RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Makna Tematik [Lengkap]

contoh makna tematik

Ada banyak jenis makna kata dalam bahasa Indonesia. Sebelumnya admin sudah menjelaskan tentang makna gramatikal, leksikal, konseptual, kontekstual, dan afektif.

Nah, pada kesempatan kali ini admin kembali akan menjelaskan salah satu makna kata bahasa Indonesia yaitu pengertian dan contoh makna tematik atau makna tematis. Yuk, simak materi selengkapnya sampai habis.

 

Apa Itu Makna Tematik?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tematik diartikan sebagai hal yang berkenaan dengan tema. Jadi, makna tematik bisa didefinisikan makna kata yang berhubungan dengan tema.

Selain itu, kamu juga bisa mengartikan makna tematik sebagai makna kata yang muncul diakibatkan oleh adanya penekanan atau fokus pembicaraan dalam suatu kalimat ataupun pernyataan. Tema inilah yang disebut sebagai fokus pembicaraan.

 

Contoh Makna Tematik

Berikut ini admin berikan beberapa contoh dari makna tematik dalam bahasa Indonesia lengkap dengan penjelasannya :

 

Acara seminar itu membahas tentang sukses di usia muda.

Bagian kalimat 'tentang sukses di usia muda' merupakan penekanan kalimat tersebut sekaligus menjadi makna tematis bagi kalimat tersebut. Yang intinya adalah materi seminar tentang sukses di usia muda.

 

Sekali lagi kami ingatkan, bahwa pendaftaran peserta seminar akan ditutup siang nanti.

Penekanan dan makna tematik pada kalimat di atas terletak pada bagian kalimat 'bahwa pendaftaran peserta seminar akan ditutup siang nanti'.

 

Aku di sini hanya untuk menanyakan soal desas-desus yang beredar akhir-akhir ini.

Apa makna tematis pada kalimat di atas? Coba saja lihat pada kalimat yang bercetak miring di atas, itulah makna tematisnya. Pada intinya, kalimat di atas bermakna bahwa Si aku hanya menanyakan soal desas-desus yang beredar akhir-akhir ini.

 

Sekali lagi saya tekankan kepada kalian semua bahwa proyek ini harus diselesaikan secepat mungkin.

Makna tematik pada kalimat di atas ada pada bagian 'tekankan'. Maksudnya, menekankan bahwa proyek harus segera diselesaikan secepat mungkin.

 

Hanya karyawan perusahaan saja yang boleh masuk ke ruangan ini.

Penekanan pada kalimat di atas terletak pada bagian yang dicetak miring. Bagian tersebut memberikan penekanan sekaligus menyiratkan makna tematis kalimat tersebut, yang di mana makna tematik dibalik kalimat tersebut adalah bahwa ruangan yang ada di perusahaan itu hanya boleh dimasuki oleh karyawan perusahaan saja, sehingga orang-orang yang bukan karyawan perusahaan tersebut dilarang masuk ke dalam ruangan tersebut.

 

Benarkah kau yang mencuri dompet itu?

Kata yang dicetak miring (benarkah) pada kalimat di atas merupakan penekanan sekaligus makna tematiknya. Kata tersebut sengaja ditekankan supaya yang membaca kalimat itu mengakui atau menampik pertanyaan tersebut sehingga pemberi pertanyaan bisa tau apakah penerima kalimat mencuri dompet ataukah tidak.

 

Area bermain ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak berusia di bawah 7 tahun.

Penekanan kalimat di atas ada pada bagian 'hanya diperuntukkan bagi anak-anak berusia di bawah 7 tahun. Adapun makna tematik pada kalimat di atas adalah bahwa area bermain yang disebutkan pada kalimat di atas hanya bisa dimasuki oleh anak-anak yang usiany di bawah 7 tahun. Ini artinya, jika anak berusia di atas 7 tahun maka tidak diperbolehkan masuk ke area bermain tersebut.

 

Kegiatan karya wisata ke Solo tahun ini wajib diikuti oleh setiap siswa-siswi SMAN 4 Jember.

Kata wajib pada kalimat di atas adalah penekanan sekaligus makna tematik kalimat tersebut, yang mana makna tematik kalimat tersebut adalah bahwasanya kegiatan karya wisata ke Solo yang diadakan oleh pihak SMAN 4 Jember wajib diikuti oleh semua siswa dan siswi sekolah tersebut.


Baca juga : contoh makna stilistika.

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan contoh makna tematik. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards