mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Pengertian dan Contoh Makna Generalisasi [Lengkap]

Pengertian dan Contoh Makna Generalisasi [Lengkap]

contoh makna generalisasi

Sebelumnya kita sudah membahas tentang makna spesialisasi. Kalau sudah berbicara soal makna spesialisasi pasti ada sedikit hubungannya dengan makna generalisasi sebab keduanya saling berlawanan.

Jika spesialisasi disebut dengan penyempitan makna, maka generalisasi disebut dengan perluasan makna. Penjelasan tentang pengertian dan contoh makna generalisasi akan dibahas pada konten berikut ini :

 

Apa Itu Makna Generalisasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, generalisasi adalah perihal membentuk gagasan atau simpulan umum dari suatu kejadian, hal, dan sebagainya. Selain itu juga bisa diartikan sebagai  perihal membuat suatu gagasan lebih sederhana daripada yang sebenarnya (panjang lebar dan sebagainya).

Dalam konteks perubahan makna kata, generalisasi merupakan perubahan makna yang awalnya hanya memiliki satu makna saja kemudian maknanya semakin luas yang disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain yaitu proses gramatikal, pengembangan istilah dan lain sebagainya.


Baca juga : √ Pengertian dan Contoh Makna Ameliorasi [Lengkap] - Ayo Berbahasa (ayo-berbahasa.id)

 

Contoh Makna Generalisasi

Sekarang admin akan memberikan beberapa contoh makna generalisasi untuk meningkatkan pemahaman kamu tentang materi ini. Apa sajakah itu?

 

SMA Negeri 4 Jember memiliki kepala sekolah baru.

Kepala awalnya dimaknai sebagai salah satu anggota tubuh yang berada di bagian atas. Akan tetapi pada kalimat tersebut, maknanya semakin luas bukan lagi anggota tubuh melainkan pimpinan.

 

Dia ingin masuk jurusan akuntansi di Universitas Indonesia

Kata jurusan dulunya hanya identik dengan arah angkutan umum atau angkutan kota. Namun saat ini maknanya semakin luas, salah satunya adalah program studi di perguruan tinggi seperti yang terkandung pada kalimat di atas.

 

Jorginho dianggap sebagai otak permainan chelsea.

Sebelumnya kata otak bermakna sebagai bagian yang berada di dalam kepala dan berfungsi sebagai alat untuk berpikir. Namun pada kalimat di atas maknanya diperluas menjadi pusat.

 

Kami masih mencari akar pemasalahan yang terjadi

Mendengar kata akar, mungkin kamu bakal berpikiran salah satu bagian tumbuhan yang terbenam di dalam tanah. Itu memang benar, akan tetapi untuk kalimat di atas maknanya adalah penyebab.

 

Kerja keras merupakan kunci keberhasilan

Awalnya, kunci bermakna alat untuk mengancing pintu, peti, dan sebagainya. Namun saat ini maknanya sudah berkembang dan bisa diartikan sebagai sesuatu yang penting untuk mendapatkan sesuatu.

 

Ibu Tuti adalah manajer di perusahaam PT Tekno Prakasa

Ibu awalnya bermakna wanita yang melahirkan seorang anak laki-laki ataupun anak perempuan. Akan tetapi, saat ini maknanya sudah lebih berkembang menjadi wanita yang lebih tua dan juga dihormati.

 

Bapak Handoko adalah dosen di Universitas Udayana

Sama seperti Ibu dan kata-kata lain di atas, kata Bapak juga mengalami perluasan makna. Mulanya kata bapak hanya dimaknai seorang laki-laki yang menjadi orang tua kita (suami ibu kita), namun orang yang sudah tua dan dihormati kini juga disebut sebagai bapak.

 

Bagaimanakah kabar saudara?

Semula kata saudara hanya dimaknai orang yang menjadi keluarga atau kerabat kita, misal kakak adalah saudara yang lebih tua dari kita atau adik yang merupakan saudara lebih muda dari kita. Sedangkan untuk saat ini, saudara bisa diartikan sebagai kata sapaan kepada orang yang seumuran dengan kita.

 

Halimah adalah putri Pak Sultan

Awalnya putri disebut sebagai anak perempuan raja atau seorang bangsawan. Saat ini maknanya jauh lebih luas, putri tidak hanya disebut anak raja saja tetapi anak perempuan tidak peduli ia anak siapa.


Baca juga : √ Pengertian dan Contoh Makna Peyorasi [Lengkap] - Ayo Berbahasa (ayo-berbahasa.id)

 

Demikian penjelasan lengkap soal pengertian dan contoh makna generalisasi dalam kalimat bahasa Indonesia. Masih banyak contoh yang lainnya, dan tentunya tidak mungkin kalau ditulis di sini semua. Kalau kamu punya contoh lain, boleh kok disampaikan lewat kolom komentar.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar