mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Kata Tugas : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh [Lengkap]

Kata Tugas : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh [Lengkap]

Kata tugas

Kata tugas merupakan salah satu jenis dari sekian banyak kata yang ada dalam bahasa Indonesia. Pada kesempatan ini, kita akan membahas secara lebih mendalam seputar kata tugas hingga contoh-contohnya.

Namun sebelum ke inti materi, kamu harus tau terlebih dahulu tentang definisi kata. Kata merupakan satuan bahasa yang memiliki arti dan mengisi salah satu fungsi sintaksis baik itu subjek, predikat, objek, atau keterangan dalam kalimat.

Materi tentang kata dan jenis-jenisnya secara lengkap sudah pernah saya bahas sebelumnya. Kamu bisa membacanya terlebih dahulu pada artikel berikut ini

 

Pengertian Kata Tugas

Sekarang kembali ke laptop. Kata tugas atau yang juga disebut sebagai partikel merupakan kata yang bisa berubah tergantung dari konteks kalimatnya.

Apabila tidak dihubungkan dengan kata lainnya, maka kata tugas tidak memiliki makna yang jelas.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, partikel diartikan sebagai kata yang tidak dapat diderivasikan atau diinfleksikan, mengandung makna gramatikal dan tidak mengandung makna leksikal, termasuk di dalamnya artikel, preposisi, konjungsi, dan interjeksi.

 

Pengertian Kata Tugas Menurut Ahli

Selain itu beberapa ahli juga menyampaikan pendapatnya seputar definisi partikel. Berikut ini beberapa pengertian partikel menurut para ahli yang harus kamu ketahui :

 

Lamuddin Finoza

Menurut Lamuddin Finoza dalam bukunya yang berjudul "Komposisi Bahasa Indonesia", kata tugas merupakan sekumpulan kata dan partikel yang tidak memiliki arti leksikal.

 

Amrie Bin Abdul Rahman

Arti kata tugas menurut Amroe Bin Abdul Rahman yaitu salah satu jenis perkataan yang hadir dalam ayat, klausa, atau frasa untuk mendukung sesuatu tugas tertentu.

 

Ciri-ciri Kata Tugas

Ciri kata tugas

Partikel memiliki beberapa ciri dan karakteristik yang membedakan dengan jenis kata lainnya. Apa sajakah itu?
  • Hanya memiliki makna gramatikal saja, tidak memiliki makna leksikal. Maksudnya, kata tugas memiliki makna yang sesuai tata bahasa.
  • Bentuknya tidak tetap alias selalu berubah-ubah.
  • Maknanya menjadi jelas apabila disandingkan dengan kata lainnya.

 

Jenis-jenis Kata Tugas

Partikel masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu kata depan, kata penghubung, kata seru, kata sandang, dan partikel penegas. Berikut adalah masing-masing penjelasannya :

 

Kata Depan

Kata depan atau yang juga disebut sebagai preposisi ini merupakan kata yang menghubungkan beberapa kata benda dalam satu kalimat. Selain itu, preposisi juga bisa diartikan sebagai kata yang terletak sebelum kelas kata lainnya baik itu nomina, verba, atau adverbia.

Beberapa contoh kata depan yaitu di, ke, dari, pada, oleh, sampai, terhadap, daripada, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara penulisannya adalah terpisah dari kata yang mengikutinya.

 

Kata Penghubung

Kata penghubung atau kata sambung atau konjungsi adalah kata yang menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Bisa juga menghubungkan antara satu kata dengan kata lainnya.

Dalam kaitannya dengan partikel, konjungsi bisa diartikan sebagai partikel yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat. Kata dengan kata, klausa dengan klausa, maupun frasa dengan frasa.

Beberapa contoh dari kata penghubung antara lain yaitu dan, atau, serta, tetapi, melainkan, padahal, sedangkan, yang, agar, supaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Kata Seru

Kata seru adalah kata yang berfungsi mengungkapkan perasaan dan maksud seseorang. Biasanya kalimat yang mengandung kata seru diakhiri dengan tanda seru yang dilambangkan dengan simbol (!).

Kata seru juga disebut sebagai interjeksi dan biasanya menyatakan kekaguman, rasa syukur, harapan, kemarahan, rasa kaget, ungkapan panggilan, dan ungkapan ajakan.

Beberapa contoh dari kata seru yaitu wow, aduh, wah, ayo, masa, amboi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Partikel Penegas

Dan jenis kata tugas terakhir adalah partikel penegas yang merupakan kata yang berfungsi menampilkan unsur yang diiringinya. Ada lima contoh partikel penegas yaitu -kah-lah-tah, per dan pun.

 

Contoh Kata Tugas

Terakhir, berikut saya berikan beberapa contoh kalimat yang mengandung kata tugas atau partikel :

  • Adik pergi ke sekolah (kata depan).
  • Bapak pulang dari kantor (kata depan).
  • Kakak menyiram bunga di taman (kata depan).
  • Kue itu diberikan oleh ibu (kata depan).
  • Budi datang dari Malaysia (kata depan).
  • Cantiknya wanita itu! (Kata seru).
  • Aduh, jariku terjepit pintu! (Kata seru).
  • Wah, bajumu bagus sekali! (Kata seru).
  • Wow, pemandangan yang sangat indah! (Kata seru).
  • Amboi, anginnya sepoi-sepoi! (Kata seru).
  • Ayah sedang membaca koran dan ibu memasak makanan (kata penghubung).
  • Rumah itu luas, tetapi tidak terawat (kata penghubung).
  • Kamu mau membeli makanan atau minuman? (Kata penghubung).
  • Ibu menyiapkan sarapan untuk adik (kata penghubung).
  • Aldi sakit flu karena kehujanan (kata penghubung).
  • Akulah yang memecahkan gelas itu! (Partikel penegas).
  • Siapakah orang yang berani mengganggumu? (Partikel penegas).
  • Manatah yang benar, kamu atau dia? (Partikel penegas).
  • Siapatah aku ini? (Partikel penegas).
  • Mungkintah semua akan kembali? (Partikel penegas).

 

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, jenis, dan juga contoh kata tugas yang dapat kamu pelajari. Kamu juga bisa belajar materi bahasa Indonesia lainnya hanya di Ayo Berbahasa.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar