mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Pengertian dan Contoh Hiponim [Lengkap]

Pengertian dan Contoh Hiponim [Lengkap]

contoh hiponim

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang hiponim. Hiponim sendiri merupakan salah satu jenis makna kata dalam bahasa Indonesia dan kerap ditemukan pada kalimat klasifikasi

Nah apa yang dimaksud dengan hiponim dan apa saja contoh-contohnya, mari simak pembahasan selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Pengertian Hiponim

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hiponim adalah kata yang memiliki makna lebih sempit dan terliput dalam makna dari satu kata yang lebih umum. Lawan dari hiponim adalah hipernim yang merupakan kata yang maknanya jauh lebih luas daripada hiponim.

Kata hiponim sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu hupó, yang artinya "di bawah" dan ónoma, yang artinya adalah "nama". Kata hiponim sering juga disebut sebagai kata khusus, anak kata, kata turunan.

Atau bisa dikatakan, hiponim ini merupakan subkategori, sedangkan hipernim adalah kategorinya. Mari simak contoh di bawah ini

HipernimHiponim
Hewankucing, anjing, kambing, domba
Buahmangga, apel, jeruk, nangka
Sayuranbayam, kangkung, sawi, selada

Berdasarkan tabel di atas, kucing, anjing, kambing, dan domba merupakan hiponim dari hipernim hewan.

 

Contoh Hiponim dalam Kalimat

Terakhir, berikut ini saya berikan beberapa contoh hiponim dalam kalimat bahasa Indonesia :

  • Putri menyukai wangi-wangian bunga seperti melatimawarkenanga, anggrek, kamboja, dan sedap malam. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari bunga).
  • Ibu sudah membuat berbagai jenis bolu seperti bolu caramelbolu lapis malangbolu pelangi dan bolu kukus. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari bolu).
  • Toko kami menyediakan berbagai jenis pupuk yaitu pupuk fosforus, pupuk nitrogen dan pupuk kalium. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari pupuk)
  • Jojo memelihara kucing persiarussian blueanggora dan savannah di rumahnya. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kucing).
  • Pada tahun 2022, Atta akan mengunjungi beberapa negara yaitu SingapuraMalaysiaCina dan Korea. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari negara).
  • Lima gunung tertinggi di Indonesia yaitu puncak jayapuncak mandalapuncak trikorangga pilimsit dan kerinci. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari gunung).
  • Di kebun binatang itu ada berbagai jenis hewan seperti harimau, rusa, kijang, singa, dan anoa. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari hewan).
  • Otot-otot pada tubuh manusia terdiri atas otot lurikotot polos dan otot jantung. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari otot).
  • Manusia memiliki lima panca indera yaitu mata, telinga, hidung, lidah dan kulit. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari panca indera).
  • Aku sangat menyukai buah jeruk, mangga, salak, apel, pir, manggis, semangka, dan durian. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari buah).
  • Dari semua merek handphone yang ada seperti samsung, realme, xiaomi, oppo, dan vivo, aku lebih menyukai samsung. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari handphone).
  • Semua jenis kendaraan mulai dari sepeda, motor, becak, bajaj, mobil, truk hingga bus ada di Jakarta. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kendaraan).
  • Ibu menjual berbagai jenis kue di pasar seperti kue pukis, bika ambon, cucur, risoles, bolu, apem, dan sus. (kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari kue).
  • Dari sekian banyak sepatu olahraga yang aku miliki, sepatu yang paling sering aku pakai yaitu nike, filaadidas dan eagle.(kata yang bergaris miring merupakan hiponim dari sepatu olahraga).

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan contoh hiponim dalam kalimat bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar

close