mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Contoh Poster Anti Korupsi Lengkap dengan Gambar

Contoh Poster Anti Korupsi Lengkap dengan Gambar

Contoh poster anti korupsi

Selamat datang kembali di Ayo Berbahasa. Masih ingatkah kamu dengan materi poster yang pernah Mimin jelaskan sebelumnya? Nah melanjutkan pembahasan materi tersebut kali ini mimin akan memberikan beberapa contoh poster, salah satunya adalah tentang anti korupsi.

Korupsi merupakan sebuah perbuatan jahat memperkaya diri sendiri dengan memanfaatkan kekuasaan yang dimilikinya. Selain itu, korupsi juga bisa diartikan penyalahgunaan wewenang atau jabatan yang dilakukan oleh pejabat demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Jelas, bahwa korupsi sangat merugikan negara dan juga rakyat. Korupsi mengakibatkan menurunnya investasi, meningkatnya kemiskinan, melambatnya pertumbuhan ekonomi suatu negara, serta meningkatnya ketimpangan pendapatan. Bahkan korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara. (sumber : website KPK).

Contoh Poster Anti Korupsi + Gambar

Maka dari itu, penting bagi kita masyarakat Indonesia untuk turut membantu kerja lembaga berwenang dalam memberantas korupsi di negeri ini. Melalui beberapa contoh poster tema anti korupsi berikut ini, sudah selayaknya kita bisa melakukan tindakan untuk menyelamatkan Indonesia dari jeratan korupsi.

1. Contoh Poster Anti Korupsi 1

Poster berantas korupsi

Di dalam poster tersebut, ada sebuah pesan dimana kita semua harus mencegah sekaligus memberantas korupsi. Dan gambar tikus diatas memang identik dengan koruptor. Tikus dianggap sebagai hewan yang gemar memakan apa saja dan hidup di tempat-tempat tersembunyi.

Begitupun halnya dengan para koruptor. Tikus berdasi yang menutupi tindakan busuknya dengan topeng kemunafikan dan sering mereka lakukan. Uang yang dikorupsi pun tidak hanya jutaan saja, bisa sampai miliaran rupiah. Itulah mengapa para koruptor sering dianalogikan dengan seekor tikus.

2. Contoh Poster Anti Korupsi 2


Poster kedua ini mengajak kita semua untuk mendukung KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui, KPK merupakan sebuah lembaga negara yang berwenang untuk mencegah dan memberantas korupsi.

Namun apakah KPK bisa bekerja sendirian? Tentu saja tidak. Para anggota KPK memerlukan peran dari masyarakat untuk membantu KPK. Bila kamu menemukan adanya indikasi korupsi yang ada di lingkungan sekitar, bisa mengadu ke KPK melalui surat, datang langsung, telepon, faksimile, SMS, atau KPK Whistleblower's System (KWS).

3. Contoh Poster Anti Korupsi 3

Poster hari anti Korupsi

Setiap tanggal 9 Desember, kita selalu memperingati Hari Anti Korupsi. Hari dimana para aktivis, KPK, dan semua menyuarakan tentang pentingnya anti korupsi. Tentu saja tidak hanya bersuara saja, tapi memerlukan tindakan yang nyata dari seluruh rakyat Indonesia untuk sama-sama bersatu memerangi korupsi.

Dalam poster itu, juga terdapat gambar dua orang sedang berjabat tangan dan salah satunya menerima uang. Hal tersebut merupakan gambaran dari tindakan suap atau memberikan uang sogokan. Jelas, hal tersebut merupakan sesuatu yang terlarang dan menjadi salah satu dari tindakan korupsi. Jangan beri dan terima uang suap, menjadi salah satu pesan yang disampaikan melalui poster tersebut.

4. Contoh Poster Anti Korupsi 4


Dalam gambar poster tersebut, disebutkan bahwa orang-orang diajak untuk menangkap koruptor. Namun, itu hanya makna kiasan ya. Sebagai rakyat biasa kita tidak perlu menangkap dengan cara memborgolnya kok, tetapi melaporkan kepada pihak yang berwenang.

Mengapa ada poster seperti? Jika kita melihat fakta yang terjadi banyak sekali para koruptor yang bisa seenaknya keluar masuk penjara. Hidup bebas tanpa perlu memikirkan beratnya hidup di penjara. Biasanya mereka masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), sehingga siapapun yang mengetahui keberadaannya wajib melaporkan kepada pihak terkait.


Itulah beberapa contoh poster tema anti korupsi, semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan referensi dalam membuat sebuah poster. Jangan lupa bagikan konten ini bila dirasa bermanfaat ya.
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Gemar menulis dan bermimpi menjadi penulis profesional.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Post a Comment