RajaBackLink.com

Tokoh Dinamis : Definisi dan Contohnya [Lengkap]

Tokoh dinamis

Ketika membaca novel, menonton film, bahkan membaca cerita anak-anak, sering kali kita menemukan tokoh dinamis di dalamnya. Baik tokoh yang berperan sebagai protagonis, deuteragonis, maupun antagonis.

Tokoh dinamis memberi perkembangan menarik ke dalam cerita. Sehingga pembaca tidak merasa bosan, serta sering menjadi kunci dari pesan pada cerita tersebut.

Tapi, apa sih sebenarnya tokoh dinamis itu?

 

Apa Itu Tokoh Dinamis?

Tokoh dinamis adalah tokoh yang berkembang atau mengalami perubahan dari sisi perawatakan. Misalnya dari ceroboh jadi cekatan, dari jahat jadi baik, dari egois jadi dermawan, dari galak jadi lemah lembut, dan sebagainya. Termasuk juga tokoh yang berubah dari baik menjadi jahat.

Kebalikan dari tokoh dinamis adalah tokoh statis, yaitu karakter yang tidak mengalami perubahan sama sekali dari awal hingga akhir cerita.

Jadi kedua jenis tokoh ini dikelompokan berdasarkan perawatakan dan pengembangan tokohnya.

 

Tidak Selamanya Tokoh Utama adalah Tokoh Dinamis

Pernahkah kalian membaca cerita dimana sang tokoh antagonis berubah menjadi baik di akhir kisah? Itu adalah contoh penulisan tokoh dinamis selain pada tokoh utama atau protagonis.

Sebaliknya, ada juga tokoh-tokoh dalam cerita tertentu yang tidak berubah sama sekali dari sisi perwatakan. Padahal mereka merupakan pemeran utama pada kisah tersebut. Misalnya seperti Sherlock Holmes, Tintin, dan masih banyak lagi.

 

Contoh Tokoh Dinamis

Salah satu contoh tokoh dinamis yang pasti sudah pernah kalian dengar ceritanya ada dalam cerita anak "Beauty and The Beast".

Di awal kisah tersebut, Pangeran Adam atau Beast merupakan tokoh yang pemarah, tidak sensitif terhadap perasaan orang lain, keras, dan tegas. Namun pertemuannya dengan Belle membuat hati Pangeran Adam berubah dan lambat-laun menjadi lemah lembut.

Di sisi lain, Princess Belle dalam kisah ini merupakan contoh karakter statis. Sebab ia tidak mengalami perkembangan karakter secara signifikan sebagai orang baik hati.

Itulah penjelasan singkat tentang tokoh dinamis pada cerita novel dan film. Sebenarnya, hampir semua cerita memiliki tokoh utama yang dinamis. Oleh karena itu lebih mudah menandai tokoh jenis ini dibandingkan tokoh statis pada cerita.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards