RajaBackLink.com

Pengertian Kalimat Tanya Klarifikasi dan Contohnya [Lengkap]

Kalimat tanya klarifikasi

Salah satu jenis kalimat tanya selain kalimat tanya biasa, konfirmasi, dan retorika adalah kalimat tanya klarifikasi. Kalau kamu sering nonton berita di televisi, pasti sudah tidak asing lagi dengan klarifikasi bukan?

Nah klarifikasi itu ternyata juga bisa dalam bentuk kalimat tanya. Nah, apa sih yang dimaksud dengan kalimat tanya klarifikasi itu dan apa saja contoh-contohnya? Mari simak penjelasan selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Apa Itu Kalimat Tanya Klarifikasi?

Kalimat tanya merupakan kalimat yang berfungsi mempertanyakan sesuatu baik kepada orang lain maupun kepada diri sendiri, sedangkan retorika adalah penjelasan atau penjernihan apa yang sesungguhnya terjadi. Jadi, kalimat tanya retorika adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan bertujuan mempertanyakan atau memperjelas suatu permasalahan yang sebelumnya sudah diketahui inti permasalahannya.

Sama halnya seperti jenis kalimat tanya lainnya, kalimat tanya yang satu ini juga dilengkapi dengan tanda tanya dibelakangnya. Secara sekilas, kalimat tanya klarifikasi mirip seperti kalimat tanya konfirmasi, namun tujuannya hanya meyakinkan saja bukan meminta pembenaran seperti pada kalimat tanya konfirmasi.

 

Contoh Kalimat Tanya Klarifikasi

  • Dalam kehidupan sehari-hari pertanyaan klarifikasi sering diucapkan, misalnya sebagai berikut :
  • Apakah benar buku paket Bahasa Inggris itu milik kamu?
  • Apakah benar dompet ini milikmu?
  • Benarkah bahwa akan terjadi gempa di Makassar?
  • Jadi benar berita yang tersebar itu, bahwa ibunya pembuat kue terenak di Solo?
  • Benarkah adikmu yang menjadi juara 1 di Olimpiade Matematika itu?

 

Demikian penjelasan singkat tentang kalimat tanya klarifikasi dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards