, hingga timbangan. Mereka biasanya menuliskan huruf atau lambang tersebut menggunakan alat yang disebut stylis (pulpen sederhana di zaman dulu).

Hieroglif Mesir

Namun sayangnya, hieroglif tidak bisa dimengerti oleh semua orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memahami setiap lambang pada hieroglif tersebut. Setelah adanya piktograf dan Hieroglif, simbol-simbol bahasa terus mengalami perkembangan.

2. Dilanjut Dengan Diciptakannya Alphabet Phoenician


Sejarah berkembangnya abjad berlanjut dengan diciptakannya alphabet phoenician pada tahun 1300 SM. Alphabet Phoenician atau alfabet fenisia digunakan oleh orang Fenisia untuk menulis bahasa Fenisia.

Terdiri atas 23 simbol, huruf pertama alphabet ini berupa gambar sederhana berbentuk kepala banteng, yang dalam bahasa Fenisia disebut dengan Aleph, dan kemudian kata tersebut menjadi cikal bakal huruf 'A' seperti apa yang kita ketahui saat ini.

3. Alfabet Semakin Berkembang di Tangan Bangsa Yunani

Selanjutnya Bangsa Yunani melakukan pengadaptasian sistem alfabet ke dalam struktur anatomi huruf yang lebih teratur dengan menerapkan bentuk-bentuk geometris. Salah satu perubahan yang paling baik dari masa ini yaitu penerapan pola membaca dari arah kiri ke kanan. (Sebelumnya alfabet phoenician mengenalkan pembacaan huruf dari kanan ke kiri).

Baca juga : perkembangan ejaan di Indonesia

4. Bangsa Romawi Semakin Menyempurnakannya


Sistem alfabet semakin berkembang pesat hingga Bangsa Romawi menjadi bentuk huruf Roman atau huruf latin seperti yang kita kenal saat ini. Alfabet yang telah disempurnakan ini mulai diterapkan sejak abad pertengahan dan digunakan sebagai alfabet dalam bahasa Inggris kontemporer. Alfabet ini juga digunakan di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk di negara kita Indonesia.

Konten lainnya : sejarah perkembangan bahasa Indonesia.

Penutup

Jadi sejarah huruf alfabet tidak bisa dilepaskan dari 4 bangsa yaitu Bangsa Mesir, Bangsa Fenisia, Bangsa Yunani dan Bangsa Romawi. Mungkin jika mereka tidak melakukan hal seperti itu kita tidak mungkin bisa mengenal huruf A, B, C, D, E hingga Z pada saat ini. Jadi, kamu boleh berterimakasih kepada mereka yang telah menciptakan huruf yang berguna bagi orang-orang di seluruh dunia.
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar