RajaBackLink.com

Kata Sifat Bertaraf : Pengertian, Jenis, dan Contoh [Lengkap]

Kata sifat bertaraf

Kata sifat atau yang juga disebut sebagai adjektiva terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah menurut maknanya. Adjektiva berdasarkan maknanya terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu kata sifat bertaraf dan kata sifat tak bertaraf.

Tapi pada kesempatan kali ini, kita akan membahas adjektiva bertaraf terlebih dahulu. Untuk adjektiva tak bertaraf akan dibahas pada materi selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita belajar mengenai pengertian, macam-macam, dan contoh dari adjektiva bertaraf. Yuk, disimak!

 

Apa Itu Kata Sifat Bertaraf

Tahukah kamu tentang kata sifat yang satu ini? Kata sifat bertaraf merupakan kata sifat yang menunjukkan kualitas.

Selain itu, kata sifat yang satu ini juga memiliki tingkatan, urutan, atau ukuran. Sebagai contoh kata 'dekat' memiliki tingkatan dekat, cukup dekat, sangat dekat, dan dekat sekali.

Perbedaan tingkat kualitas pada adjektiva bertaraf dinyatakan dengan pewatas seperti sangat, benar, agak, makin, atau terlalu.

Selain itu juga, juga bisa dinyatakan dengan kata kurang, lebih, atau paling. Namun untuk jenis tertentu, kata tersebut tidak perlu ditambahkan.


Baca juga : apa itu kata sifat dasar?

 

Jenis Kata Sifat Bertaraf

Adjektiva bertaraf masih terbagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu adjektiva pemberi sifat, adjektiva ukuran, adjektiva warna, adjektiva serapan, adjektiva waktu, adjektiva jarak, dan adjektiva sikap. Apa perbedaannya?

 

Adjektiva Pemberi Sifat

Adjektiva pemberi sifat merupakan kata sifat yang menerangkan kualitas atau intensitas berdasarkan fisiknya. Misalnya yaitu nyaman, bersih, dan rapi.

 

Adjektiva Ukuran

Adjektiva ukuran adalah adjektiva yang menerangkan kualitas berdasarkan ukuran kuantitatif. Contohnya yaitu berat, panjang, dan tinggi.

 

Adjektiva Warna

Adjektiva warna yaitu kata sifat yang menerangkan tentang warna. Contohnya yaitu merah, biru, putih, ungu, hijau, kuning, abu-abu, dan beragam warna yang lainnya.

 

Adjektiva Serapan

Di dalam kata sifat bertaraf ada juga adjektiva serapan yang merupakan kata sifat penunjuk sesuatu yang dapat dirasakan dengan panca indera. Contohnya adalah gemerlap, suram, terang, sunyi, bising, harum, wangi, lembab, basah, manis, asin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Adjektiva Waktu

Kata sifat waktu adalah adjektiva yang menggambarkan masa atau periode pada peristiwa terjadi. Misalnya yaitu sebentar, lama, dan cepat, singkat, segera, jarang, sering, mendadak, dan lainnya.

 

Adjektiva Jarak

Adjektiva jarak adalah kata sifat yang menjelaskan ruang antara dua tempat atau benda. Contoh kata yang mengandung adjektiva jarak adalah jauh dan dekat.

 

Adjektiva Sikap

Dan jenis terakhir dari kata sifat bertaraf adalah adjektiva sifat. Adjektiva yang satu ini menerangkan emosi dan suasana hati seseorang. Contohnya yaitu marah, gelisah, sedih, bahagia, benci, berani, takut, rindu, risau, sayang, segan, yakin, kagum, dan lain sebagainya.


Baca juga : contoh frasa adjektiva.

 

Contoh Kata Sifat Bertaraf

Berikut ini beberapa contoh dari adjektiva bertaraf dalam bentuk kalimat :

  • Dia merasa sangat nyaman tinggal di rumah tersebut.
  • Pemandangannya sangat indah sekali.
  • Kamar Budi sangat rapi dan bersih.
  • Benda ini lebih berat daripada sebelumnya.
  • Kamu harus menyiapkan tali yang sangat panjang.
  • Budi tidak lolos seleksi karena tubuhnya terlalu tinggi.
  • Aku melihat dia memakai kaos berwarna hijau.
  • Aku menunggu kedatangannya begitu lama.
  • Rumah Pak Tri sangat jauh dari rumah sakit.
  • Kue ini begitu lembut saat digigit.
  • Pak Eko sangat marah dengan sikap istrinya.
  • Semua warga makin gelisah setelah mendengar informasi akan terjadi bencana banjir.
  • Anita sangat sedih mendengar kabar kematian ibunya.
  • Dia begitu sayang dengan keluarganya.
  • Rani sangat takut dengan anjing.
  • Alex merasa sangat risau dan tidak tenang.
  • Dia sangat kagum dengan penampilan temannya.

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan contoh kata sifat bertaraf bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards