mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Pengertian dan Contoh Klausa Negatif [Lengkap]

Pengertian dan Contoh Klausa Negatif [Lengkap]

contoh klausa negatif

Selain dibedakan menurut unsur predikatnya, klausa juga dibagi menurut kata negatif pada predikatnya menjadi dua jenis. Adapun kedua macam itu adalah klausa negatif dan klausa positif.

Untuk materi kali ini, kita akan membahas tentang klausa negatif terlebih dahulu. Apa itu klausa negatif? Dan apa saja contoh-contohnya? Yuk, simak pembahasan selengkapnya pada konten berikut ini.

 

Apa Itu Klausa Negatif?

Klausa negatif merupakan klausa yang mengandung kata negatif. Kata negatif ini merupakan kata yang menunjukkan ketidakpastian dan biasanya ditandai dengan kata tidak, bukan, belum, bukan, jangan, dan sejenisnya.

Dalam struktur klausa, kata negatif ini berperan sebagai predikat yang letaknya berada setelah subjek.

 

Baca juga : contoh klausa nominal.

 

Contoh Klausa Negatif Bahasa Indonesia

Supaya kamu semakin paham mengenai materi ini, berikut saya berikan beberapa contoh klausa negatif dalam kalimat beserta keterangan subjek, predikat, dan kata negatifnya.

  1. Dia tidak dinas ke luar negeri karena sakit (dia tidak dinas = klausa negatif, dia = subjek, tidak = predikat dan kata negatif).
  2. Ayu belum tiba di rumah sakit (Ayu belum tiba = klausa negatif, Ayu = subjek, belum = predikat dan kata negatif).
  3. Dia belum makan sedari tadi (dia belum makan = klausa negatif, dia = subjek, belum = predikat dan kata negatif).
  4. Aku bukan pemilik dompet itu (aku bukan pemilik dompet = klausa negatif, aku = subjek, bukan = predikat dan kata negatif).
  5. Ayah tidak pergi ke kantor karena sakit (ayah tidak pergi = klausa negatif, ayah = subjek, tidak = predikat dan kata negatif).
  6. Ayah belum membayar tagihan listrik bulan ini (ayah belum membayar = klausa negatif, ayah = subjek, belum = predikat dan kata negatif).
  7. Anda jangan masuk terlebih dahulu ke ruangan ini (anda jangan masuk = klausa negatif, anda = subjek, jangan = predikat dan kata negatif).
  8. Ani tidak membeli bedak itu (Ani tidak membeli = klausa negatif, Ani = subjek, tidak = predikat dan kata negatif).
  9. Pak Burhan belum membayar utangnya kepada Pak Budi (Pak Burhan belum membayar = klausa negatif, Pak Burhan = subjek, belum = predikat dan kata negatif).
  10. Karyawan belum menerima gaji bulan ini (karyawan belum menerima = klausa negatif, karyawan = subjek, belum = predikat dan kata negatif).
  11. Kamu jangan mengganggu di yang sedang tertidur pulas! (kamu jangan mengganggu = klausa negatif, kamu = subjek, jangan = predikat dan kata negatif).
  12. Mobil tidak dipakai oleh paman (mobil tidak dipakai = klausa negatif, mobil = subjek, tidak = predikat dan kata negatif).
  13. Dia bukan berjualan roti bakar, melainkan berjualan ketoprak (dia bukan berjualan = klausa negatif, dia = subjek, bukan = predikat dan kata negatif).
  14. Dia tidak pergi ke rumah Anton, tetapi pergi ke rumah Roni (dia tidak pergi = klausa negatif, dia = subjek, tidak = predikat dan kata negatif).
  15. Kakak belum mengerjakan tugas kuliahnya yang harus dikumpulkan hari ini (kakak belum mengerjakan = klausa negatif, kakak = subjek, belum = predikat dan kata negatif).
  16. Pak Arifin tidak mengajar ke kampus hari ini (Pak Arifin tidak mengajar = klausa negatif, Pak Arifin = subjek, tidak = predikat dan kata negatif).
  17. Kalian jangan membuang sampah sembarangan! (kalian jangan membuang = klausa negatif, kalian = subjek, jangan = predikat dan kata negatif).
  18. Dia tidak mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya (dia tidak mengajar = klausa negatif, dia = subjek, tidak = predikat dan kata negatif).
  19. Budi batal bergabung dengan perusahaan saya (Budi batal bergabung = klausa negatif, Budi = subjek, batal = predikat dan kata negatif).

 

Baca juga : contoh klausa adjektiva.

 

Demikianlah materi tentang pengertian dan klausa negatif bahasa Indonesia. Selamat belajar dan jangan ragu bertanya di kolom komentar bila ada materi yang belum dipahami ya.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Seorang content writer

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar