RajaBackLink.com

Perbedaan Singkatan dan Akronim, Jangan Sampai Salah!

perbedaan singkatan dan akronim

Masih banyak siswa yang beranggapan jika singkatan dan akronim itu sama. Padahal keduanya berbeda, tidak bisa disamakan.

Pada kesempatan kali ini, admin akan menjelaskan apa yang menjadi perbedaan antara singkatan dan akronim. Mari baca konten ini sampai selesai ya.

Perbedaan Singkatan dan Akronim

Singkatan dan akronim itu berbeda, dari definisinya saja sudah berbeda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, singkatan adalah hasil menyingkat yang berupa huruf atau gabungan huruf. Sementara akronim adalah gabungan huruf, suku kata, atau bagian kata lainnya yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar.

Singkatan disebut juga sebagai kependekan dan biasanya digunakan untuk menyingkat nama orang, gelar, sapaan, jabatan, nama lembaga, satuan ukuran, hingga frasa. Singkatan cenderung di baca per huruf.

Sementara itu akronim digunakan untuk mengikat suku kata maupun huruf mati atau konsonan suatu nama ataupun frasa. Cara membacanya kata yang disebutkan mengandung makna yang sebenarnya.

Perbedaan lain antara singkatan dan akronim bisa diketahui dari cara penulisannya. Sebelumnya Ayo Berbahasa pernah membahas bagaimana penulisan singkatan dan akronim.

Demikian pembahasan singkat seputar perbedaan singkatan dan akronim yang harus diketahui. Lain kali, jangan sampai salah membedakannya lagi ya.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards