mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
19 Contoh Kalimat Leksikal dan Penjelasan [Lengkap]

19 Contoh Kalimat Leksikal dan Penjelasan [Lengkap]

contoh kalimat leksikal

Pada kesempatan kali ini Ayo Berbahasa akan membahas tentang kalimat leksimal. Mungkin istilah ini masih terdengar asing di telinga kalian.

Apa yang dimaksud dengan kalimat leksikal dan apa saja contoh-contohnya? Semua akan dibahas pada konten berikut ini :

 

Apa Itu Kalimat Leksikal?

Kalimat leksikal adalah kalimat yang didalamnya mengandung makna leksikal. Leksikal sendiri merupakan makna asli kata yang bisa kamu temukan pada sebuah kamus. Jadi, arti dari kata tersebut bisa kamu temukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia.


Baca juga : apa itu makna kontekstual?

 

Contoh Kalimat Leksikal

Supaya kamu semakin paham, berikut admin akan berikan beberapa contoh kalimat leksikal yang bisa kamu pelajari :

  1. Jihan sedang bercermin di depan kaca spion motornya. (Kaca : benda yang keras, biasanya bening dan mudah pecah).
  2. Setiap bangun tidur, ibu menyuruhku minum segelas air putih hangat. (Minum : memasukkan air atau benda cair ke dalam mulut dan meneguknya).
  3. Akhir pekan kali ini kami sekeluarga menghabiskan waktu di pondok. (Pondok : bangunan untuk tempat sementara seperti yang didirikan di ladang, di hutan, dan sebagainya).
  4. Sejak kecil, ia sudah kehilangan sosok seorang ayah. (Ayah : orang tua kandung laki-laki).
  5. Ayah terlambat tiba di kantor pagi tadi, karena mobilnya mogok. (Mobil : kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya).
  6. Mangkuk yang dipegang oleh Kei berisi nasi putih dan sayur sup. (Mangkuk : tempat untuk makanan yang berkuah, tidak bertelinga, cekung, bundar, bagian permukaannya lebih luas daripada bagian alasnya, terbuat dari porselen atau bahan lain).
  7. Pemandangan senja di pantai ini begitu indah. (Senja : waktu (hari) setengah gelap sesudah matahari terbenam).
  8. Aku sudah tiba di sekolah sejak pukul enam pagi. (Pagi : bagian awal dari hari).
  9. Api yang menjalar di pasar kian besar dan sulit untuk dipadamkan. (Api : panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar).
  10. Karena tidak memiliki lampu, setiap hari Pak Burhan menerangi rumahnya di kala malam dengan menggunakan lentera. (Lentera : lampu kecil yang bertutup kaca, di mana cahaya lampu ini berasal dari lilin yang dinyalakan di dalamnya).
  11. Kapal itu pun telah membentangkan layar miliknya. (Layar : kain tebal yang dibentangkan untuk menadah angin agar perahu dapat bergerak maju).
  12. Film Nusa dan Rar telah ditayangkan di layar bioskop tersebut. (Layar : bidang (berupa kain, papan, kaca) tempat menayangkan gambar film, televisi, dan sebagainya).
  13. Lumba-lumba itu sepertinya kelelahan karena terlalu sering menampilkan pertunjukkan kepada pengunjung. (Lumba-lumba : binatang mamalia laut sejenis ikan paus, bergigi kecil dengan moncong yang panjang).
  14. Kucing itu telah mencuri ikan yang ada di atas meja makan kami. (Ikan : binatang bertulang belakang yang hidup dalam air, berdarah dingin, umumnya bernapas dengan insang, biasanya tubuhnya bersisik, bergerak dan menjaga keseimbangan badannya dengan menggunakan sirip).
  15. Pak Seno dan rekan-rekannya telah mendirikan suatu badan usaha di bidang perikanan. (Badan : sekumpulan orang yang merupakan kesatuan untuk mengerjakan sesuatu).
  16. Kini, matahari pun telah tenggelam menuju tempat peraduannya. (Tenggelam : terbenam).
  17. Jalan itu mesti diperbaiki karena sudah banyak lubang di atasnya. (Jalan :  tempat untuk lalu lintas orang, kendaraan, dan sebagainya).
  18. Hasan telah membeli sebuah rumah yang dia beli dari uang hasil tabunagnnya selama ini. (Rumah : bangunan yang digunakan untuk tempat tinggal).
  19. Perut Andri kekenyangan karena terlalu banyak makan. (Makan : kegiatan memasukkan makanan dan minuman ke dalam mulut, yang kemudan dikunyah dan setelah itu ditelan).

 

Nah itulah dia berbagai contoh kalimat leksikal lengkap dengan penjelasannya. Semoga konten ini bermanfaat dan selamat belajar.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar