RajaBackLink.com

4 Makna Imbuhan Ke- Lengkap dengan Contohnya

makna imbuhan ke-

Setelah membahas tentang imbuhan ter-, kali ini kita akan belajar tentang makna imbuhan ke- beserta contohnya dalam kalimat bahasa Indonesia. Imbuhan ini tergolong awalan atau prefiks.

Sebab, imbuhan ini terletak sebelum kata dasar. Jadi saat sudah dalam bentuk kata terdiri dari awalan (prefiks) + kata dasarnya. Misalnya, keluar (ke- adalah prefiks dan luar merupakan kata dasarnya)

4 Makna Imbuhan Ke-

Imbuhan ini memiliki makna tertentu tergantung bagaimana bentuk kata yang mengikutinya. Berikut ini empat makna dari imbuhan ke- yang harus kamu ketahui:

1. Mengubah Kata Sifat Menjadi Kata Benda

Imbuhan ini dapat bermakna yang semula kata dasarnya merupakan kata sifat, setelah ditambahkan berubah menjadi kata benda. Contohnya yaitu ketua.

Kata "tua' merupakan kata sifat yang artinya sudah lama hidup atau lanjut usia. Sedangkan ketua merupakan kata benda karena menunjukkan seseorang yang sudah berusia tua.

2. Mengubah Kata Benda Menjadi Kata Kerja

Selain mengubah kata sifat menjadi kata benda, imbuhan ke- juga bisa bermakna mengubah kata benda menjadi kata kerja. Contohnya yaitu keluar.

Kata "luar" tergolong kata benda yang artinya bagian yang tidak ada di dalam. Tetapi, setelah mendapatkan awalan ke- dan berubah menjadi keluar maka termasuk ke dalam kata kerja. Artinya yaitu bergerak dari sebelah dalam ke sebelah luar.

3. Menerangkan Status, Kemauan, dan Tanda Tujuan

Makna imbuhan ke- selanjutnya yaitu menjelaskan status, kemauan, dan tanda tujuan. Biasanya dipadukan dengan kata tua, pada, luar, dan hendak.

Sementara itu, makna kemauan bisa terjadi jika prefiks ke- dipadukan dengan kata hendak.  Berikut ini contohnya.

  • Pak Bayu adalah ketua RW 02 di kampungku. (Prefiks ke- pada kata "ketua" menunjukkan status).
  • Atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa, aku diterima di sekolah yang kuimpikan. (Prefiks ke- pada kata "kehendak" menunjukkan kemauan).
  • Aku membeli bunga mawar segar yang akan segera kuberikan kepada Ibu. (Prefiks ke- pada kata "kepada" menunjukkan tanda tujuan).
  • Akhirnya Kakak keluar dari rumah sakit setelah tiga hari dirawat. (Prefiks ke- pada kata "keluar" menunjukkan tanda tujuan).

4. Menerangkan Tingkat atau Kumpulan

Makna lain dari imbuhan ke- adalah menunjukkan tingkat atau kumpulan. Imbuhan ini menunjukkan tingkat atau kumpulan apabila dipadukan dengan kata bilangan tentu atau bilangan tak tentu.

Berikut ini beberapa contoh imbuhan ke- yang menerangkan tingkat atau kumpulan:

  • Budi adalah anak kedua dari lima bersaudara.
  • Haliphron atlanticus disebut gurita terbesar kedua di dunia yang berat maksimalnya mencapai 74 kilogram.
  • Pancasila sila ketiga berbunyi "Persatuan Indonesia" memiliki simbol pohon beringin.

Demikian penjelasan mengenai makna imbuhan ke- lengkap dengan contoh-contohnya. Sekarang coba latihan memberikan contoh yang lainnya untuk meningkatkan pemahamanmu terhadap materi ini.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards