mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur & Contohnya [Lengkap]

Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur & Contohnya [Lengkap]

teks cerpen

Teks Cerpen merupakan jendela untuk kamu yang ingin memulai hobi membaca namun tidak suka baca buku yang jumlah halamannya terlalu tebal. Apalagi jika kamu memang tidak biasa baca buku dalam waktu panjang, punya kondisi bawaan disleksia, atau memang malas membaca buku tapi ingin mencari pengisi waktu luang.

Selain itu, buku novel berisi kumpulan cerpen juga lebih menarik karena punya cerita lebih bervariasi dalam satu buku yang sama.

Dari kesukaan ini, tidak menutup kemungkinan kamu tertarik membuat cerpen sendiri. Jadi mari kita bahas lebih dalam tentang cerpen dari sisi definisi dan hakikatnya agar kita lebih paham bagaimana cara membuat cerita singkat ini.

 

Pengertian Cerpen Menurut Ahli

pengertian cerpen

Pengertian cerpen adalah cerita pendek atau cerita singkat yang dituliskan dalam 1.000 hingga 10.000 kata. Umumnya, satu cerpen hanya terdiri dari minimal 3 halaman dan maksimal 10 hingga 30 halaman.

Walaupun porsinya sangat sedikit, karya ini masih termasuk karya sastra. Sebab di dalamnya berisi rekaan atau imajinasi pengarang, bahasa bersifat konotatif, serta memiliki kebenaran yang relatif.

Pengertian teks cerpen juga dijelaskan oleh ahli bahasa dalam negeri, di antaranya:

 

Pengertian Cerpen menurut Jusuf Sjarif Badudu

Berdasarkan J.S. Badudu, cerpen adalah sebuah cerita pendek yang berfokus pada satu peristiwa atau kejadian dan hanya mengisahkan satu tokoh cerita saja.

Artinya dalam cerita pendek, konflik yang dibahas hanya berfokus pada satu konflik saja dan menceritakan bagaimana satu tokoh menyelesaikan permasalahan tersebut.

 

Definisi Cerpen menurut Hendy

Menurut Hendy, cerpen merupakan cerita yang ditulis secara singkat dan pendek. Tulian pada cerpen tidak menceritakan narasi yang terlalu panjang dan hanya mengisahkan narasi tunggal.

 

Menurut Sumardjo

Berdasarkan penjelasan dari cerpen merupakan cerita yang tidak benar-benar terjadi di dunia nyata, alias fiksi. Namun, cerita tersebut bisa saja terjadi dimana dan kapan saja di dunia nyata.

Selain itu, cerpen menceritakan alur secara singkat.

 

Menurut Nugroho Notosusanto

Terakhir, Nugroho Notosusanto menjelaskan pengertian cerpen dengan lebih detail.

Beliau menjelaskan bahwa cerita pendek adalah sebuah cerita yang terdiri dari sekitar 5000 kata dalam 17 halaman kuarto spasi, dimana isinya menceritakan dan terpusat pada dirinya sendiri.

Artinya, jumlah tokoh pada cerpen sangat terbatas. Selain itu konflik hanya akan terjadi pada tokoh utama saja, sehingga cerita tersebut berpusat pada dirinya walaupun tetap melibatkan tokoh pembantu dalam penyelesaiannya.

 

Ciri-ciri Teks Cerpen

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa 3 ciri cerpen adalah seperti berikut:

  • Narasi dilakukan dengan cara singkat
  • Jumlah kata sekitar 5000 kata atau 17 halaman
  • Narasi berpusat pada tokoh utama

Jadi salah satu perbedaan cerpen dan novel yang bisa kita lihat paling jelas adalah berapa jumlah halaman dari cerita tersebut. Seperti yang kita tahu, jumlah halaman dalam novel bisa mencapai puluhan bahkan ratusan, sedangkan cerpen paling banyak hanya punya belasan halaman.

Terdapat juga unsur cerpen yang dibagi menjadi unsur intrinsik dan ekstrinsik. Contoh dari unsur intrinsik cerita pendek adalah:

  • Tema
  • Alur atau plot
  • Setting
  • Tokoh
  • Watak
  • Sudut pandang
  • Amanat

Sedangkan unsur ekstrinsik cerita pendek adalah:

  • Latar belakang pengarang
  • Latar belakang masyarakat
  • Biografi pengarang
  • Gaya bahasa
  • Kondisi psikologis pembaca

 

Kaidah Kebahasaan Teks Cerpen dan Contohnya

kaidah kebahasaan cerpen

Kaidah kebahasaan adalah aturan atau pedoman yang digunakan ketika menulis karya sastra, termasuk cerpen. Untuk memperhatankan keunikan dari cerita pendek, kita perlu mengikuti kaidah kebahasaan tertentu agar penulisannya tidak terlalu formal maupun terlalu kasar.

Ada 5 kaidah kebahasaan teks cerpen, yaitu:

  • Berisi kata sifat untuk mendeskripsikan tokoh dari segi penampilan maupun watak
  • Memuat keterangan untuk menjelaskan alat waktu, tempat, dan suasana
  • Menggunakan campuran antara kalimat tidak langsung dan kalimat langsung
  • Menggunakan bahasa yang sifatnya membandingkan
  • Menggunakan bahasa tidak baku

 

Struktur Teks Cerpen

Setelah membahas kaidah kebahasaan teks cerpen, sekarang kita akan membahas apa saja struktur di dalam karya sastra ini. Struktur cerpen sendiri mirip dengan novel, yaitu terdiri dari :

  • Abstrak
  • Orientasi
  • Komplikasi
  • Evaluasi
  • Resolusi
  • Koda

Mari bahas semua struktur di atas agar lebih jelas.

 

Abstrak

Abstrak adalah gambaran awal dari narasi yang akan diceritakan. Umumnya, abstrak cerpen ditulis di awal seperti menjadi prolog, sinopsis, atau narasi-narasi singkat lainnya sebelum cerita dimulai.

Abstrak sendiri sifatnya pelengkap. Sehingga ada beberapa cerpen tanpa abstrak sama sekali, ada yang ditulis secara tersembunyi seperti dalam kata-kata pembuka cerita, dan ada juga yang ditulis dengan eksplisit.

 

Orientasi

Orientasi merupakan latar pada cerita. Sama seperti novel dan karya sastra lainnya, cerpen juga punya 3 latar, yaitu:

  • Tempat
  • Waktu
  • Suasana

 

Komplikasi

Selanjutnya ada komplikasi, yaitu struktur yang memaparkan suatu masalah untuk dihadapi oleh tokoh. Komplikasi akan menjelaskan watak dari masing-masing tokh, penyebab atau awal konflik, serta kejadian yang mengikuti konflik tersebut.

 

Evaluasi

Sekarang cerita masuk ke evaluasi, yaitu puncak dari konflik dalam cerita tersebut. Evaluasi juga bisa disebut sebagai bagian klimaks dalam sebuah cerita. Pada bagian ini, tokoh utama menyelesaikan masalah yang ia alami dalam narasi.

 

Resolusi

Resolusi adalah bagian dimana konflik sudah selesai namun masih membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Oleh karena itu, pengarang akan menjelaskan bagaimana tokoh menyelesaikan konflik yang ia alami, apa yang terjadi setelahnya, dan narasi-narasi penutup sebelum koda.

 

Koda

Berbeda dengan resolusi, koda berisi pesan moral, kata-kata bijak, serta kesimpulan yang bisa kita dapatkan dari cerita pendek ini.

Layaknya abstrak, koda juga bisa disampaikan secara tesembunyi maupun secara eksplisit oleh pengarang.

 

Contoh Teks Cerpen Singkat Paling Terkenal

Jika kamu ingin melihat referensi dari pengarang cerpen terkenal lain sebelum membuat sendiri, berikut ini kami juga sudah mengumpulkan beberapa judul terbaik dari pengarang terkenal di dalam negeri.

 

Filosofi Kopi - Dee Lestari

Filosofi kopi adalah buku kumpulan cerpen karya Dee Lestari yang sudah diadaptasi menjadi film.

Cerita ini mengisahkan perjalanan seseorang yang ingin memperjuangkan hobinya menjadi sebuah karya yang menghasilkan walaupun harus menghadapi banyak ujian.

 

Seribu Kunang- kunang di Manhattan - Umar Kayam

Selanjutnya ada buku dari Umar Kayam berjudul Seribu Kunang- kunang di Manhattan.

Buku ini juga terdiri dari beberapa cerpen buatannya yang menceritakan tentang kehidupan kecil di Manhattan, New York.

Seribu Kunang- kunang di Manhattan adalah referensi yang bagus jika kamu ingin membuat banyak cerpen, dengan narasi dan plot berbeda-beda, namun dalam satu latar tempat dan waktu yang sama serta saling berhubungan.

 

Setelah paham pengertian teks cerpen beserta struktur dan ciri-cirinya, sekarang kamu bisa coba buat sendiri karya cerpen original buatanmu. Tidak perlu langsung menulis 5000 kata jika memang baru pertama kali.

Coba saja mulai dengan cerita singkat 3 halaman dan belajar bagaimana cara membuat narasi, tokoh, dan alur yang baik dalam bercerita.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Freelance, Content Writer, Bloger, dan Kontributor di beberapa media.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar

close