mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Perbedaan Teks Deskripsi dan Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Penjelasannya

Perbedaan Teks Deskripsi dan Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Penjelasannya

Perbedaan teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi

Dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, kita tentu mengenal tentang teks. Teks adalah satuan lingual yang dimediakan secara tulis atau lisan dengan tata organisasi tertentu untuk mengungkapkan makna secara kontekstual.

Khusus pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi. Sebelum memula identifikasi letak perbedaan pada kedua teks tersebut, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dan contoh teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi.

A. Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang berisikan tentang gambaran keadaan berupa sifat, bentuk, ukruran, warna terhadap suatu objek. Struktur dari teks deskripsi ini adalah sesuatu hal yang di deskripsikan, yang selanjutnya diikuti oleh bagian-bagian lain dari teks yang di deskripsikan.

Dengan kata lain, teks deskripsi merupakan sebuah paragraf dimana gagasan utamanya  disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Jika kamu pernah menemukan sebuah teks yang menjelaskan informasi yang terkait dengan topik yang dibahas pada teks tersebut, kemungkinan besar teks tersebut termasuk teks deskripsi. Karena ciri-ciri teks ini sangat menonjol. Apa sajakah ciri-ciri teks deskripsi ?

Ciri-ciri Teks Deskripsi :

  • Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu
  • Setiap paragraf yang digambarkan, dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera
  • Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks
  • Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psiksi/keadaan suatu objek dengan rinci.

Struktur Teks Deskripsi

Untuk membangun karangan deskripsi secara utuh, harus memenuhi 3 strukturnya yakni :

  • Identifikasi

Identifikasi merupakan bagian yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainnya.

  • Klasifikasi

Klasifikasi merupakan sebuah unsur penyusun yang bersistem dalam kelompok menurut suatu kaidah atau standart yang sebelumnya telah ditetapkan.

  • Deskripsi

Struktur yag terakhir adalah deskripsi, yang berisikan gambaran atau penjelasan tentang suatu objek, atau topik yang ada dalam teks tersebut.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

“Aku mempunyai seekor kucing bernama Cilo. Bulunya berwarna hitam dan putih, dengan hitam sebagai warna dominan. Cilo mempunyai ekor panjang dan sangat lucu. Cilo suka sekali memakan ikan dengan nasi. Saat Cilo lapar, dia akan mengeong meminta makan.”


B. Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum, atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan hasil observasi juga disebut dengan teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis tertentu berdasarkan kriteria tertentu.

Menggambarkan ciri, bentuk atau sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan atau peristiwa yang terjadi di dalam semesta kita. Teks hasil observasi ini bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang ada. Nah, berikut ini merupakan ciri-ciri teks laporan hasil observasi yang perlu kamu ketahui.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

  • Isi teksnya bersifat objektif, global, dan universal
  • Objek yang akan dibicarakan/dibahas ialah objek tunggal
  • Isi teks ditulis berdasarkan fakta yang ada atau sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan
  • Ditulis secara lengkap dan sempurna
  • Isi teks tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang tidak tepat
  • Infromasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya
  • Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya

Sifat Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki 3 sifat, diantaranya adalah bersifat informatif, komunikatif, dan juga objektif. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya :

  • Informatif

Bersifat informatif, artinya memberikan informasi yang berguba mengenai objek yang diamati kepada pembaca

  • Komunikatif

Bersifat komunikatif,  yang artinya isi teks pada laporan menggunakan bahasa yang seolah-olah membuat kita sedang berkomunikasi dengan teks tersebut. Tujuannya tak lain adalah agar isi laporan dalam teks lebih mudah dimengerti.

  • Objektif

Bersifat objektif, berarti teks laporan tersebut harus faktual dan berpatokan pada informasi yang sah tentang apa yang benar-benar terjadi.


Nah, setelah kita mengatahui penjelasan-penjelasan mengenai pengertian serta ciri-ciri dari teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi, dapatkah kamu menemukan perbedaan diantara kedua teks tersebut ? Mari kita simak perbedaannya berikut ini

C. Perbedaan Teks Deskripsi dan Teks Laporan Hasil Observasi

1. Dari Segi Tujuan Penulisan

Teks deskripsi bertujuan memberi gambaran kepada para pembaca atau pendengar  tentang benda yang digambarkan dalam teks. Teks laporan hasil observasi bertujuan melaporkan hasil pengamatan secara obyektif dan sistematis untuk memecahkan permasalahan atau menguji suatu teori.

2. Dari Segi Sudut Pandang Penulisan

Teks deskripsi dapat ditulis dengan objektif atau subjektif. Secara objektif yakni
paragraf yang melukiskan suatu objek secara jelas dan apa adanya tanpa kesan pribadi si penulisnya. Sedangkan secara subjektif, ialah deskripsi yang melukiskan suatu objek sesuai dengan apa yang dirasakan oleh penulisnya. Teks laporan hasil observasi ditulis secara objektif serta netral.

3. Dari Segi Struktur Teks

Teks deskripsi terdiri atas 2 struktur utama, yaitu identifikasi, klasifikasi, dan deskrispsi
Sementara teks laporan hasil observasi terdiri atas 4 struktur utama, yakni definisi umum, definisi bagian, definisi manfaat, dan penutup.

4. Dari Segi Karakteristik dan Sifat

Teks deskripsi memiliki karakteristik individual dan unik. Teks laporan bersifat universal dan general.

5. Dari Segi Penekanan

Teks deskripsi menekankan pada uraian bentuk, karakteristik, serta gambaran sesuatu yang dideskripsikan. Teks laporan hasil observasi lebih menekankan pada pengelompokan terhadap suatu hal yang dibahas.

6. Dari Sisi Lainnya

Teks deskripsi erat kaitannya dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya. Teks laporan hasil observasi memiliki hubungan yang berjenjang antara suatu hal yang di bahas dengan klasifikasinya yang ada pada teks. Teks laporan juga lebih menekankan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri jenis pada umumnya.


Itulah beberapa pengetahuan tentang perbedaan teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi yang dapat kamu ketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar