RajaBackLink.com

10+ Contoh Kalimat Tidak Efektif + Penjelasannya [Lengkap]

Contoh kalimat tidak efektif

Kalau kalimat formal ada lawannya yaitu kalimat informal atau nonformal, kalimat efektif pun juga ada lawannya yaitu kalimat tidak efektif. Sesuai dengan namanya, kalimat tidak efektif merupakan kalimat yang tidak memenuhi syarat sebagai kalimat efektif.

Oh ya apakah kamu sudah mengetahui tentang kalimat efektif? Kalau belum kamu bisa belajar melalui tautan berikut ini √ Kalimat Efektif : Pengertian, Syarat, Prinsip, dan Contoh [Lengkap] - Ayo Berbahasa (ayo-berbahasa.id). Admin pernah membahasnya pada konten tersebut.

 

Contoh Kalimat Tidak Efektif

Nah berikut ini beberapa contoh kalimat tidak efektif dalam bahasa Indonesia beserta perbaikannya menjadi kalimat efektif.

  1. Suasana di rumah ini sangat sepi sekali. (Suasana di rumah ini sepi/suasana di rumah ini sangat sepi/suasana di rumah ini sepi sekali).
  2. Saya pemanasan dulu sebelum saya latihan sepak bola. (Saya pemanasan dulu sebelum latihan sepak bola).
  3. Ayah bekerja demi untuk menghidupi kebutuhan kami sekeluarga. (Ayah bekerja untuk menghidupi kebutuhan keluarga/ayah bekerja demi menghidupi kebutuhan keluarga).
  4. Andi membelikan pulsa adiknya. (Andi membelikan pulsa untuk adiknya).
  5. Setiap kali bertemu mereka saling pandang memandang. (Setiap kali bertemu, mereka saling berpandangan).
  6. Baik mahasiswa baru maupun mahasiwa lama semuanya dikenakan peraturan yang sama. (Seluruh mahasiswa dikenakan peraturan yang sama).
  7. Dalam rapat itu membahas bagaimana cara mengatasi kemiskinan. (Rapat itu membahas cara mengatasi kemiskinan).
  8. Ibu memasak dan menggoreng ikan di dapur. (Ibu menggoreng ikan di dapur).
  9. Dompetnya Bagas hilangnya di pasar. (Dompet Bagas hilang di pasar).
  10. Pak Edi dan Bu Retno amat sangat senang  mendengar kabar bahwasanya anaknya akan pulang dari luar negeri. (Pak Edi dan Bu Retno sangat senang mendengar kabar anaknya akan pulang dari luar negeri).
  11. Termometer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia. (Termometer merupakan alat untuk mengukur suhu tubuh manusia).
  12. Ibu mencuci baju-baju yang ia miliki. (Ibu mencuci bajunya).

 

Itulah dia berbagai contoh kalimat tidak efektif lengkap dengan penjelasannya. Misalnya kamu masih belum paham, jangan ragu bertanya lewat kolom komentar ya. Terima kasih.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards