mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Pengertian dan Contoh Makna Ilokusi [Lengkap]

Pengertian dan Contoh Makna Ilokusi [Lengkap]

contoh makna ilokusi

Sebelumnya admin sudah membahas mengenai makna lokusi dan contoh kalimatnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai makna ilokusi.

Keduanya merupakan makna yang saling berlawanan. Untuk mengetahui materi selengkapnya tentang makna ilokusi, mari baca artikel ini sampai selesai.


Apa Itu Makna Ilokusi

Makna ilokusi adalah makna khusus yang terkandung di dalam suatu hal, terutama pada kalimat atau pernyataan. Selain itu makna ilokusi bisa diartikan sebagai makna dibalik pernyataan atau kalimat.

Makna ini lebih mengarah ke kalimat performatif yang eksplisit alias terang-terangan. Tujuannya supaya orang bisa mengerti makna tersebut dan tidak terjadi kesalahpahaman.


Contoh Makna Ilokusi

Supaya kamu semakin paham berikut ini admin berikan beberapa contoh makna ilokusi dalam kalimat bahasa Indonesia:


Awas, ada anjing gila!

Makna dibalik pernyataan tersebut adalah mengingatkan seseorang atau beberapa orang untuk berhati-hati karena ada anjing gila yang siap menerkam.

 

Aku rasa sebaiknya sampah itu jangan dibiarkan terbengkalai dipinggir jalan.

Makna dibalik pernyataan itu adalah jangan membiarkan sampah berserakan di jalan raya. Buang sampah tersebut pada tempatnya yaitu tempat sampah.

 

Awas, di sini banyak orang gila!

Maksudnya adalah banyak orang gila di lokasi tersebut sehingga harus selalu waspada karena orang gila tersebut bisa saja melukai kamu.

 

Apakah dengan mengeluh, keadaan menjadi berubah

Makna dibalik kalimat tersebut adalah jangan terus berkeluh kesah, sebab keluh kesah tidak akan bisa merubah keadaan menjadi lebih baik.

 

Apakah dengan terus-menerus berbuat curang, hidupmu akan terus bahagia?

Berbuat curang tidak akan membuat hidupmu menjadi bahagia. Justru kecurangan akan mendatangkan penyesalan dalam kehidupan kamu.


Itulah dia penjelasan lengkap tentang pengertian dan contoh makna ilokusi. Jika ada yang belum dipahami, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar