RajaBackLink.com

9+ Contoh Pantun Teka-teki Lengkap dengan Jawabannya

contoh pantun teka-teki

Pantun adalah puisi Indonesia (Melayu) yang terdiri dari 4 baris dan mengandung sajak a b a b. Dahulu pantun hanya digunakan oleh masyarakat Melayu, namun saat ini sudah digunakan secara umum.

Ada banyak sekali jenis-jenis pantun, salah satunya adalah pantun teka-teki. Sesuai dengan namanya, pantun teka-teki adalah pantun yang berisi teka-teki atau pertanyaan yang harus dijawab oleh pembacanya.

Terkadang teka-teki tersebut tidak disampaikan secara tersurat, tetapi tersirat. Isi dari pantun teka-teki pun bisa mengandung teka-teki soal objek alam sekitar atau teka-teki tentang perangkat pembantu manusia.

 

Contoh Pantun Teka-Teki

pantun teka teki


Bagi kamu yang kebingungan membuat pantun teka-teki, tidak perlu khawatir. Berikut ini admin berikan berbagai contoh pantun teka-teki yang bisa kamu jadikan sebagai referensi :

 

Piknik bersama ke kebun binatang
Siang-siang saat matahari sedang di tengah
Siapa orang yang berenang,
Namun rambutnya senantiasa tak basah?

Siapa yang berenang namun rambutnya justru tidak basah? Jawabannya tentu saja adalah orang yang botak. Bagaimana rambut mau basah, jika wujudnya saja tidak ada.

 

Kalau tuan bawa keladi
Bawakan juga si pucuk rebung
Kalau tuan bijak bestari
Binatang apa tanduk di hidung?

Apa binatang yang memiliki tanduk di hidungnya? Jawabannya adalah badak. Tanduk pada hidung badak disebut dengan cula. Maka dari itu ada istilah badak bercula satu dan badak bercula dua.

 

Terendak bentan lalu dibeli
Untuk pakaian saya turun ke sawah
Kalaulah tuan bijak bestari
Apa binatang kepala di bawah?

Contoh pantun teka-teki di atas mengandung pertanyaan binatang apa yang memiliki kepala di bawah? Jawabannya adalah kelelawar. Hal ini dikarenakan saat tidur menggantung, kepala kelelawar selalu berada di posisi bawah.

 

Berlayar kapal dari Berandan
Menuju arah Selat Malaka
Lebar kepala dari pada badan
Apakah itu cobalah terka?

Coba tebak apa sesuatu yang kepalanya lebih lebar daripada badannya? Jawabannya adalah ikan pari. Diketahui, ikan pari memiliki kepala yang lebar bahkan melebihi badannya.

 

Ada si tuan pakai celana
Melihat bintang di malam hari
Jikalau tuan memang bijaksana
Binatang apa tanduk di kaki?

Binatang apa yang mempunyai tanduk di kaki? Yap benar sekali, jawabannya adalah ayam. Tanduk kaki pada ayam berfungsi untuk melindungi diri dari serangan musuh.

 

Perempuan cantik mukanya bersih
Selepas dimandi oleh bunda
Kulit hitam isinya putih
Manis rasanya seperti gula

Tebakan pada pantun teka-teki di atas adalah apa sesuatu yang kulitnya berwarna hitam dan isinya putih? Selain itu klu lainnya adalah rasanya yang manis seperti gula. Ternyata jawaban atas pertanyaan tersebut adalah buah manggis karena sesuai dengan ciri-cirinya.

 

Baca juga : contoh pantun nasihat.

 

Perut ini lapar sekali
Ingin ke pantai makan kerang
Menemukan ia sulit sekali
Sekali bertemu malah dibuang?

Contoh pantun teka-teki yang satu ini jawabannya adalah upil. Menemukan upil itu susah sekali, namun ketika sudah mendapatkannya pasti langsung dibuang karena sangat jijik.

 

Tuan puteri belajar menyanyi
Menyanyi diajar oleh Pak Harun
Kalau tuan bijak bestari
Apa yang naik tak pernah turun?

Jawaban dari pertanyaan pada pantun teka-teki ini bukan sesuatu yang berwujud. Tahukah kamu apa yang naik namun tidak pernah turun? Jawabannya adalah usia. Karena usia orang selalu bertambah tidak pernah turun.

 

Pergi ke Malang membeli ketan
Paling enak yang warna hitam
Kalau siang mata tak kelihatan
Kalau malam matanya tajam.

Siang hari matanya tidak bisa melihat dengan jelas, akan tetapi pada malam hari justru sangat tajam. Jawaban pertanyaan ini yaitu burung hantu. Sebagaimana yang diketahui, burung hantu memiliki penglihatan yang tajam pada malam hari.

 

Terjebak hujan di taman mini
Membuat baju jadi basah kuyup
Coba tebak barang apa ini
Saat dipegang mati dilempar hidup

Jawaban pertanyaan dari contoh pantun teka-teki di atas adalah gangsing. Pasti kamu bertanya-tanya, mengapa jawabannya bisa gangsing? Karena gangsing saat dipegang tidak bergerak (mati) sedangkan saat dimainkan bergerak atau diibaratkan sebagai sesuatu yang hidup.

 

Mendengar ibu sedang masak
Ternyata memasak ayam panggang
Kalau adik pintar menebak
Ular apa yang ada di pinggang?

Jawabannya adalah ikat pinggang atau sabuk. Mengapa ikat pinggang? Ikat pinggang diibaratkan seperti ular karena memiliki bentuk yang memanjang.

 

Hari Senin menanam semangka
hari Kamis menanam kedondong
Halo kakak yang suka tertawa
Coba tebak raja apa yang kepalanya bisa dipegang?

Kepala raja yang bisa dipegang adalah raja catur. Karena tentu saja tidak mungkin memegang kepala raja suatu negara, bisa-bisa kamu mendapatkan hukuman dari pihak istana.

 

Jalan-jalan ke pasar malam
Justru datang orang marah
Saat kecil berbaju hitam
Sudah besar bajunya merah?

Jawaban pertanyaan dari pantun teka-teki di atas adalah cabai merah. Karena dalam pertumbuhannya, cabai merah itu awalnya berwarna hitam sewaktu masih kecil lalu berubah jadi warna merah saat sudah matang.

 

Itulah dia beberapa contoh pantun teka-teki lengkap dengan jawabannya. Semoga bisa menjadi referensi terbaik dan kalau kamu mempunyai pantun sendiri, silakan sampaikan saja di kolom komentar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif