RajaBackLink.com

Pengertian dan Contoh Makna Spesialisasi [Lengkap]

contoh makna spesialisasi

Kembali lagi kita akan belajar tentang salah satu pergeseran makna yaitu spesialisasi. Sebelumnya kita sudah membahas tentang peyorasi, ameliorasi, dan juga sinestesia.

Nah apa itu makna spesialisasi dan apa saja contoh-contohnya? Mari kita bahas melalui konten berikut ini :

 

Pengertian Makna Spesialisasi

Kata 'spesial' sendiri jika diartikan bisa berarti khusus, khas, atau istimewa. Sedangkan arti dari spesialisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pengahlian dalam suatu cabang ilmu, pekerjaan, kesenian, dan sebagainya.

Makna spesialisasi sendiri merupakan perubahan makna dengan cara mengkhususkan istilah yang semula umum di mata masyarakat. Jadi kata atau istilah yang semula umum menjadi lebih khusus. Lawan dari makna spesialisasi adalah makna generalisasi.

 

Contoh Makna Spesialisasi

Agar kamu semakin paham, berikut admin berikan beberapa contoh makna spesialisasi dalam kalimat bahasa Indonesia :

 

Devi resmi menyandang gelar sarjana ekonomi.

Kata sarjana semula dimaknai sebagai orang-orang pintar atau baru lulus kuliah. Saat ini, sarjana memiliki makna yang lebih khusus yaitu gelar untuk orang yang lulus strata-1 dalam perkuliahan.

 

Setiap sore, Fahmi selalu belajar mengaji di madrasah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah.

Kata madrasah semula dimaknai sekolah atau tempat belajar. Akan tetapi. sekarang maknanya lebih dikhususkan lagi menjadi sekolah atau lembaga pendidikan berbasis agama Islam.

 

Bu Intan memiliki pembantu baru di rumahnya.

Kata pembantu semula dimaknai sebagai orang yang membantu pekerjaan orang lain. ekarang maknanya sudah berubah menjadi lebih khusus yaitu seseorang yang dipekerjakan untuk membantu atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga orang lain.

 

Pak Andi sudah lima tahun menjadi guru di sekolah tersebut.

Kata guru awalnya bermakna orang yang memberikan ilmunya kepada orang lain. Akan tetapi, saat ini maknanya mulai berubah yaitu orang yang mengajar atau memberikan ilmunya di sekolah.

Sedangkan orang yang mengajar di kampus tidak disebut sebagai guru, tetapi dosen.

 

Warga menemukan mayat yang sudah berbau busuk di pinggir sungai.

Kata bau awalnya bermakna aroma, baik itu aroma sedap maupun aroma tidak sedap. Namun saat ini maknanya berubah menjadi aroma yang busuk alias tidak sedap.

 

Itulah dia pengertian dan contoh makna spesialisasi dalam kalimat bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards