RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Paragraf Campuran [Lengkap]

Contoh paragraf campuran

Sebelumnya Ayo Berbahasa sudah membahas tentang paragraf deduktif dan paragraf induktif. Keduanya merupakan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya.

Ternyata ada satu lagi jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama yaitu paragraf campuran. Paragraf ini merupakan perpaduan antara paragraf deduktif dana paragraf induktif.

 

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran atau yang juga disebut paragraf deduktif-induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terdapat pada bagian awal dan akhir paragraf.

Jadi pada paragraf jenis dimulai dari pernyataan umum lalu diikuti kalimat khusus sebagai penjelas. Kemudian di akhir paragraf ada pernyataan umum lagi sebagai pengulangan dari ide pokok atau gagasan utama.

 

Ciri-ciri Paragraf Campuran

Dkutip dari buku Bahasa Indonesia Akademik karangan M. Hasyim Mustamin, paragraf campuran memiliki beberapa ciri yakni:

  • Memiliki dua kalimat utama sebagai ide pokok yang ada di awal dan di akhir paragraf.
  • Memiliki kata kunci yang diulang dalam kedua kalimat utama.
  • Kalimat penjelas terletak di antara kedua kalimat utama.

 

Contoh Paragraf Campuran

Untuk meningkatkan pemahaman kalian dengan materi ini, berikut admin berikan beberapa contoh paragraf campuran yang bisa dipelajari :

 

Contoh Paragraf Campuran 1

Kerusakan jalan berimbas pada lambatnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Lambatnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah akan berdampak juga terhadap pertumbuhan ekonomi daerah lain. Kerusakan jalan bukan sekadar menjadi masalah bagi pengguna jalan. Proses distribusi barang baik dari daerah ke pusat atau sebaliknya tentu akan menjadi terganggu. Waktu distribusi akan makin melambat. Keterlambatan distribusi akan menyebabkan barang tidak sesuai pasokan. Jika barang tidak sesuai dengan pasokan maka akan terjadi kelangkaan barang. Harga barang akan meningkat seiring dengan tingginya biaya produksi. Jika hal ini dibiarkan tanpa ada perbaikan maka kondisi ekonomi akan makin memburuk. Bukan hanya pertumbuhan ekonomi daerah yang terhambat, akan tetapi bisa terjadi perlambatan ekonomi skala nasional.

 

Contoh Paragraf Campuran 2

Permainan sepak bola menuntut seorang pemain memiliki kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik. Jadi, teknik dasar yang baik perlu dikuasai dan diterapkan seorang pemain dalam permainan sepak bola.

 

Contoh Paragraf Campuran 3

Gangguan pada telinga yang disebut microtia ternyata dapat terjadi sejak dalam kandungan. Microtia adalah keadaan atau bentuk daun telinga yang lebih kecil dari bentuk normal. Kasus ini biasanya terjadi karena adanya faktor genetik. Microtia dapat disebabkan oleh obat-obatan atau faktor rubella yang terjadi pada sang ibu. Hal ini pun mengakibatkan pembentukan telinga pada janin tidak sempurna. Dengan demikian, kemungkinan seseorang mengalami microtia dapat terjadi sejak di dalam kandungan.

 

Contoh Paragraf Campuran 4

Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata. Hutan memang seharusnya dijaga karena bermanfaat bagi kehidupan kita.

 

Contoh Paragraf Campuran 5

Apabila kita jarang mengonsumsi sayuran hijau bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan. Pertama, kita rentan terkena penyakit. Kita bisa menderita anemia atau kekurangan darah. Karena kurangnya serat, kita juga mudah mengalami sembelit. Ternyata, jarang mengonsumsi sayuran hijau bisa berbahaya bagi tubuh kita.

 

Contoh Paragraf Campuran 6

Jeruk nipis ternyata memiliki beragam manfaat. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati batuk secara alami. Jeruk nipis juga dapat dijadikan minuman untuk menyegarkan tenggorokan. Selain itu, dapat juga dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Jadi, ternyata jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.

 

Contoh Paragraf Campuran 7

Semua makhluk hidup membutuhkan air. Sebagian besar tubuh makhluk hidup tersusun oleh air, sehingga makhluk hidup perlu minum air untuk bertahan hidup. Selain untuk minum, air juga dibutuhkan manusia untuk industri dan pertanian. Tumbuhan membutuhkan air untuk bisa tumbuh dan berkembang.Semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air.

 

Itulah dia sedikit penjelasan tentang paragraf campuran lengkap dengan contoh-contohnya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards