mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Materi Teks Pidato : Pengertian, Ciri, Struktur + Contoh [Lengkap]

Materi Teks Pidato : Pengertian, Ciri, Struktur + Contoh [Lengkap]

Materi teks pidato

Pidato, mungkin hal ini sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Setiap hari pasti kamu pernah mendengarnya, paling tidak melalui layar televisi salah satunya adalah ketika Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 75.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut Ayo Berbahasa pada kesempatan ini akan memberikan materi seputar teks pidato beserta contoh-contohnya. Mari simak konten ini hingga selesai.

Pengertian Teks Pidato

Sebelum mengetahui definisi teks pidato, mari ketahui terlebih dahulu arti dari pidato. Pidato adalah kegiatan berbicara di depan orang banyak untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran tentang suatu hal.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato diartikan sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Menurut Syam (2006:7), pidato merupakan teknik pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif yang berarti keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan tersebut.

Sementara itu teks pidato adalah teks yang didalamnya berisi pidato yang akan disampaikan. Atau dalam arti lain, teks pidato merupakan teks yang berisi pendapat, gagasan, dan pengetahuan tentang suatu hal yang nantinya akan disampaikan kepada khalayak luas.

Orang yang berpidato disebut juga orator. Biasanya orator bersuara lantang untuk memastikan hadirin bisa menyimak pidato yang disampaikan dengan seksama. Beberapa orator mungkin berpidato dengan membaca teks, namun ada juga yang tanpa teks dan menyampaikannya secara spontan.

Baca juga : teks persuasi.

Tujuan Pidato

Pidato dilakukan dengan beberapa tujuan yaitu informatif, persuasif, argumentatif, deskriptif, dan rekreatif. Apa maksudnya? Berikut adalah penjelasannya :

Tujuan Informatif

Pidato bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada para pendengar. Tentu saja informasi yang disampaikan haruslah benar bukan informasi bohong atau hoaks.

Tujuan Persuasif

Maksudnya adalah pidato bertujuan untuk mengajak dan membujuk para pendengarnya agar mau mengikuti apa yang disampaikan. Contohnya dapat kita lihat saat pidato kampanye dan keagamaan.

Tujuan Argumentatif

Tujuan selanjutnya pidato adalah meyakinkan pendengar agar percaya dan mengikuti apa yang telah disampaikan oleh orator ketika sedang berpidato.

Tujuan Deskriptif

Maksud dari tujuan deskriptif pada pidato adalah mendeskripsikan, menggambarkan, atau melukiskan tentang suatu hal yang terjadi.

Tujuan Rekreatif

Pidato juga bertujuan untuk menghibur para pendengarnya agar tidak bisa tertawa lepas. Biasanya pidato ini terjadi pada pesta-pesta.

Baca juga : teks argumentasi.

Fungsi Pidato

Fungsi pidato menurut Rosalina (dalam Karomani, 2011 : 13) adalah sebagai berikut :
  • Menyampaikan informasi kepada pendengar.
  • Mendidik pendengar.
  • Menghibur khalayak.
  • Mempengaruhi pendengar.
  • Membuat propaganda.
  • Menyambung lidah orang lain.

Ciri-ciri Pidato

Pidato memiliki ciri dan karakteristik tersendiri yang membedakan dengan proses komunikasi lainnya. Berikut ini merupakan beberapa ciri dari pidato :
  • Pidato memiliki tujuan yang jelas yakni menyampaikan ide, gagasan, atau hal lainnya di muka umum.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pendengarnya.
  • Isinya jelas, benar, objektif, dan tidak menimbulkan perdebatan atau pertentangan.
  • Menggunakan intonasi, volume, dan artikulasi yang jelas.
  • Cara penyampaiannya harus disesuaikan dengan para pendengar.
  • Disampaikan dengan bahasa yang santun, bersahabat, dan rendah hati.

Metode Pidato

Metode pidato

Ada empat macam metode pidato, yaitu impromptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan. Berikut masing-masing penjelasannya :

Impromptu

Pidato yang satu ini dilakukan tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Pidato dilakukan secara tiba-tiba dan isi pembicaraan biasanya menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang melatarbelakangi pertemuan.

Memoriter

Metode pidato memoriter dilakukan dengan menghafal teks pidato terlebih sebelumnya. Semua dipersiapkan dengan begitu matang sehingga orator bisa berpidato dengan lancar walaupun tanpa menggunakan teks.

Naskah

Sama halnya seperti metode memoriter, metode naskah juga dilakukan dengan persiapan. Hanya saja yang membedakan adalah orator tidak menghafal teks yang sudah dibuat sebelumnya.

Metode ini lebih cocok dilakukan oleh pembaca yang tidak terbiasa berpidato tanpa menggunakan teks. Hanya saja kekurangannya membaca teks pidato membuat orator terlihat kaku dan pesan dari pidato tersebut tidak bisa tersampaikan secara maksimal.

Ekstemporan

Mirip seperti metode naskah, ada juga orator yang mempersiapkan diri sebelum berpidato dengan metode ekstemporan. Jadi, orator terlebih dahulu menyiapkan poin-poin penting dari tema yang hendak disampaikan tanpa membuat teks secara utuh.

Kunci keberhasilan pidato dengan metode ini adalah orator harus bisa mengembangkan poin-poin tersebut agar menarik perhatian pendengar. Jika sampai gagal, sudah pasti orator akan terlihat kikuk dan seperti kurang melakukan persiapan.

Baca juga : teks narasi.

Jenis-jenis Pidato

Pidato terdiri atas beberapa jenis yaitu pidato pembukaan, pidato sambutan, pidato peresmian, dan pidato pengarahan. Berikut penjelasan masing-masing dari macam-macam pidato tersebut :

Pidato Pembukaan

Pidato pembukaan biasa dibawa oleh MC atau pembawa acara. Isinya singkat dan dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pidato Sambutan

Setelah pidato pembukaan, biasanya dilanjutkan dengan pidato sambutan. Pidato yang satu ini dilakukan oleh orang-orang penting atau undangan khusus.
Sebagai contoh, pidato peringatan hari ulang tahun sekolah biasanya kepala sekolah atau wakil kepala sekolah yang memberikan sambutan. Sebab, mereka merupakan orang-orang penting yang ada di sekolah tersebut.

Pidato Peresmian

Apa itu pidato peresmian? Pidato peresmian merupakan pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk meresmikan sesuatu seperti peresmian gedung baru. Sama seperti pidato sambutan, jenis pidato satu ini juga dilakukan oleh orang-orang yang berpengaruh.

Pidato Pengarahan

Pidato pengarahan adalah pidato yang disampaikan sebagai bentuk pengarahan dari suatu acara.

Struktur Teks Pidato

Sebelum menulis teks pidato, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui strukturnya terlebih dahulu. Adapun struktur dari teks pidato adalah sebagai berikut :

Salam Pembuka

Pidato wajib diawali dengan salam pembuka. Jika orator beragama Islam bisa membukanya dengan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh atau paling tidak menggunakan salam buka berupa selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi pada saat itu.

Ucapan Penghormatan

Struktur teks pidato selanjutnya adalah ucapan penghormatan yang dilakukan setelah mengucapkan salam pembuka. Penghormatan ini biasanya ditujukan kepada orang-orang penting yang hadir pada acara tersebut.

Contohnya, jika kamu sedang berpidato di sekolah maka ucapan penghormatan ditujukan kepada kepala sekolah sebagai pemegang jabatan tertinggi, bapak dan ibu guru, baru dilanjutkan dengan teman-temanmu.

Struktur teks yang satu ini ditandai dengan kata "Yang Kami Hormati, Yang Kami Cintai, Yang Kami Banggakan" dan lain sebagainya.

Ucapan Syukur

Struktur berikutnya adalah ucapan syukur yang mana dalam hal ini orator mengucapkan rasa syukur atas kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa serta ucapan syukur karena dapat menghadiri acara dalam keadaan sehat walafiat.

Inti Pidato

Inti pidato merupakan struktur yang paling utama. Pada bagian ini berisi inti dari topik pidato yang disampaikan oleh orator.

Penutup

Berisi tentang kesimpulan dari inti pidato yang telah disampaikan. Setelah kesimpulan disampaikan biasanya dilanjutkan dengan salam penutup.

Baca juga : teks eksplanasi.

Ciri Kebahasaan Teks Pidato

Sama halnya seperti teks prosedur, teks laporan, teks berita, maupun teks lainnya teks pidato juga memiliki kaidah kebahasaan. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya untuk kalian :

Kalimat Aktif

Pada teks pidato terdapat kalimat aktif yang merupakan kalimat yang subjeknya melakukan sesuatu. Adapun contoh kalimat aktif pada pidato yaitu : 'saya mengajak generasi milinieal untuk bergerak'

Kosakata Emotif

Teks pidato juga mengandung kosakata yang emotif guna membangkitkan perasaan pendengar. Kosakata ini bukanlah makna sebenarnya, kurang lebih seperti makna konotasi.

Salah satu contoh kalimat yang mengandung kosakata emotif adalah 'Wahai pemuda, mari kita songsong masa depan yang cerah". Kata 'cerah' dalam hal ini bukan berarti terang seperti lampu atau matahari, melainkan punya makna 'yang lebih baik'.

Kata Tugas

Dalam teks pidato juga ada kata tugas. Kata yang satu ini hanya memiliki makna gramatikal saja, dan tidak memiliki makna leksikal. Kata tugas terbagi menjadi beberapa jenis yaitu kata depan, kata hubung, kata sandang, kata seru, dan partikel penjelas.

Kata Benda

Teks pidato juga terdapat kata benda yang bersifat abstrak agar pendengar bisa menerka sendiri apa yang sudah mereka dengar.

Referensi

Pada pidato-pidato tertentu, terkadang juga diberikan referensi terutama untuk pidato yang bersifat ilmiah sehingga harus memberikan data pendukung.

Informasi yang Informatif

Sebuah pidato haruslah menyampaikan informasi yang bersifat informatif, padat, dan menghindari penulisan bertele-tele.

Istilah

Untuk pidato-pidato tertentu juga terdapat istilah yang merupakan kosakata yang sering digunakan pada bidang keilmuan.

Contoh Teks Pidato

Berikut ini satu contoh pidato singkat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika membuat teks pidato :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan hidayah-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Alhamdulillah, kita masih menghirup udara segar dan saya bisa menyampaikan pidato dengan tema perpisahan.

Tak terasa waktu cepat berlalu. Hari ini menjadi hari terakhir bagi saya dan teman-teman menjadi siswa di sekolah yang luar biasa ini. Rasa sedih dan bahagia kini benar-benar terasa di dalam diri ini.
Selama tiga tahun belajar di sekolah ini banyak sekali pengalaman yang tidak terlupakan. Semoga apa yang telah diberikan dari bapak/ibu guru dapat bermanfaat bagi kehidupan kami selanjutnya.

Saya sebagai perwakilan dari teman-teman mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru. Selama menuntut ilmu di sini kami sangat menyadari bahwa begitu banyak kesalahan yang diperbuat baik sengaja ataupun tidak. Semoga keikhlasan dan ketulusan yang ada di hati bapak/ibu guru semua dapat menjadi doa untuk kesuksesan kami.

Sekolah ini menjadi saksi pertemuan yang begitu berkesan dan terkenang selamanya. Kami tak bisa berbalas budi apapun kecuali hanya bisa mendoakan semoga sekolah ini bisa lebih maju dan berkembang lagi ke depannya. Tak lupa kepada adik-adik tercinta kami menitip pesan untuk lebih giat dalam belajar sehingga bisa berprestasi.

Demikianlah pidato yang berisi beberapa kalimat perpisahan yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih dan memohon maaf kepada semuanya apabila ada kesalahan kata. Jika ada kekurangan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Itulah penjelasan mengenai materi teks pidato yang bisa kamu pelajari. Insyaallah materi ini akanselalu ada sehingga kamu dapat mempelajari ulang kapan pun dan dimana pun kamu berada.
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar