RajaBackLink.com

5+ Contoh Majas Personifikasi dan Penjelasannya [Lengkap]

contoh majas personifikasi

Kalimat yang didalamnya terdapat contoh majas personifikasi membuat kita bisa menciptakan deskripsi yang imajinatif. Padahal bila dipikir secara logis, kalimat dari majas ini kadang tidak masuk akal sama sekali.

Contohnya adalah "Awan berlari-lari di tengah langit yang cerah". Padahal, awan tidak punya kaki untuk berlari layaknya hewan atau manusia. Jadi maksud dari majas tersebut adalah awan-awan mengalir terbawa angin di atas langit.

Agar lebih jelas, mari kita bahas beberapa contoh dari majas personifikasi yang lain.

 

Apa Itu Majas Personifikasi?

Majas personifikasi adalah kalimat yang mendeskripsikan benda mati seolah-olah hidup dan bisa melakukan aktivitas seperti manusia. Baik itu berpikir, berjalan, berlari, terbang, dan lain-lain.

Beberapa ahli juga punya pendapat variatif tentang apa maksud dari majas personifikasi, di antaranya:

 

Pitwanto

Menurut pitwanto, personafikasi adalah gaya bahasa yang digunakan untuk memanusiakan benda mati. Artinya, benda tersebut ditulis seolah-olah punya persona dan bisa melakukan kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

 

PUEBI

Berdasarkan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), personifikasi adalah majas yang digunakan untuk memunculkan karakteristik pada benda mati. Sehingga benda tersebut seolah punya nyawa layaknya manusia.

 

Tarigan

Terakhir, Tarigan mendefinisikan personifikasi sebagai gaya bahasa yang melekat pada manusia terhadap benda yang tidak nyata. Dengan kata lain personifikasi akan memberikan sifat manusia kepada benda mati.

 

Ciri - ciri Majas Personifikasi

Ada beberapa poin yang selalu muncul dari ketiga pengertian di atas, yaitu digunakan untuk mendeskripsikan benda mati, dan memiliki persona atau sifat layaknya manusia.

Ciri majas personifikasi yang asli sendiri ada 3, yaitu:

  • Menggunakan kata sifat atau kata kerja yang lekat dengan manusia
  • Memperlakukan benda mati layaknya makhluk hidup
  • Melibatkan panca indera

 

Majas Personifikasi dan Antropomorfisme

Sebelum membahas tentang contoh- contoh dari majas personafikasi, mari kita bahas tentang asal- usul mengapa majas ini bisa muncul.

Personifikasi disinyalir berasal dari pola pikir antropomorfisme yang sudah ada sejak ribuan tahun di zaman pra-sejarah.

Antropomorfisme sendiri merupakan karakteristik, perasaan, dan tujuan kepada entitias yang bukan manusia. Kata antropomorfisme berasal dari Bahasa Yunani yaitu ánthrōpos artinya manusia, dan morphē artinya membentuk.

Pola pikir ini awalnya digunakan untuk bercerita dan memberi ekspresi artistik ke dalam kisah tersebut. Sedangkan di era modern, cara berpikir antropomorfisme sering kita aplikasikan ke benda-benda kesayangan.  

Misalnya memberi nama pada mobil, berbicara dengan boneka, menganggap hujan sebagai langit yang menangis, dan masih banyak lagi.

Dalam batasan tertentu, antropomofisme adalah bentuk natural dari cara manusia berpikir. Namun hal ini juga bisa menyebabkan kesalahan persepsi dalam cara alam bekerja, serta menjadi ciri dari kesepian.

 

Contoh Majas Personifikasi

Terakhir, mari kita bahas apa saja contoh majas personifikasi yang mungkin sering kita dengar sehari-hari.

  1. Matahari tersenyum sambil menyinari langit yang cerah hari ini
  2. Hanya bulan yang mau menemani perjalannya malam ini
  3. Coba tanyakan pada rumput yang bergoyang
  4. Padahal ia hanya duduk di meja, tetapi kue ulang tahun itu seperti menggoda setiap kali aku meliriknya
  5. Jangan buat bumi kita makin menderita dengan membuang sampah sembarangan
  6. Sang kiper tidak bisa menahan bola yang menembus jaring gawangnya.

Dengan contoh majas personifkasi, kita bisa membuat kalimat terasa semakin ekspresif ketika didengar oleh orang lain. Tak heran jika majas ini sering kita dengar pada promosi berbagai macam produk, baik itu obat, makanan, minuman, bahkan kendaraan bermotor.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards