mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
15+ Contoh Kalimat Informal dan Penjelasan [Lengkap]

15+ Contoh Kalimat Informal dan Penjelasan [Lengkap]

Contoh kalimat informal

Kalimat informal dapat dikatakan sebagai lawan dari kalimat formal. Kalimat ini berasal dari gabungan in yang artinya tidak dan formal sehingga jika digabungkan berarti kalimat yang tidak formal.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai pengertian dan juga contoh-contoh dari kalimat informal. Yuk, disimak!

 

Pengertian Kalimat Informal

Kalimat informal adalah kalimat yang penggunaannya cenderung santai. Tidak terlalu terpaku pada kaidah dan tata bahasa Indonesia, serta terkadang menggunakan bahasa gaul.

Kalimat ini banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari kepada teman sebaya atau seumuran. Selain itu, kerap juga dipakai dalam acara-acara yang tidak terlalu resmi.

Kalimat informal terkadang juga disebut sebagai kalimat non formal.


Baca juga : kalimat tidak efektif.

 

Contoh Kalimat Informal

Berikut ini berbagai contoh kalimat informal dalam bahasa Indonesia :

  1. Gimana kabarmu?
  2. Hai bro, lo udah divaksin belum?
  3. Siapa bilang ia anak bodoh?
  4. Bisakah saya bertanya sesuatu?
  5. Apakah kau punya ide?
  6. Kau punya waktu sebentar?
  7. Ada ide?
  8. Elu kemana aja sih? Kok jam segini baru pulang!
  9. Kamu nggak papa kan?
  10. Kok gue ngerasa lu itu aneh banget orangnya.
  11. Lo bilang apa?
  12. Kita ke taman yuk!
  13. Gimana, apa bisa semua selesai hari ini?
  14. Bro, jalan-jalan yuk. Bosen nih di rumah mulu.
  15. Kok gue deg degan ya dekat dia.
  16. Nggak bisa kurang kah harganya?
  17. Gimana kalau kita pergi ke pasar sekarang?
  18. Gue tahu kalau lu berbohong.
  19. Lo kenapa? Keliatannya sedih.
  20. Bro, mabar yuk!

 

Baca juga : contoh kalimat efektif.


Itulah dia beberapa contoh kalimat informal bahasa Indonesia. Ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, sebaiknya jangan gunakan kalimat ini ya.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar