RajaBackLink.com

15 Contoh Kalimat Sanggahan dan Penjelasan [Lengkap]

contoh kalimat sanggahan

Bukan hanya kalimat persetujuan atau kalimat penolakan saja, saat menyampaikan sebuah pendapat seseorang bisa saja memberikan sanggahan. Pada dasarnya kalimat sanggahan adalah kalimat penolakan, hanya saja yang membedakan adalah kalimatnya lebih halus dan sopan karena pengucapan tidak hanya menolak tetapi juga memberikan saran.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang pengertian dan contoh kalimat sanggahan. Mari simak pembahasan selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Apa Itu Kalimat Sanggahan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sanggahan artinya bantahan atau pendapat lain atas suatu pendapat. Kata sanggahan berasal dari kata sanggah.

Jadi bisa diartikan, kalimat sanggahan adalah kalimat yang berisi bantahan atau penolakan tentang suatu pendapat namun diikuti dengan pendapat lain sebagai bentuk saran atau masukan.

Berbeda dengan kalimat penolakan, kalimat sanggahan lebih bisa diterima karena disampaikan dalam bahasa yang lebih sopan dan disertai dengan argumentasi tambahan dan alasan yang masuk akal.

Apakah kalian punya definisi sendiri tentang kalimat ini? Boleh kok kalau mau menyampaikan di kolom komentar.

 

Ciri-Ciri Kalimat Sanggahan

Kalimat sanggahan memiliki beberapa ciri dan karakteristik yang membedakannya dengan kalimat lainnya. Apa sajakah itu?

  • Menghilangkan konotasi kasar.
  • Pengucapannya terasa lebih sopan dan halus sehingga tidak menyakitkan lawan bicara.
  • Digunakan saat diskusi atau musyawarah.
  • Menggunakan kata-kata “tetapi”, “akan tetapi”, “namun”, dan kata sambung pertentangan yang lainnya.
  • Disertai argumen tambahan atau alasan.

 

Contoh Kalimat Sanggahan

Berikut ini berbagai contoh kalimat sanggahan dalam bahasa Indonesia :

  1. Sebenarnya saya suka dengan warna hijau ini, akan tetapi lebih baik pilih yang hijau muda saja jangan hijau tua.
  2. Saya kurang setuju dengan program bagi-bagi sembako, alangkah lebih baik jika menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya.
  3. Saya sangat setuju dengan Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun saya kurang setuju dengan larangan beribadah di masjid atau tempat ibadah lainnya.
  4. Saya setuju rencana study tour ke pulau Bali, tetapi sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu dekat karena kasus konfirmasi positif Corona di sana masih terlalu tinggi.
  5. Menurut kami, alasan yang dikemukakan saudara Bagus sangat memukau. Namun ada beberapa aspek penilaian yang tidak diikutsertakan di dalamnya.
  6. Saya sangat sependapat dengan ayah. Namun saya tidak setuju dengan sikap ayah yang otoriter terhadap semua anggota keluarga.
  7. Sebenarnya saya setuju dengan aksi para warga untuk protes kepada para supir truk yang melewati jalan ini. Akan tetapi aksi itu seharusnya tidak anarkis dan malah merugikan warga yang lainnya.
  8. Jaketnya memang bagus, tetapi kurang cocok digunakan karena ukurannya terlalu kecil untuk tubuhnya
  9. Penjelasannya memang sudah jelas, tetapi saya malah menjadi bingung siapa yang benar dan siapa yang salah dalam masalah ini.
  10. Tanaman itu memang sedang mahal harganya, namun bukan berarti kita hanya menanam tanaman itu, sebab banyak tanaman lain yang harganya mahal dan manfaatnya banyak.
  11. Saya setuju jika kita memberi Nia kado ulang tahun berupa tas, namun kita juga harus mempertimbangkan barang lain yang lebih dibutuhkan Nia, seperti baju, dompet, kosmetik, dan lain sebagainya.
  12. Sebenarnya saya setuju dengan pemilihan warna sofa ini. Akan tetapi, lebih baik jika dibicarakan dahulu dengan anggota keluarga yang lain.
  13. Saya setuju kalau ruangan ini dicat warna merah, tapi coba tanyakan juga pendapat ayah dan ibu, Jangan asal mengambil keputusan.
  14. Saya setuju dengan rencana penebangan pohon, asalkan pohon yang ditebang usianya sudah sangat tua bukan pohon yang masih subur.
  15. Ibu memang sudah sembuh dan diperbolehkan pulang, tapi kami khawatir kalau tiba-tiba penyakitnya kambuh saat di rumah nanti.

 

Itulah dia berbagai contoh kalimat sanggahan lengkap dengan pengertian dan ciri-cirinya. Semoga materi ini bermanfaat buat kalian dan selamat belajar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards