RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Kata Sambutan Berbagai Acara [Lengkap]

contoh kata sambutan

Tentu saja kamu pernah mendengar sambutan bukan? Biasanya sambutan diberikan seseorang yang memiliki posisi penting pada sebuah acara, baik itu acara resmi maupun tidak resmi.

Biasanya orang-orang yang memberikan sambutan pada sebuah acara itu seperti ketua panitia, ketua organisasi, pejabat pemerintah, atau orang-orang yang dianggap memiliki pengaruh. Pada umumnya, sambutan diucapkan sebelum memasuki inti acara.

 

Apa Itu Sambutan?

apa itu sambutan


Sebelum aku memberikan beberapa contoh kata sambutan, ada baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya arti sambutan itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sambutan adalah pidato dan sebagainya yang diucapkan dalam suatu acara perayaan, pesta, dan sebagainya.

Selain itu, kata sambutan juga bisa diartikan sebagai ucapan lisan yang disampaikan dengan tujuan tertentu yang biasanya digunakan dalam pembukaan pidato di sebuah acara.

Sebaiknya sambutan disampaikan secara singkat, jelas, dan padat. Karena pada umumnya, pendengar kurang suka dengan sambutan yang terlalu panjang.

 

Ciri Kata Sambutan

Kata sambutan memiliki beberapa ciri, yaitu:

  • Kata sambutan selalu dilakukan pada awal sebuah acara
  • Isi kata sambutan tentang pembukaan acara
  • Sambutan selalu dibacakan dalam acara formal
  • Isi dari sambutan umumnya berupa nasihat, wejangan, atau harapan kepada para pendengar

 

Tujuan Kata Sambutan

tujuan kata sambutan


Ada beberapa tujuan yang ingin disampaikan dalam kata sambutan, antara lain yaitu :

  • Memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu hal.
  • Mengarahkan pendengar supaya mengikuti arahan dari pemberi sambutan.
  • Memberi pemahaman dan pengetahuan tentang suatu informasi.
  • Menghibur penggemar supaya tertarik dengan acara selanjutnya.
  • Mendorong agar kegiatan benar-benar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

 

Macam-Macam Kata Sambutan

Sambutan masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Apa saja itu?

 

Kata Sambutan Pembukaan

Kata sambutan pembukaan merupakan kata sambutan yang diucapkan atau dibacakan oleh MC atau pembawa acara untuk membuka acara tertentu. Sambutan seperti ini biasanya ada di awal-awal acara dan menjadi urutan pertama.

 

Kata Sambutan Pengarahan

Kata sambutan yang satu ini bertujuan untuk mengarahkan hadirin supaya mengikuti dengan baik acara yang sedang diselenggarakan.

 

Kata Sambutan Peresmian

Sambutan peresmian adalah sambutan yang dibacakan atau diucapkan pada acara peresmian-peresmian tertentu. Contohnya adalah sambutan yang diberikan Presiden Joko Widodo pada saat meresmikan pembangunan infrastruktur.

 

Kata Sambutan Pertanggungjawaban

Kata sambutan pertanggungjawaban adalah kata sambutan yang digunakan untuk membuka atau menggiring suatu laporan pertanggungjawaban dalam sebuah acara atau kegiatan.

 

Contoh Kata Sambutan Singkat Berbagai Acara

Bagi kamu yang saat ini akan ditunjukkan memberikan sambutan di sebuah acara, namun masih bingung akan mengucapkan kalimat apa, tidak perlu bingung.

Sebab kata sambutan hanya terdiri dari 5 struktur utama, yaitu:

  • Salam pembuka
  • Pendahuluan
  • Isi
  • Penutup
  • Salam penutup

Nah, Admin juga memiliki beberapa contoh kata sambutan singkat yang bisa kamu gunakan ketika membawakan sebuah acara formal di sekolah, kantor, atau acara masyarakat.

 

Contoh Kata Sambutan Acara Masyarakat

Assalamu'alaikum Warahmatullah wabarokatuh.

 

Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas nikmatnya kita dapat berkumpul bersama pada kesempatan kali ini dalam rangka acara rapat pemilihan ketua RT 01 dan RW 05 yang baru.

 

Solawat serta salam kita haturkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.

 

Yang saya hormati, Bapak/Ibu RT 01

 

Yang saya hormati, Bapak/Ibu RW 05

 

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala Desa Panglipuran

 

Serta yang saya hormati, masyarakat Desa Panglipuran yang sudah menyempatkan hadir dalam acara ini.

 

Hadirin yang saya hormati, rasa terima kasih saya ucapkan kepada para panitia acara serta pengurus dan perangkat desa yang telah membantu menyelenggarakan acara pemilihan ketua RT dan RW ini.  Rasa terima kasih juga saya sampaikan kepada Bapak/Ibu RT dan RW atas pengabdiannya selama tahun-tahun belakangan ini.

 

Hadirin yang berbahagia, semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat terpilih pemimpin yang amanah sesuai keinginan masyarakat. Pemimpin yang mau mendengarkan suara masyarakatnya, dan bisa membawa Desa Panglipuran RT 01 RW 05 ke arah yang lebih baik.

 

Terakhir, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua hadiri yang sudah menyempatkan untuk hadir dalam acara ini.

 

Demikian sambutan singkat dari saja. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan.

 

Wassalamu'alaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

 

Contoh Kata Sambutan Acara Sekolah

Assalamu'alaikum Warahmatullah wabarokatuh.

 

Alhumdillah saya ucapkan atas rasa syukur kepada Allah SWT yang telah mengizinkan kita semua bertemu dalam acara kelulusan SMA 1 Bandung angkatan 2024/2025 dalam keadaan sehat walafiat.

 

Yang terhormat, Bapak/Ibu guru dan kepala sekolah SMA 1 Bandung yang sudah susah payah mengajar kami dan memberi segudang ilmu untuk kehidupan kami.

 

Yang terhormat, Bapak/Ibu  staff, tata usaha, dan operasional yang sudah membantu kegiatan belajar mengajar SMA 1 Bandung selalu berjalan dengan lancar.

 

Serta yang saya cintai dan banggakan, teman-teman angkatan 2024/2025 yang sudah berjuang bersama selama 3 tahun dalam menuntut ilmu di sekolah kecintaan kita semua.

 

Pada siang hari ini, saya sebagai ketua OSIS SMA 1 Bandung ingin menyampaikan rasa terima kasih untuk semua pengurus acara yang sudah menyiapkan semua kebutuhan agar acara kelulusan hari ini bisa berjalan sesuai yang direncanakan.

 

Rasa terima kasih sedalam-dalamnya juga ingin saya sampaikan kepada Bapak/Ibu guru atas jasanya selama 3 tahun ini yang tidak akan pernah kita semua lupakan.

 

Dan rasa bangga serta haru ingin saya sampaikan kepada teman-teman angkatan 2024/2025, yang sudah berjuang bersama, setiap hari, agar bisa lulus dengan hasil yang maksimal.

 

SMA 1 Bandung telah memberikan banyak pelajaran, kenangan, dan pengalaman dalam hidup kita semua. Semoga di masa depan nanti, semua pengalaman tersebut akan terus kita kenang, semua pelajaran bisa terus kita gunakan, dan semua nasehat bisa terus kita amalkan.

 

Selamat saya ucapkan kepada teman-teman angkatan 2024/2025. Sebentar lagi kita akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ujian-ujian yang lebih berat, dan realita yang menunggu di depan mata. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk terus melanjutkan kehidupan dan menjadi masyarakat yang berguna untuk nusa dan bangsa.

 

Terakhir, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang sudah membantu menyelenggarakan acara kelulusan ini.

 

Demikian sambutan dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan-kesalahan kata.

 

Wassalamu'alaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

 

Contoh Kata Sambutan Acara Kantor

Assalamu'alaikum Warahmatullah wabarokatuh.

 

Yang saya hormati, kepala direktur PT. Guna Wisata Indonesia

 

Yang saya hormati, jajaran manajerial PT. Guna Wisata Indonesia

 

Dan yang saya banggakan, rekan-rekan kerja sekalian.

 

Pada kesempatan kali ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmatnya kita bisa berkumpul dalam acara peresmiaan kantor cabang baru hari ini.

 

Terima kasih atas dukungan dan usaha rekan-rekan kerja sekalian. Karena tanpanya, kita tidak dapat merealisasikan impian bersama dalam membangun kantor baru di lokasi ini. Tidak lupa, rasa terima kasih juga saya haturkan kepada semua tim yang sudah mengatur jalannya acara.

 

Diharapkan dengan adanya kantor cabang yang baru, PT. Guna Wisata Indonesia bisa melayani kebutuhan masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas, serta mensejahterakan semua yang menjadi bagian dari perusahaan ini.

 

Demikian sambutan singkat dari saya, mohon maaf atas kesalahan-kesalahan kata. Berikutnya saya kembalikan lagi kepada pembawa acara.

 

Billahitaufik  walhidayah,
Wassalamu’ alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Baca juga : contoh kalimat penutup pidato.


Nah, seperti itulah beberapa contoh kata sambutan yang bisa kamu pakai di 3 jenis acara berbeda. Tentunya contoh di atas bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan masing-masing. Semoga konten ini bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards