RajaBackLink.com

9+ Contoh Kalimat Tanggapan dan Penjelasan [Lengkap]

contoh kalimat tanggapan

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang kalimat tanggapan. Biasanya dalam forum diskusi, kalimat seperti ini seringkali digunakan dan kadang kala berakhir dengan perdebatan.

Akan tetapi sesungguhnya dengan adanya tanggapan diharapkan akan ada kesimpulan dari informasi yang sedang dibahas.

Nah apa sih yang dimaksud kalimat tanggapan itu dan apa saja contoh-contohnya? Mari simak pembahasan selengkapnya pada konten berikut ini

 

Pengertian Kalimat Tanggapan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggapan adalah sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya). Dengan begitu, kalimat tanggapan adalah kalimat yang berisi sambutan berupa kritik, komentar, atau hal-hal yang lainnya tentang suatu informasi.

Selain itu, kalimat tanggapan juga bisa diartikan sebagai kalimat yang mengandung komentar terhadap suatu peristiwa atau informasi.

Selain dalam forum diskusi, kalimat satu ini biasanya juga terdapat di teks eksplanasi pada bagian kesimpulan.

Kalimat tanggapan juga merupakan salah satu jenis dari kalimat minor.

 

Jenis-jenis Kalimat Tanggapan

Kalimat tanggapan itu ada dua jenis, yaitu tanggapan positif dan tanggapan negatif. Apa bedanya?

 

Kalimat Tanggapan Positif

Isi tanggapannya cenderung positif dan mendukung informasi terkait. Jika seseorang memberikan tanggapan positif, artinya dia setuju dengan informasi atau isu tersebut.

 

Kalimat Tanggapan Negatif

Sementara itu, kalimat tanggapan negatif merupakan lawan dari kalimat tanggapan positif.

Isinya cenderung menolak atau kurang mendukung informasi yang didapatkan. Memberi tanggapan negatif sama artinya dengan tidak setuju.

 

Contoh Kalimat Tanggapan

Supaya kamu semakin paham, berikut ini admin berikan beberapa contoh kalimat tanggapan dari berbagai isu, informasi, dan permasalahan.

 

Pemerintah Mengadakan Program Kartu Prakerja

Kalimat tanggapan positif : adanya program kartu Prakerja sangat membantu bagi orang-orang yang terkena PHK agar mendapatkan penghasilan. Selain itu, adanya program Prakerja ini dapat meningkatkan skill dan kemampuan mereka.

Kalimat tanggapan negatif : seharusnya program Prakerja tidak dilaksanakan. Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengerti penggunaan laptop atau komputer, pemerintah harusnya lebih menggencarkan program BLT.

 

Kemendikbud Menghapus Ujian Nasional

Kalimat tanggapan positif : Ujian Nasional tidak bisa menjadi tolak ukur kesuksesan siswa selama 3 tahun belajar. Bagaimana mungkin mengevaluasi pembelajaran hanya dalam waktu beberapa hari saja, itupun hanya 3 pelajaran yang diujikan.

Kalimat tanggapan negatif : Ujian Nasional tidak seharusnya dihapus, sebab masih sangat diperlukan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran siswa.

 

Pencairan JHT Menunggu Usia 56 Tahun

Kalimat tanggapan positif : saya setuju dengan aturan ini, sesuai namanya Jaminan Hari Tua diberikan saat pekerja sudah berusia tua supaya bisa jadi tabungan di masa tua. Jika diberikan sebelum usia 56 tahun, dikhawatirkan uang tersebut akan cepat habis.

Kalimat tanggapan negatif : pemerintah tidak seharusnya menunda-nunda memberikan hak milik kerja. Jika sudah waktunya, langsung diberikan jangan sampai ditunda apalagi sampai mengubah peraturan.

 

Pemerintah Memperpanjang PPKM

Kalimat tanggapan positif : kasus Covid-19 yang belum menurun, memperpanjang PPKM harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona lebih luas lagi. Demi kesehatan, aturan ini harus tetap diberlakukan.

Kalimat tanggapan negatif : PPKM dapat menimbulkan masalah ekonomi yang semakin kompleks, penghasilan masyarakat bisa berkurang dan membuat usaha menjadi bangkrut. Pemerintah harus menghapus aturan ini atau memberi sedikit kelonggaran terkait aturan PPKM.

 

Pemerintah Berencana Memberlakukan Sekolah Tatap Muka 100%

Kalimat tanggapan positif : sudah saatnya sekolah kembali ke normal seperti sedia kala, supaya anak sekolah bisa kembali belajar sebagaimana mestinya. Persoalan virus Corona, hal tersebut insyaallah bisa diatasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kalimat tanggapan negatif : saat ini bukan waktu yang tepat untuk memberlakukan sekolah tatap muka secara menyeluruh, mengingat kondisi pandemi yang belum usai. Meskipun di sekolah bisa menerapkan protokol kesehatan, namanya anak-anak masih belum terlalu paham dengan masalah protokol kesehatan. Jadi, lebih aman tidak dilakukan terlebih dahulu.

 

Anak Dilarang Menggunakan Gadget

Kalimat tanggapan positif : usia anak-anak bukanlah waktu yang tepat untuk menggunakan gadget. Mereka harus sering bermain di luar dan bersosialisasi dengan teman-temannya, sehingga saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut.

Kalimat tanggapan negatif : sekarang sudah eranya teknologi, dan anak perlu diperkenalkan dengan teknologi sedari dini lewat gadget tersebut. Menurut saya, anak diberikan gadget tidak masalah asalkan sebagai orang tua kita harus terus mengawasi mereka.

 

Rokok Itu Membunuhmu

Kalimat tanggapan positif : berbagai riset sudah membuktikan bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Sehingga slogan rokok itu membunuhmu sudah sangat tepat dan seharusnya kalian juga menaati slogan tersebut.

Kalimat tanggapan negatif : menurut saya itu sangat berlebihan. Selama merokok tidak dilakukan sering, tidak sampai membuat kita mati. Hidup dan mati seseorang itu ada di tangan Tuhan.

 

Cara Memberi Tanggapan yang Baik

Cara menyampaikan tanggapan yang baik

Memberi tanggapan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Sebisa mungkin, tanggapan yang kamu berikan tidak menyakiti atau menyinggung orang lain

Berikut beberapa cara menyampaikan tanggapan yang baik :

  • Isi tanggapan jangan keluar dari topik pembahasan.
  • Tanggapan harus mudah dipahami oleh orang lain yang mendengarnya.
  • Tanggapan harus murni pendapat sendiri, bukan opini atau pendapat orang lain.
  • Tanggapan harus jelas, benar, tidak ambigu, serta tidak menimbulkan multitafsir.
  • Tanggapan harus bersifat objektif, bukan subjektif.
  • Tanggapan negatif tidak boleh disertai dengan emosi dan menjelekkan pihak lain.
  • Tanggapan akan lebih baik jika didukung oleh fakta.
  • Penyampaian tanggapan bisa diiringi dengan gerakan, mimik muka atau nada suara.

 

Nah itulah dia pembahasan lengkap mengenai pengertian, jenis-jenis, dan contoh kalimat tanggapan. Kalau kamu punya contoh lainnya, bisa disampaikan lewat kolom komentar ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards