RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif + Penjelasan [Lengkap]

Contoh paragraf induktif

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang memiliki satu gagasan pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bagian dalam atau menggunakan garis baru. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah paragraf induktif. 

Pada tulisan ini, admin akan menjelaskan tentang paragraf induktif lengkap dengan contoh-contohnya. Yuk disimak! 


Apa Itu Paragraf Induktif? 

Paragraf induktif adalah paragraf yang memiliki kalimat utama di akhir paragraf. Paragraf yang satu ini menyatakan hal-hal khusus di awal paragraf kemudian baru menjelaskan hal-hal umum pada bagian akhir. 

Jadi jika ada suatu tulisan, jika awalnya menjelaskan hal-hal khusus kemudian baru mengarah ke hal-hal umum maka tulisan tersebut mengandung paragraf induktif. 


Ciri-ciri Paragraf Induktif

Berbeda dengan jenis paragraf lainnya, paragraf induktif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Kalimat utama berada di akhir paragraf. 
  • Paragraf diawali dengan penjelasan atau uraian yang bersifat khusus, baru kemudian diakhiri dengan pernyataan umum.
  • Terdapat kalimat konjungsi seperti jadi, akhirnya, berdasarkan uraian di atas, akibatnya, oleh karena itu, maka dari itu, dengan demikian, 
  • Paragraf diakhiri dengan kesimpulan.


Contoh Paragraf Induktif

Berikut ini beberapa contoh paragraf induktif yang bisa dipelajari untuk meningkatkan pemahamanmu tentang materi ini :


Contoh Paragraf Induktif 1

Bagi peserta ujian yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan, tentu akan dijatuhi sanksi. Adanya aturan yang ditetapkan oleh kampus ini dilakukan untuk memastikan mahasiswa bisa mengikuti ujian secara jujur. Jadi, setiap peserta ujian wajib menaati peraturan yang berlaku. 


Contoh Paragraf Induktif 2

Warga Jakarta sudah memiliki kebiasaan untuk membuang sampah seenaknya ke sungai sejak zaman dahulu. Padahal, kebiasaan buruk ini telah berdampak besar pada kehidupan mereka hampir setiap tahun. Sampah bisa menyebabkan aliran sungai terhambat dan menimbulkan banjir. Banjir di Jakarta pun kerap terjadi karena tumpukan sampah yang muncul karena warga sering buang sampah sembarangan.


Contoh Paragraf Induktif 3

Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang ekstra dikarenakan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyak Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang ekstra dikarenakan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyak.


Contoh Paragraf Induktif 4

Rasulullah memiliki sifat penyayang terhadap sesama manusia. Makanya, ketika isu terorisme merebak, sejumlah tokoh Islam menegaskan untuk tidak mengaitkannya dengan Islam. Justru Islam dengan tegas menolak kekerasan dan lebih memilih musyawarah dalam menyelesaikan segala persoalan. Ini disebabkan Islam yang memang merupakan agama yang cinta damai dan menekankan tentang pentingnya toleransi.


Contoh Paragraf Induktif 5

Tanaman ini sering dijadikan bumbu dapur. Selain itu, jahe sering dijadikan minuman penghangat tubuh. Jahe juga dapat ditanam di pekarangan rumah sebagai apotek hidup. Dapat kita simpulakan bahwa jahe memang mempunyai banyak manfaat.


Contoh Paragraf Induktif 6

Secara ekonomi, kota ini sangat kondusif untuk berbisnis. Secara budaya, kota ini amat kaya akan ragam budaya etnis. Penduduknya relatif terbuka terhadap unsur etnis yang berbeda-beda. Secara geografis, kota ini terletak di daerah yang relatif tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi. Artinya, kota ini relatif sejuk. Itulah antara lain tiga hal yang membuat kami merasa amat kerasan tinggal di Kota Bandung ini.


Itulah dia pengertian dan contoh-contoh paragraf induktif lengkap dengan penjelasannya. Apabila ada yang kurang dipahami, jangan ragu bertanya di kolom komentar. 

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards