mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
10 Contoh Kalimat Penutup Pidato yang Benar [Lengkap]

10 Contoh Kalimat Penutup Pidato yang Benar [Lengkap]

contoh kalimat penutup pidato

Selain kalimat pembuka, struktur lain yang ada di dalam teks pidato adalah kalimat penutup. Biasanya kalimat ini diucapkan saat pidato sudah akan berakhir.

Meski letaknya di akhir, penutup pidato memiliki peranan yang sangat penting. Jika pembukaan dan isinya sudah bagus, masa iya penutupnya jadi jelek? Maka dari itu, penting memilih kata-kata yang tepat sebagai penutup suatu pidato.

Kalimat penutup pidato harus meninggalkan kesan menarik kepada para pendengarnya. Bukan sekadar ucapan terima kasih atau salam penutup saja, melainkan juga ditambahkan kata-kata menarik lainnya.

 

Cara Menutup Pidato yang Tepat

Mengakhiri pidato bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu :

  • Memberikan kesimpulan untuk meyakinkan pendengar
  • Menyampaikan permintaan supaya pendengar melakukan sesuatu hal
  • Menyampaikan ucapan terima kasih dan pujian kepada pendengar,
  • Menyampaikan ungkapan terkenal
  • Memberi pantun
  • Atau yang lainnya sesuai isi dan konteks pidato.

Penutup pidato disarankan tidak terlalu panjang, malah lebih bagus singkat tapi tidak terlalu singkat. Contoh selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

 

Contoh Kalimat Penutup Pidato

Jangan pakai kata itu-itu saja ketika kamu sedang menutup pidato. Kamu bisa menggunakan salah satu contoh kalimat yang admin rekomendasikan di bawah ini

  1. "Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan. Sebagai manusia tentu saya banyak kekurangan. Maka dari itu, kepada hadirin saya minta maaf dan kepada Tuhan saya mohon ampun. Akhir kata, Wassalamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh."
  2. "Demikian pidato saya, semoga apa yang saya sampaikan tadi bermanfaat bagi hadirin."
  3. "Demikian yang ingin saya sampaikan, terima kasih kepada hadirin yang datang. Tanpa hadirin, saya hanya akan berbicara sendiri sebagai individu bukan manusia. Keberadaan hadirin sangatlah berarti."
  4. "Itulah beberapa hal yang hendak saya sampaikan, tentu di dalamnya belumlah sempurna, sehingga saya ingin meminta maaf bila ada ucapan yang tidak berkenan. Terima kasih, wassalamualaikum wr.wb."
  5. "Semoga apa yang sampaikan ada manfaatnya. Besar harapan saya, saudara semua dapat menerapkan protokol kesehatan supaya terhindar dari virus Corona. Sekian, selamat siang."
  6. "Demikian yang bisa saya sampaikan, mari kita tutup dengan doa, 'Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar,' wassalamualaikum wr.wb."
  7. "Sekian pidato dari saya, terima kasih atas perhatian dan waktu yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sambutan di mimbar ini. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan didengar dan menyinggung satu di antara pihak, saya ucapkan mohon maaf, penutup kata saya sampaikan wassalamu'alikum warohmatullaahi wabarokaatuh."
  8. "Sebuah tutur kata kadang ada sebuah kesalahan, dan itu saya sadari sebagai manusia yang penuh dosa, adapula hal-hal yang baik tak lain datang dari Tuhan, dengan demikian saya mohon maaf. Untuk menutup pidato ini saya ucapkan wassalamu'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh."
  9. "Setiap perkataan pasti ada kesalahan apalagi saya hanya manusia biasa. Sebelum saya tutup pidato saya ini, saya mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan di hati saudara, sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum. Wr. Wb."
  10. "Oleh karena itu, sebaiknya kita bersama-sama saling menjaga satu sama lain agar lingkungan tetap tertib dan aman. Sekian wassalamu'alikum warahmatullahi wabarokaatuh".
  11. "Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dihati, terimakasih atas perhatian seluruh warga sekolah yang baik budi. Wassalamualaikum. Wr. Wb."

 

Itulah dia berbagai contoh kalimat penutup pidato yang bisa kamu gunakan. Dan model kalimat di atas juga bisa kamu terapkan saat memberikan ceramah, kalimatnya tinggal disesuaikan saja.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar

close