mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Pengertian dan Contoh Makna Referensial [Lengkap]

Pengertian dan Contoh Makna Referensial [Lengkap]

contoh makna referensial

Pada kesempatan ini kita akan belajar salah satu dari jenis makna dalam bahasa Indonesia yaitu makna referensial. Apakah kamu tau tentang makna ini? Jika belum, tak perlu bingung Ayo Berbahasa akan menjelaskan secara mendalam melalui konten berikut ini.

Bukan hanya menjelaskan definisinya saja, admin juga akan menjelaskan contoh makna referensial. Yuk, disimak

 

Apa Itu Makna Referensial

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, referensial artinya berhubungan dengan referensi. Sedangkan arti referensi yaitu sumber acuan.

Jadi, makna referensial adalah makna yang berkaitan dengan referensi atau sumber acuan. Makna referensi ini memiliki hubungan dengan arti yang telah disepakati secara bersama, misalnya berdasarkan pengertiannya menurut kamus atau pengertian yang sudah disepakati oleh para ahli.

Jadi intinya, sebuah kata yang bisa dicari referensi arti atau maknanya maka dapat digolongkan sebagai makna referensi atau makna referensial. Kata yang termasuk ke dalam kata bermakna referensial adalah kata tugas, contohnya seperti rumah, kuda, pasar, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Baca juga : apa itu makna tematik?

 

Contoh Makna Referensial

Berikut ini berbagai contoh makna referensi dalam kalimat bahasa Indonesia yang bisa kalian pelajari.

  • Polisi semakin meningkatkan intensitas razia masker selama masa PPKM. (Razia : pemeriksaan serentak surat-surat kendaraan bermotor, kartu tanda penduduk, dan sebagainya).
  • Korban dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans. (Ambulans : kendaraan yang dilengkapi peralatan medis untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan, dan sebagainya).
  • Saat ini banyak mahasiswa yang menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas karena mudah dibawa kemana-mana. (Laptop : komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakup papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang).
  • Tubuh anak itu tidak tahan terhadap serangan virus karena memiliki antibodi yang lemah. (Antibodi : zat yang dibentuk dalam darah untuk memusnahkan bakteri, virus atau untuk melawan toksin yang dihasilkan oleh bakteri).
  • Banyak aktivitas yang ditangkap aparat karena dugaan makar. (Makar :  perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah).
  • Anto membangun hunian baru di pinggiran kota. (Hunian : tempat tinggal).
  • Ibu pergi ke pasar untuk membeli sayuran. (Pasar : tempat orang berjual beli).

 

Itulah dia pengertian dan contoh makna referensial yang bisa kamu pelajari. Oh ya, makna referensial ini juga ada antonimnya yaitu makna non referensial. Sekian dan semoga bermanfaat ya.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar