mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
20+ Contoh Pepatah Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya

20+ Contoh Pepatah Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya

contoh pepatah dan artinya

Ayo Berbahasa kali ini akan memberikan bebrbebe contoh pepatah yang juga merupakan salah satu contoh dari peribahasa, bahasan materi kita sebelumnya. Selain itu juga, dari contoh tersebut kamu juga bakal mengetahui apa makna dari pepatah tersebut. Yuk, disimak pembahasannya berikut ini :

Apa Itu Pepatah?

Pepatah merupakan salah satu jenis peribahasa yang berisi tentang teguran, ajakan, petunjuk, ataupun peringatan dari orang tua. Selain itu, tujuan dari disampaikannya pepatah adalah untuk membungkam atau meredam lawan bicara. Adapun kata turunan dari pepatah adalah berpepatah yang artinya berbicara dengan menggunakan pepatah

Baca juga : materi teks laporan hasil observasi.

Beberapa Contoh Pepatah Bahasa Indonesia Lengkap + Artinya

Setelah anda mengetahui tentang definisi pepatah, kini saatnya saya akan membagikan beberapa contoh pepatah yang sudah dilengkapi dengan artinya masing-masing. Mari disimak di bawah ini

  1. Sayang akan garam sececah, kerbau seekor dibusukkan (karena takut akan kerugian yang sedikit, akhirnya memperoleh kerugian yang jauh lebih besar).
  2. Asam di gunung ikan di laut bertemu dalam satu belanga (baik laki-laki maupun perempuan kalau sudah berjodoh pasti akan bertemu juga).
  3. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan (niscaya selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha dan bersungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita).
  4. Ada aku dipandang hadap, tiada aku dipandang belakang (jika sedang berhadapan bermulut manis, tetapi bila dibelakang lain perkataannya (berkata buruk)).
  5. Ada uang abang sayang, tak ada uang abang melayang (bilamana seorang yang dicintainya mendapatkan rezeki maka akan dikasihi, dan dimanja sedangkan jika tidak ada rezeki malah dihiraukan).
  6. Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak lagi percaya (sekali saja mengkhianati kawan maka untuk berikutnya kamu tidak dipercayai lagi).
  7. Berjalan pelihara kaki, berkata pelihara lidah (ingat selalu dalam setiap berbuat sesuatu).
  8. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui (sekali melakukan pekerjaan, beberapa maksud langsung tercapai).
  9. Sehari selembar benang, lama-lama jadi kain (perbuatan sabar dan tak lekas putus asa, sedikit demi sedikit lama-lama berhasil jua).
  10. Sedia payung sebelum hujan (siap sedia sebelum terjadi sesuatu yang kurang baik).
  11. Cubit paha sendiri terlebih dahulu, baru mencubit paha orang lain (merasakan sendiri akibat yang akan ditimbulkan sebelum menyakiti orang lain).
  12. Sayang-sayang buah kepayang, dimakan mabuk dibuang sayang (sesuatu hal yang di dalam keadaan yang serba salah).
  13. Genggam bara api supaya menjadi arang (melakukan sesuatu dengan kesabaran agar mendapatkan hasil yang terbaik).
  14. Air pun ada pasang surutnya (kehidupan senantiasa kan selalu berubah).
  15. Baik mata di rantau orang, jangan sampai berbuat salah (ketika berada di perantauan, jagalah selalu sikap dan perilaku dengan sebaik mungkin).
  16. Kini tanggungkanlah badan, hati, dan mata punya ulah (diri sendiri yang harus mempertanggungjawabkan semua yang sudag diperbuat).
  17. Berbuat jahat jangan sekali, terbawa cemar semua ahli (jangan sekali-kali berbuat jahat, karena nama baik keluarga yang jadi taruhannya).
  18. Yang baik-baik dipegang mati, yang buruk-buruk dibuang jauh (sikap baik terus dilakukan, sikap buruk ditinggalkan).
  19. Dibalik balik, ditelungkup ditelentang (sebuah keputusan yang harus benar-benar dipertimbangkan dengan matang).
  20. Bangkai gajah, bolehkah ditudung nyiru? (kejahatan besar yang tidak mungkin dapat ditutup-tutupi).
  21. Berbaik-baik sesama umat, berpatut-patutlah sesama makhluk (setiap manusia janganlah saling menyombongkan diri, sebab dihadapan Tuhan semua sama).
  22. Batang kayu di hutan tak sama tinggi, sedangkan kayu di rimba bertinggi rendah (setiap orang punya nasib yang berbeda).
  23. Sepandai-pandainya membungkus, yang busuk akan tercium juga (perbuatan salah meskipun ditutup-tutupi lama-lama akan terbongkar juga).
  24. Bayang-bayang sepanjang badan (tepat benar sesuai kemampuannya).
  25. Seberat-berat badan, namun untung dilupakan jangan (seberat apapun cobaan yang dialami, janganlah cepat menyerah, karena selalu ada hikmah dibalik cobaan itu).
  26. Sungguhpun batang merdeka, ingat pucuk akan terhempas (janganlah kita terlena hanya karena kesenangan sesaat, tetapi kita juga harus waspada dengan bahaya yang bisa datang kapan saja).
  27. Belakang parang lagi jika diasah niscaya tajam (sebodoh-bodohnya orang, jika mau berusaha dan belajar bakal menjadi pandai).
  28. Seperti menegakkan benang basah (suatu hal atau pekerjaan yang mustahil bisa dikerjakan).
  29. Benih yang baik tak memilih tanah (orang yang memang memiliki sifat baik, akan tetap baik di manapun ia berada).
  30. Sehari selembar benang, lama-lama jadilah selembar kain (suatu pekerjaan yang dikerjakan dengan tekun dan sabar, akan mendapatkan hasil yang memuaskan).

Itulah sedikit penjelasan dan contoh pepatah dalam bahasa Indonesia. Apakah kamu punya contoh yang lainnya? Yuk sampaikan di kolom komentar di bawah ini. 
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

2 komentar

  1. Pepatah yg sering dipakai adalah.. Tak kenal maka tak sayang..

    BalasHapus
  2. Saya lebih sering memakai pepatah ini agar saya bisa meraih cita-cita saya.. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan (niscaya selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha dan bersungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita).

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif