mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Teknik Membaca Efektif dan Penjelasan [Lengkap]

Teknik Membaca Efektif dan Penjelasan [Lengkap]

Teknik membaca efektif

Pernahkah kamu membaca buku tapi tidak paham-paham apa isi materi di dalamnya?

Jika pernah mengalami hal tersebut, mungkin kamu belum melakukan membaca efektif. Kalau sekadar membaca, semua orang juga bisa dan untuk bisa memahami apa yang dibaca itu tidak bisa hanya dengan sekadar membaca sekali lewat.

Sebelumnya admin sudah menjelaskan teknik membaca intensif dan teknik membaca ekstensif. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas yang teknik membaca efektif.

 

Apa Itu Teknik Membaca Efektif?

apa itu membaca efektif
Yang dimaksud dengan membaca efektif adalah teknik membaca yang bertujuan supaya pembaca dapat menyerap informasi yang dibaca dengan cepat dan dapat memahami bacaan dengan baik. Teknik harus dilakukan apabila seseorang ingin memahami isi tulisan dalam waktu yang sangat singkat.

Misalnya, saat di kelas tiba-tiba guru memberikan ulangan mendadak dan siswa diberi kesempatan membaca materi yang ada di buku selama 10 menit saja. Nah supaya kamu bisa cepat mendapatkan pemahaman dan pada akhirnya bisa mengerjakan soal, diperlukan teknik membaca yang efektif.

 

Apa Tujuan Membaca Efektif?

tujuan membaca efektif
Ilustrasi membaca. Sumber gambar : U-Report

Mirip seperti teknik membaca intensif, membaca efektif juga bertujuan agar kita mengerti apa yang sedang dibaca secara menyeluruh.

Kebanyakan dari kamu pasti ada yang hanya membaca selama berjam-jam tapi tidak paham sama sekali materi dari buku tersebut. Alhasil, kegiatan membaca jadi terasa sia-sia dan hanya buang-buang waktu.

Selain agar kita paham betul materi dari bahan bacaan, teknik membaca efektif juga punya beberapa tujuan lain, misalnya:

 

Memperkuat Ingatan Terhadap Materi

Kita pasti sering membaca satu bab dalam buku pelajaran sebelum ujian. Lalu satu jam setelahnya, semua materi tersebut sudah hilang dari pikiran dan tidak bisa diingat-ingat lagi.

Hal ini dikarenakan muscle memory alias otak kita tidak bisa mengingat banyak hal sekaligus dalam waktu singkat. Apalagi jika materi yang ingin kita pelajari hanya dibaca satu kali.

Itulah mengapa, banyak guru mengajarkan bahwa materi yang sudah diajari di kelas harus diulang lagi pada malam hari. Sehingga ingatan terhadap materi tersebut lebih kuat dalam otak kita.

Namun metode tersebut bukan termasuk membaca efektif. Sebab membaca efektif adalah teknik untuk mengingat materi dari bahan bacaan dengan lebih kuat tanpa harus membaca berulang-ulang sampai puluhan kali.

 

Meningkatkan Fokus Ketika Membaca

Satu masalah yang sering kita alami ketika membaca adalah tidak fokus. Walaupun mata kita membaca buku di meja, tapi otak dan konsentrasi kita sedang memikirkan kegiatan lain seperti chat di HP, memikirkan game, atau hal lainnya.

Kondisi seperti ini pasti terjadi ketika materi bacaan tidak menarik perhatian kita. Sehingga otak merasa bosan dan memilih berpikir tentang hal lain yang lebih menarik.

Salah satu cara menghindari masalah sulit fokus adalah dengan membaca efektif serta mengeliminasi semua faktor eksternal.

Dengan membaca efektif, kita bisa mengkondisikan agar otak tetap fokus karena proses membaca dilakukan secara lebih dinamis bukan hanya repetitif.

 

Mengurangi Rasa Stress Selama Membaca

Membaca tanpa memahami apa isi bacaan pasti akan membuat kita stress.

Ditambah lagi, dalam kondisi seperti ini kita merasa gelisah apakah harus mengulang bacaan dari awal dan menghabiskan waktu 2 kali lebih banyak, atau tetap melenjutkan sampai selesai meskipun kita tidak paham sebagian besar isi dari bacaan tersebut.

Pikiran-pikiran seperti inilah yang membuat proses membaca terasa memberat secara mental.

Oleh karena itu dengan metode membaca efektif, kita dapat mengurangi beban stress selama membaca, meskipun topik bacaannya sulit.

 

Bagaimana Cara Membaca Efektif?

cara membaca efektif

Membaca efektif bisa dilakukan dengan 5 langkah sederhana yang disebut teknik membaca SQ3R, yaitu :
  • Survey
  • Question
  • Read
  • Recite
  • Review

Agar lebih jelas, mari lihat bagaimana cara mengaplikasikan kelima langkah ini tiap kali kita sedang membaca.

 

1. Survey

Survey atau survey reading adalah metode yang pernah kita bahas sebelumnya dalam teknik membaca ekstensif.

Tujuan dari langkah ini hanya untuk mendapatkan gambaran universal dari informasi yang akan kita dapatkan, apa saja materi di dalamnya, serta bagian-bagian yang menurut kita menarik maupun sulit sehingga harus dibaca beberapa kali.

Survey reading bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan membaca seluruh heading dan kalimat awal dari setiap paragraf di dalam bacaan, atau dengan membaca abstrak, kesimpulan, serta rangkuman dari bacaan.

Karena tidak semua bacaan punya abstrak dan rangkuman, makan kalian bisa pilih metode sesuai dengan kondisi bahan bacaan masing-masing.

Jika ingin lebih paham, kita juga bisa mengkombinasikan keduanya dengan cara seperti ini.

  1. Membaca abstrak atau daftar isi dari bahan bacaan
  2. Membaca judul, heading, dan kalimat pertama dari bahan bacaan
  3. Membaca bagian kesimpulan dari bacaan
  4. Membaca rangkuman materi bacaan

Tergantung dari banyaknya tulisan yang kalian baca, biasanya langkah pertama ini hanya membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit saja.

 

2. Question

Dari survey reading yang kita lakukan secara singkat, pasti ada banyak hal yang tidak kita mengerti dalam teks tersebut.

Itulah mengapa, kita perlu membuat Question alias pertanyaan seputar materi bacaan.

Pertanyaan-pertanyaan ini bisa kalian tulis dalam buku catatan, kertas coret-coretan, atau diingat-ingat saja di dalam otak.

Selain itu, pertanyaan tidak perlu dibuat mengikuti metode 5W1H. Cukup pikirkan apa yang kalian tidak mengerti dan nantikan jawabannya.

 

3. Read

Langkah selanjutnya adalah reading, yaitu membaca. Langkah yang satu ini bisa kalian gunakan dengan beberapa metode, misalnya:

  • Active reading
  • Detailed reading
  • Scanning

Active reading adalah membaca sambil membayangkan semua kalimat yang kalian baca, memikirkan jawaban dari pertanyaan yang sebelumnya dibuat, serta menghubungkan materi yang sedang dibaca dengan materi yang sebelumnya sudah pernah dipelajari.

Active reading ini menjadi cara terbaik untuk menjaga fokus selama menjalani teknik membaca efektif.

Sedangkan detailed reading adalah membaca kata per kata secara detail dan memahami maknanya. Kalian tidak perlu membayangkan semua kalimat secara aktif di dalam pikiran, cukup pahami saja maksud dari kalimatnya.

Dan yang terakhir adalah scanning alias melihat tulisan tanpa membaca seluruhnya. Metode ini membutuhkan waktu paling sedikit, walaupun tingkat pemahaman yang akan didapat juga tidak sebanyak kedua metode sebelumnya.

Namun scan reading atau scanning merupakan cara paling cepat jika kalian harus mempelajari sesuatu dalam kurun waktu satu atau dua jam sebelum ujian.

 

4. Recite

Proses membaca sudah selesai, jadi sekarang waktunya menguji pemahaman kalian dengan metode Recite.

Untuk siswa, cara termudah untuk me-recite bacaan adalah dengan mengisi soal latihan tentang materi tertentu.

Namun jika tidak ada soal latihan apapun, kalian bisa menggunakan list pertanyaan yang sebelumnya sudah dibuat dan menjawab sendiri berdasarkan apa yang sudah dibaca.

Pada langkah ini, kalian tidak boleh membaca lagi materi sebelumnya.

Sebab fungsi dari Recite adalah melatih kekuatan otak agar  ingat tentang bacaan yang sudah dibaca tadi.

Jangan takut salah ketika menjawab pertanyaan pada tahap ini. Sebab kita tidak  akan memberi nilai apapun.

 

 

5. Review

Langkah terakhir adalah Review, alias mengulang kembali materi bacaan yang sama.

Namun dalam teknik membaca efektif, kamu tidak perlu membaca semuanya dari awal. Cukup gunakan soal dan jawaban dari tahap Recite tadi untuk me-review pemahaman kita.

Caranya, lihat pertanyaan pertama dari langkah Recite tadi, lalu buka materi tentang pertanyaan tersebut. Cocokan apakah jawaban kalian sesuai dengan materi atau masih salah.

Jika masih salah, baca ulang pembahasan tentang pertanyaan tersebut saja satu kali lagi. Kemudian lanjut ke pertanyaan berikutnya dan ulangi metode yang sama.

Tujuan dari tahap Review ini yaitu untuk mengondisikan mindset kita agar tidak berpikir kita harus membaca semua tulisan  dari awal.

 

Sadarkah kamu bahwa dengan teknik membaca efektif ini sebenarnya kita membaca materi secara berulang-ulang? Tapi rasanya kita hanya membaca tulisan satu kali pada tahap Reading saja, kan?

Itulah yang disebut membaca secara dinamis, dimana bukan hanya membaca secara berurutan dari judul hingga penutup secara statis.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar