mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Apa Itu Kata Turunan Dalam Bahasa Indonesia?

Apa Itu Kata Turunan Dalam Bahasa Indonesia?

Apa itu kata turunan

Apa itu kata turunan? Materi ini bakal membahas seputar salah satu jenis kata berdasarkan bentuknya, yaitu kata turunan. Termasuk jenis-jenis, contoh, dan juga cara penulisannya. Semua akan dijelaskan pada konten Ayo Berbahasa.

Kata merupakan satuan terkecil dalam kalimat. Dalam bahasa Indonesia, kata sangat sering ditemukan dan menjadi materi yang mesti dipahami dengan baik oleh kalian. Bagi kamu yang belum memahami apa itu kata, silakan baca terlebih dahulu materi tentang kata dasar sebelum lanjut membaca materi tentang kata turunan.

Pengertian Kata Turunan

Kata turunan adalah kata yang telah diberi imbuhan serta bisa mengalami perubahan makna. Biasanya pada kata turunan terdapat imbuhan berupa afiks, konfiks, sufiks, atau infiks. Sebagai contoh "siram" merupakan kata dasar, setelah mendapatkan imbuhan "me-" maka disebut menyiram. Jadi kata menyiram itulah yang disebut dengan kata turunan.

Cara Menulis Kata Turunan

Jadi, pada dasarnya kata turunan juga disebut kata berimbuhan. Alias keduanya merupakan hal yang sama. Dapat kita simpulkan, bahwa cara penulisan kata turunan sama dengan kata berimbuhan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Terkait cara penulisannya, sudah dijelaskan pada konten sebelumnya.

Contoh Kata Turunan

Sebagai penutup, berikut ini saya berikan beberapa contoh kata turunan dalam bahasa Indonesia yang ditulis sudah sesuai kaidah yang ada :

  1. Lukisan tersebut pasti mahal harganya.
  2. Tubuhnya gemetar saat berbicara di hadapannya.
  3. Jalan itu sedang dalam perbaikan sehingga tidak dapat dilalui.
  4. Seniman tersebut tampil memukau di atas panggung.
  5. Pada tahun 2017, Presiden Jokowi berfokus pada pembangunan infrastruktur.
  6. Dia menjadi narapidana kasus pencurian motor.
  7. Ada banyak kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa.
  8. Beliau telah berhasil menyelesaikan pendidikan pascasarjana.
  9. Indonesia adalah negara anti-PKI
  10. Tuhan yang Mahakuasa menentukan jalan hidup manusia.

Bagaimana sekarang sudah paham kan? Demikianlah sedikit pembahasan mengenai apa itu kata turunan dalam bahasa Indonesia dan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di materi selanjutnya. Terima kasih dan jangan lupa dibagikan ya!
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar