RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Makna Ameliorasi [Lengkap]

contoh makna ameliorasi

Ameliorasi merupakan salah satu jenis dari perubahan makna. Menurut ilmu tata bahasa, perubahan makna bisa berupa pergeseran makna, pengembangan makna atau penyimpangan dari makna tersebut.

Nah apa sih yang dimaksud dengan makna Ameliorasi dan apa saja contoh-contohnya? Yuk, simak jawaban selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Apa Itu Makna Ameliorasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ameliorasi diartikan sebagai peningkatan nilai makna dari makna yang biasa atau buruk menjadi makna yang baik. Jadi, makna ameliorasi bisa diartikan sebagai makna yang meningkatkan makna yang sebelumnya buruk atau biasa menjadi makna yang lebih baik.

Kamu juga bisa mengartikan makna ameliorasi sebagai perubahan makna suatu kata yang membuat kata tersebut menjadi lebih sopan, lebih halus, dan lebih sopan dari kata yang digunakan sebelumnya. Walaupun sebenarnya yang terkandung adalah kata negatif, namun tidak terlalu menyakiti orang yang menerima ucapan tersebut.

Makna ameliorasi ini mirip seperti makna piktoral yang merupakan salah satu jenis makna reflektif.


Baca juga : apa itu makna sinestesia?

 

Contoh Makna Ameliorasi

Kurang lebih seperti ini contoh dari makna ameliorasi dalam kalimat bahasa Indonesia :

 

Kasihan sekali, sejak kecil ia sudah tuna rungu.

Makna ameliorasi dalam kalimat diatas adalah tuna rungu. Kata tersebut dipakai untuk menggantikan kata tuli yang terkesan kasar ketika diucapkan.

 

Nenek menjadi seorang tuna netra sejak umur 55 tahun.

Makna ameliorasi dalam kalimat diatas adalah tuna netra. Tuna netra merupakan sinonim dari buta yang jika diucapkan terdengar lebih sopan.

 

Pak Santoso sangat beruntung memiliki istri yang sangat setia seperti Bu Halimah.

Di sebagian daerah kata bini dianggap sebagai kata yang kurang pantas diucapkan. Jadi, lebih baik diganti menjadi istri yang lebih umum digunakan.

 

Banyak narapida yang kabur dari Lembaga Permasyarakatan.

Lembaga Permasyarakan merupakan makna ameliorasi karena hasil perubahan makna dari kata penjara. Menurut peraturan perundangan-undangan terbaru, memang sudah menggunakan kata Lembaga Permasyarakatan bukan lagi penjara.

 

Bi Surti bekerja sebagai asisten rumah tangga di rumah Pak Handoko.

Makna ameliorasi pada kalimat di atas adalah asisten rumah tangga sebagai hasil perubahan makna dari kata pembantu. Istilah asisten rumah tangga terlihat lebih keren dan sopan dibandingkan dengan pembnatu.

 

Joko Widodo merupakan mantan gubernur DKI Jakarta.

Kata mantan dipakai untuk menggantikan kata bekas yang kurang enak didengar. Terlebih lagi, kata bekas lebih mengarah ke sesuatu hal yang kurang berguna.

 

Dia memutuskan melahirkan dengan cara operasi sesar.

Melahirkan adalah makna ameliorasi untuk menggantikan kata beranak yang dinilai kurang sopan terutama bagi masyarakat perkotaan.


Baca juga : contoh makna peyorasi.

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan contoh makna ameliorasi dalam kalimat bahasa Indonesia. Kalau ada materi yang kurang dipahami, tanyakan saja lewat kolom komentar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards