mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
20 Contoh Istilah dan Jenis-jenisnya [Lengkap]

20 Contoh Istilah dan Jenis-jenisnya [Lengkap]

contoh istilah

Tentu saja kamu pernah mendengar kata 'istilah' bukan? Di buku apapun itu, tak hanya di buku bahasa Indonesia saja, kata ini sering muncul.

Pengertian istilah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kata atau gabungan kata yang mengungkapkan konsep, proses, keadaan, atau sifat khas dari bidang tertentu. Fungsi utama dari istilah adalah untuk menyampaikan informasi sekaligus menambah wawasan bagi pembacanya

 

Jenis-Jenis Istilah

Secara garis besar, istilah terbagi menjadi dua jenis yaitu istilah umum dan istilah khusus. Perbedaan paling mencolok dari kedua jenis istilah ini adalah tingkat kepopulerannya.

Apa perbedaan antara istilah umum dan istilah khusus? Langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini :

 

Istilah Umum

Istilah umum adalah istilah yang sudah dikenali oleh banyak orang. Siapapun itu, apapun tingkat pendidikannya pasti mengetahui makna dari istilah ini.

Kalaupun ada yang tidak paham dengan arti dari istilah umum ini, jumlahnya sangat sedikit.

 

Istilah Khusus

Sementara itu, istilah khusus diartikan sebagai kata yang penggunaannya terbatas pada bidang-bidang tertentu saja. Misalnya pada bidang kedokteran, teknologi, budaya, atau yang lainnya.

Berbeda dengan istilah umum, tidak semua orang tau makna dari istilah umum. Maka dari itu, kebanyakan orang mencari tau terlebih dahulu untuk mengetahui jawabannya.

Biasanya, jawaban tersebut bisa ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia atau buku pengetahuan lainnya.


Baca juga : jenis-jenis kata. 

 

Contoh Istilah dalam Kalimat

Berikut ini berbagai contoh istilah, baik itu istilah umum maupun istilah khusus dalam kalimat :

 

Contoh Istilah Umum

  1. Meski anak seorang pejabat, dia tidak tertarik sama sekali masuk ke dunia politik. (Politik : pengetahuan mengenai kenegaraan atau ketatanegaraan).
  2. Sejumlah tahanan mendapatkan remisi di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. (Tahanan : orang yang ditahan karena dituduh tindak kejahatan).
  3. Ibnu belaja musik secara autodidak. (Autodidak : orang yang mendapatkan keahlian dengan belajar sendiri).
  4. Indonesia tengah mengalami krisis keuangan. (Keuangan : seluk beluk uang).
  5. Perusahaan itu terancam bangkrut karena kalah bersaing dengan perusahaan lainnya. (Perusahaan : organisasi berbadan hukum yang mengadakan transaksi atau usaha).
  6. Pak Anton adalah seorang kolektor barang-barang antik. (Antik : kuno, tapi tetap bernilai).
  7. Setiap manusia pasti memiliki kecerdasan intelektual, emosional, maupun spiritual. (Kecerdasan : perihal cerdas).
  8. Seharusnya anggota DPR mendengarkan aspirasi rakyat. (Aspirasi : harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang).
  9. Pejabat yang korupsi seharusnya dihukum penjara seumur hidup. (Korupsi : penyalahgunaan uang negara untuk keuntungan pribadi atau orang lain).
  10. Pemimpin yang diktator tidak disukai rakyat. (Diktator : kepala pemerintahan yang memiliki kekuasaan mutlak dan memperolehnya dengan cara yang tidak demokratis).

 

Contoh Istilah Khusus

  1. 1,5 juta dosis vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia. (Vaksin : bibit penyakit yang sudah dilemahkan dan digunakan untuk vaksinasi).
  2. Penelitian itu harus dilakukan secara empiris. (Empiris : berdasarkan pengalaman baik itu penemuan, percobaan, atau pengamatan yang pernah dilakukan).
  3. Francis Bocon merupakan tokoh pencetus teori empirisme. (Empirisme : teori yang mengatakan bahwa semua pengetahuan didapat dengan pengalaman).
  4. Secara sintaksis, struktur kalimat itu belum tepat. (Sintaksis : ilmu tata kalimat, cabang linguistik tentang susunan kalimat).
  5. Seorang komunikator harus bisa menyampaikan pesan secara baik, benar, dan jelas. (Komunikator : orang atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan kepada komunikan).
  6. Dilhat dari sudut pandang semiotika, gambar pada poster itu mempunyai sejumlah pesan tersirat di dalamnya. (Semiotika : ilmu tentang lambang atau tanda).
  7. Mata kuliah hari ini akan membahas tentang epistemologi. (Epistemologi : cabang ilmu filsafat tentang dasar-dasar dan batas-batas pengetahuan).
  8. Daerah itu merupakan daerah surplus tanaman kopi. (Surplus : jumlah yang melebihi hasil biasanya).
  9. Daerah tersebut merupakan penghasil palawija. (Palawija : tanaman selain padi yang biasa di tanam di sawah atau ladang).
  10. Hari ini kita akan belajar tentang demografi Indonesia. (Demografi : ilmu tenntang susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk).

 

Itulah dia berbagai contoh istilah, jenis-jenis dan lengkap dengan penjelasannya. Kalau kamu punya contoh lain, boleh kok disampaikan di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bisa meningkatkan wawasanmu ya.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar