RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Hipernim [Lengkap]

contoh hipernim

Sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai contoh-contoh dari hiponim. Pada materi kali ini, kita akan membahas contoh hipernim beserta penjelasannya.

Sebagaimana yang kita ketahui, hipernim dan hiponim merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pada kalimat hipernim, pasti ada hiponim begitu juga sebaliknya.

Apa Itu Hipernim?

Sebelum langsung membahas contoh hipernim, kamu harus tau terlebih dahulu pengertian hipernim. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hipernim adalah kata yang memiliki makna lebih luas dan meliputi makna dari beberapa kata yang lebih khusus.

Hipernim merupakan lawan dari hiponim dan juga bisa kamu temukan pada kalimat klasifikasi. Hipernim juga disebut sebagai kata umum. Apabila sebuah kata masih bisa diklasifikasikan lagi menjadi beberapa jenis, maka kata tersebut bisa disebut sebagai hipernim.

Contohnya : Buah adalah hipernim dari apel, mangga, semangka, melon, pepaya, salak.

 

Contoh Hipernim Dalam Kalimat

Berikut ini berbagai contoh kalimat yang mengandung hipernim di dalamnya :

  1. Ada 9 planet di sistem tata surya yaitu merkurius, venus, mars, bumi, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. (Planet adalah hipernim dari merkurius, venus, mars, bumi, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus).
  2. Mata pelajaran IPA terdiri atas biologi, fisika, dan kimia. (IPA adalah hipernim dari biologi, fisika, dan kimia).
  3. Bu Aisyah menjual sembako di pasar yaitu beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, bawang merah, daging sapi, daging ayam, dan telur. (Sembako adalah hipernim dari beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, bawang merah, daging sapi, daging ayam, dan telur).
  4. Taman ini penuh dengan aneka macam pohon, antara lain yaitu pohon beringin, pohon mangga, pohon cemara, dan pohon akasia. (Pohon adalah hipernim dari pohon beringin, pohon mangga, pohon cemara, dan pohon akasia).
  5. Dzaki adalah seorang pendaki yang telah mendaki berbagai gunung di Indonesia antara lain gunung Merapi, gunung Slamet, gunung, Merbabu, dan gunung Sindoro. (Gunung adalah hipernim dari gunung Merapi, gunung Slamet, gunung, Merbabu, dan gunung Sindoro).
  6. Tika sedang belajar berbagai jenis puisi seperti puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer. (Puisi adalah hipernim dari puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer).
  7. Di dapur ada beberapa peralatan masak yaitu panci, wajan, dan teflon. (Peralatan masak adalah hipernim dari panci, wajan, dan teflon).
  8. Ada berbagai macam hantu yang terkenal di Indonesia yaitu pocong, kuntilanak, genderuwo, kantong wewe, dan suster ngesot. (Hantu adalah hipernim dari pocong, kuntilanak, genderuwo, kantong wewe, dan suster ngesot).
  9. Jalanan macet karena banyak kendaraan seperti mobil, sepeda motor, truk, dan bajaj berlalu lalang. (Kendaraan adalah hipernim dari mobil, sepeda motor, truk, dan bajaj).
  10. Di Rumahku ada banyak hewan peliharaan seperti kucing, ayam, kelinci, burung, dan kambing. (Hewan peliharaan adalah hipernim dari kucing, ayam, kelinci, burung, dan kambing).
  11. Beberapa jenis kalimat dalam bahasa Indonesia antara lain yaitu kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat ajakan, kalimat ambigu, dan kalimat dasar. (Kalimat adalah hipernim dari kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat ajakan, kalimat ambigu, dan kalimat dasar).
  12. Beberapa jenis majas dalam puisi yaitu majas pleonasme, majas ironi, majas hiperbola, dan majas personifikasi. (Majas adalah hipernim dari majas pleonasme, majas ironi, majas hiperbola, danmajas personifikasi).
  13. Ajang PON 2020 mempertandingkan berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, voli, basket, tenis, badminton, tenis meja, dan sepak takraw. (Olahraga merupakan hipernim dari sepak bola, voli, basket, tenis, badminton, tenis meja, dan sepak takraw).

 

Demikian pembahasan lengkap mengenai pengertian dan contoh hipernim dalam kalimat bahasa Inonesia. Kalau masih bingung, silakan tanyakan saja lewat kolom komentar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards