mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Apa Itu Kameo? Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

Apa Itu Kameo? Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

Apa itu kameo

Kita pasti pernah melihat kemunculan tokoh kameo di film, drama korea, atau novel. Tapi tahukah kalian apa yang dimaksud dengan cameo itu sendiri?

Cameo sebenarnya merupakan singkatan dari cameo appearance atau kemunculan singkat seseorang dalam karya seni tertentu. Umumnya kemunculan seperti ini ditemukan dalam karya seni naratif seperti teater, film, dan karya tulis.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita pelajari bersama apa itu kameo dalam artikel berikut ini.

 

Pengertian Tokoh Kameo

pengertian kameo

Jika merujuk pada kamus Oxford English Dictionary, kata "Cameo" artinya kemunculan singkat dalam sebuah sketsa. Artinya siapapun tokoh yang muncul dalam sebuah pertunjukan seni, baik terkenal maupun tidak, dapat dikategorikan sebagai cameo.

Meskipun begitu, kata cameo saat ini dimaksudkan pada kemunculan tokoh terkenal atau ternama di dalam sebuah pertunjukan.

Kemunculan tokoh tersebut pun dalam rupa yang beragam. Ada yang tidak bicara sama sekali, ada yang hanya berdialog satu kalimat dengan salah satu tokoh protagonis pada cerita, dan lain-lain. Semua ini ditentukan oleh sutradara atau director dan penulis karya tersebut.

 

Fungsi Kameo dalam Cerita

fungsi kameo


Fungsi utama kameo tentunya sebagai penghibur di dalam cerita. Meskipun begitu, banyak penulis dan sutradara memanfaatkan tokoh tambahan ini dengan fungsi lain, seperti:

 

1. Pencair Suasana di Tengah Konflik

Pada peristiwa konflik tertentu, cameo bisa berperan sebagai pencair suasana. Hal ini bisa membuat ketegangan yang dirasakan oleh penonton atau pembaca mereda dan narasi cerita bisa berlanjut ke fase yang lebih pelan.

 

2. Sebagai Penjelasan tentang Dunia Dalam Cerita Tersebut

Kalian yang sering menonton film pahlawan super dari Marvel dan DC, para sutradara dari film tersebut memasukan kemunculan tokoh superhero dari film lain sebagai penjelasan bahwa mereka semua ada di satu dunia yang sama.

Contoh lain bisa kita lihat dalam film Ip Man. Dalam salah satu filmnya terdapat kemunculan Bruce Lee ketika masih anak-anak yang menjelaskan bahwa film tersebut berlangsung di lingkungan yang sama saat Bruce Lee masih kecil.

 

Contoh Kameo dalam Film dan Novel

Contoh cameo dalam film maupun novel pastinya ada banyak. Tapi kita akan sebutkan beberapa yang paling ikonik beserta fungsinya.

 

Stan Lee dalam Semua Film Marvel

Dalam semua film superhero Marvel, Stan Lee selalu muncul dengan porsi kecil di momen tertentu.

Fungsi dari kemunculannya adalah karena ia merupakan pencipta setiap tokoh pahlawan super dalam versi komiknya.

Bukan hanya itu, Stan Lee juga merupakan ikon dari dunia Marvel dan kemunculannya menjadi salah satu bagian yang ditunggu-tunggu oleh penonton.

 

Benjamin Franklin dalam Novel The Bastard

The Bastard merupakan novel dengan tema sejarah fiksi karya John Jakes.

Di dalam novelnya, ia menuliskan kemunculan beberapa tokoh terkenal dalam sejarah dunia. Salah satu contohnya adalah Benjamin Franklin, salah satu ilmuwan sekaligus pendiri Amerika Serikat.

Kemunculannya dalam novel The Bastard menjelaskan bahwa novel tersebut berlatar yang sama ketika Benjamin Franklin masih hidup. Meskipun begitu, kemunculannya sangat singkat sehingga tidak membuat pembaca berpindah fokus ke tokoh Benjamin Franklin atau berharap kemunculannya memberi dampak pada konflik utama dalam novel tersebut.

 

Dari penjelasan di atas, kita jadi mengerti bahwa kameo adalah kemunculan singkat dari tokoh tertenu dalam sebuah pertunjukan, seni, atau karya literasi. Dan kebanyakan tokoh ini adalah orang terkenal, bersejarah, atau punya kaitan langsung dengan karya tersebut.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar