RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Paragraf Ineratif [Lengkap]

contoh paragraf ineratif

Selain paragraf deduktif, induktif, dan campuran, ada satu lagi jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya yaitu paragraf ineratif.

Apa itu paragraf interatif dan bagaimana contohnya? Kita akan mempelajarinya pada artikel berikut ini.

 

Pengertian Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya berada di tengah-tengah paragraf.

Paragraf ineratif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas terlebih dahulu kemudian diikuti ide pokok dan dilanjutkan kembali dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas setelah ide pokok berfungsi sebagai penguat informasi.

Dibandingkan dengan jenis paragraf lainnya, paragraf ineratif jarang diterapkan di dalam berbagai teks secara umum. Hal ini dikarenakan menemukan kalimat utamanya memerlukan ketelitian karena letaknya berada di tengah-tengah paragraf.

 

Ciri-ciri Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif memiliki beberapa ciri yaitu :

  • Kalimat utama terletak di tengah paragraf.
  • Kalimat awal adalah kalimat penjelas yang berfungsi sebagai pengantar paragraf.
  • Kalimat terakhir berupa kesimpulan.

 

Contoh Paragraf Ineratif

Berikut ini berbagai contoh paragraf ineratif yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan pemahaman tentang materi ini :

 

Contoh Paragraf Ineratif 1

Musibah gempa bumi dan tsunami terjadi di sebagian besar wilayah Aceh. Di samping itu, gempa berkekuatan besar turut dialami sebagian wilayah D.I. Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya. Kota Jakarta direndam banjir. Beberapa kapal dikabarkan tenggelam dan hilang di laut dalam. Indonesia memang sedang ditimpa beragam bencana dan musibah. Banyak dari bencana telah memakan korban jiwa tidak sedikit. Datangnya wabah penyakit turut memperparah musibah yang terjadi.

 

Contoh Paragraf Ineratif 2

Telaga ini menjadi tempat wisata utama di Magetan, Jawa Timur. Tempat ini sering dikunjungi orang-orang karena hawanya yang sejuk. Telaga ini berada di lereng Gunung Lawu. Telaga ini dikenal dengan nama Telaga Sarangan. Di sekitar telaga ini terdapat banyak hotel dan penginapan, dari yang sederhana sampai yang mewah. Kita juga bisa mengelilingi telaga dengan kendaraan atau berjalan kaki karena terdapat jalan mengelilingi seluruh area telaga.

 

Contoh Paragraf Ineratif 3

Pemanfaatan rotan biasanya dijadikan sebagai bahan baku mebel, misalnya kursi, meja, dan rak buku. Penggunaan rotan sebagai bahan baku mebel mempunyai kelebihan dan kekurangan. Rotan memiliki beberapa keunggulan daripada kayu, yakni ringan, kuat, mudah dibentuk, dan murah. Kelemahan utama rotan adalah gampang terkena kutu bubuk.

 

Contoh Paragraf Ineratif 4

Ular berbisa biasanya membunuh mangsanya dengan bisanya tersebut. Ular yang tidak berbisa biasanya membunuh mangsanya dengan cara melilit. Jenis ular memang ada yang berbisa dan tidak berbisa. Contoh ular berbisa antara lain kobra dan welang. Sementara itu, boa, piton, dan anaconda termasuk contoh ular yang tidak berbisa. Beberapa jenis ular kerap mempunyai kebiasaan berjemur di bawah terik matahari untuk membantu mencerna makanan.

 

Contoh Paragraf Ineratif 5

Menyepelekan kesehatan tubuh saat bekerja malam akan membuat badan justru rentan terkena sakit saat melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan bagi orang yang bekerja di malam hari sangatlah penting dilakukan. Adapun hal-hal yang bisa dilakukan agar pekerja malam dapat menjaga kesehatannya antara lain: mengkonsumsi makanan sehat, tidur sejenak di waktu istirahat, dan berolahraga sebelum bekerja.

 

Contoh Paragraf Ineratif 6

Buahnya bulat seperti bola. Kulit buahnya keras seperti batu. Inilah buah Kawis yang daging buahnyanya berwarna hitam. Jika diseduh dengan air, rasanya mirip minuman bersoda rasa kola.

 

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contoh paragraf ineratif. Jika ada yang belum dipahami jangan ragu bertanya di kolom komentar.

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards