mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
15 Contoh Kalimat Versi dan Penjelasan [Lengkap]

15 Contoh Kalimat Versi dan Penjelasan [Lengkap]

contoh kalimat versi

Sebelumnya saya sudah menjelasakn tentang kalimat inversi, pada materi kali ini saya akan membahas lawan dari kalimat inversi yaitu kalimat versi.

Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis-jenis kalimat itu, antara lain kalimat efektif, kalimat mayor, kalimat minor, kalimat inversi, kalimat versi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, apa itu kalimat versi dan apa saja contohnya? Mari simak penjelasan selengkapnya pada konten berikut ini.

 

Pengertian Kalimat Versi

Kalimat versi adalah kalimat yang memiliki pola berurutan yaitu S-P-O-K,terkadang juga ditambah pelengkap. Berbeda dengan kalimat inversi, yang mana pola kalimatnya tidak berurutan.

Selain itu, kalimat versi juga bisa diartikan sebagai kalimat yang sesuai dengan versinya. Dalam artian, tidak ada perubahan struktur atau pola sama sekali.

 

Contoh Kalimat Versi

Berikut ini beberapa contoh kalimat versi yang bisa kamu pelajari di rumah :

  1. Ibu memasak nasi goreng di dapur. (Ibu = subjek, memasak = predikat, nasi goreng = objek, di dapur = keterangan/keterangan tempat).
  2. Kakak membeli gula di warung. (Kakak = subjek, membeli = predikat, gula = objek, di warung = keterangan/keterangan tempat).
  3. Adik makan mi goreng menggunakan garpu. (Adik = subjek, makan = predikat, mi goreng = objek, menggunakan garpu = keterangan/keterangan alat).
  4. Bu Retno berbelanja pakaian bersama suaminya di mall. (Bu Retno = subjek, berbelanja = predikat, pakaian = objek, bersama suaminya = keterangan/keterangan pelaku, di mall = pelengkap).
  5. Ani menggunakan tisu untuk mengelap meja yang basah. (Ani = subjek, menggunakan = predikat, tisu = objek, untuk mengelap meja yang basah = keterangan/keterangan tujuan).
  6. Ayah membelikanku ponsel untuk belajar online. (Ayah = subjek, membelikanku = predikat, ponsel = objek, untuk belajar online = keterangan/keterangan tujuan).
  7. Rangga memenangkan kejuaraan catur dua tahun yang lalu. (Rangga = subjek, memenangkan = predikat, kejuaraan catur = objek, dua tahun yang lalu = keterangan/keterangan waktu).
  8. Adi mendapatkan baju baru dari kakeknya. (Adi = subjek, mendapatkan = predikat, baju baru = objek, dari kakeknya = keterangan/keterangan pelaku).
  9. Nia mematikan semua lampu di rumahnya. (Nia = subjek, mematikan = predikat, semua lampu = objek, di rumahnya = keterangan/keterangan tempat).
  10. Karyawan PT Informa mengikuti rapat di ruang auditorium. (Karyawan PT Informa = subjek, mengikuti = predikat, rapat = objek, di ruang auditorium = keterangan/keterangan tempat).
  11. Nia memejamkan matanya tetapi belum tidur. (Nia = subjek, memejamkan = predikat, matanya = objek, tetapi belum tertidur = keterangan/keterangan perbandingan).
  12. Raisa sedang mencuci piring di dapur. (Raisa = subjek, sedang mencuci  = predikat, piring = objek, di dapur = keterangan/keterangan tempat).
  13. Paman sedang memperbaiki mobilnya di garasi. (Paman = subjek, sedang memperbaki  = predikat, mobilnya = objek, di garasi = keterangan/keterangan tempat).
  14. Rosa sedang membaca novel di taman. (Rosa = subjek, sedang membaca  = predikat, novel = objek, di taman = keterangan/keterangan tempat).
  15. Ibu memotong daging menggunakan pisau dapur. (Ibu = subjek, memotong  = predikat, daging = objek, menggunakan pisau dapur = keterangan/keterangan alat).

 

Nah itulah dia contoh kalimat versi lengkap dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar