mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Cara Menentukan Ide Pokok pada Paragraf atau Bacaan

Cara Menentukan Ide Pokok pada Paragraf atau Bacaan

Cara menentukan ide pokok

Masih banyak dari para pelajar yang masih bingung bagaimana menentukan ide pokok dalam sebuah bacaan. Rata-rata, mereka langsung berfokus pada kalimat pertama dan langsung menentukan bahwa gagasan utama ada di kalimat awal. Padahal, pokok pikiran tak selalu berada di awal. Namun bisa di tengah ataupun diakhir. Lantas, bagaimana cara menemukan ide pokok dalam sebuah bacaan?

Cara Menentukan Ide Pokok

Pada dasarnya, ide pokok atau yang juga disebut sebagai gagasan utama merupakan sesuatu hal yang menjadi inti masalah atau inti pembahasan pada sebuah paragraf atau bacaan. Kamu bisa mencari dan menemukan ide pokok bacaan dengan mengikuti metode-metode berikut ini :

1. Baca Teks Secara Keseluruhan

Mustahil rasanya tanpa membaca teks kita bisa mengetahui apa inti atau hal yang disampaikan melalui bacaan tersebut. Tidak perlu terburu-buru, silakan baca kalimat per kalimat dengan baik agar kamu semakin paham dan pada akhirnya bisa menangkap inti dari bacaan tersebut.

2. Cari Kalimat Utama

Setelah kamu membaca keseluruhan teks yang ada. Kini saatnya kamu mencari kalimat utama yang terkandung di dalam bacaan tersebut. Ingat, kalimat utama berbeda dengan ide pokok. Jika ide pokok merupakan inti dari suatu bacaan, maka kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung atau berisi ide pokok atau gagasan utama.

Jadi dalam arti lain, di dalam kalimat utama pasti terkandung ide pokok yang menjadi hal utama yang dibicarakan pada teks tersebut. Jika kamu sudah bisa menemukan kalimat utama, maka secara otomatis menentukan pokok pikiran pasti tidak akan sulit.

3. Membuat Kesimpulan

Kesimpulan merupakan hasil dari suatu pembicaraan yang bisa jadi alternatif menentukan ide pokok apabila kamu tidak bisa menyimpulkan sendiri dari kalimat utama yang sudah ditemukan sebelumnya.

Baca juga : apa itu ide pokok?

Penerapan

Langsung saja, agar semakin paham kamu bisa membaca teks di bawah ini terlebih dahulu hingga selesai : 

Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa menyembuhkan penyakit mata, buah pepaya juga bagus untuk kesehatan jantung seseorang. Ini hanyalah sebagian kecil dari beragam manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi pepaya.

Dari bacaan di atas disinggung mengenai buah pepaya. Tetapi tentu saja kurang tepat jika dianggap "buah pepaya" adalah ide pokok dari bacaan tersebut. Karena maknanya yang terlalu luas. Tetapi gagasan pokok pada teks di atas bisa dilihat dari kalimat utama yang didukung kalimat-kalimat penjelas berikutnya yaitu "Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh" (kalimat pertama). Dari kalimat utama tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa bacaan di atas mengandung pokok pikiran "manfaat buah pepaya bagi kesehatan".

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Asal kamu benar-benar membaca secara keseluruhan dan bisa menemukan kalimat utama maka mendapatkan ide pokokp bukanlah hal yang sulit dilakukan. Sekian dulu materi tentang cara menentukan ide pokok, sampai jumpa di materi-materi bahasa Indonesia selanjutnya ya. Terima kasih.
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Gemar menulis dan bermimpi menjadi penulis profesional.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Post a Comment